Khawatir Ponsel Rusak atau Hilang? Asuransikan Saja

Khawatir Ponsel Rusak atau Hilang? Asuransikan Saja

Apa yang Anda lakukan jika ponsel kesayangan Anda rusak atau hilang? Marah sekaligus bingung tentunya. Namun semua risiko itu bisa diminamalisir dengan mengasuransikan ponsel Anda. Saat ini, sudah cukup banyak perusahaan yang menawarkan asuransi ponsel. Bahkan perusahaan asuransi besar seperti Sompo Insurance dan Allianz Indonesia pun mulai melirik pontesi pasar pelindungan ponsel.

Belum lama ini, PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) bersama PT Andalan Inovasi Indonesia (Axinan) mengumumkan layanan proteksi untuk ponsel Nasabah dengan produk 360 Phone Protection, yang telah dipasarkan melalui aplikasi Igloo sejak akhir Agustus 2019 lalu. Layanan pelindungan ini menjadi produk proteksi kedua yang dirilis setelah produk asuransi layar ponsel, Phone Screen Protection.

Head of Product Development Sompo Insurance Susanto Halim mengatakan, banyaknya aktifitas sehari-hari dengan risiko kerusakan tidak dapat dihindari. Kehadiran 360 Phone Protection ini dapat mengurangi kekhawatiran sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada nasabah untuk menggunakan ponsel dalam aktifitas apapun setiap hari.

Baca juga : Sayang Aset, Lindungi dengan Asuransi Uang dan Harta Benda

Di Sompo Insurance, produk 360 Phone Protection termasuk dalam jenis asuransi harta benda bergerak namun khusus menjamin kerugian atau kerusakan pada ponsel nasabah. Produk asuransi ini ditawarkan dengan premi kompetitif dan bervariasi, mulai dari Rp 140.000 per tahun menyesuaikan merek serta tipe ponsel yang dideteksi langsung oleh aplikasi Igloo saat nasabah melakukan transaksi pembelian polis.

Manfaat yang didapat oleh pemegang polis asuransi ini meliputi pembayaran ganti rugi atas biaya jasa perbaikan dan biaya penggantian suku cadang di service centre, hingga penggantian unit dengan merek, tipe, dan spesifikasi yang serupa, atau berupa voucher pembelian kembali apabila terjadi kerusakan total, maksimum senilai harga pertanggungan.

“Penggantian klaim atas kerugian atau kerusakan ponsel yang dapat dilakukan dua kali dalam satu periode asuransi, menjadi manfaat menarik yang patut diperhitungkan oleh nasabah. 360 Phone Protection bisa didapatkan dengan mengunduh aplikasi Igloo yang tersedia di App Store, Google Play Store, atau melalui laman resmi 360 Phone Protection,” terang Susanto Halim dalam keterangan resmi yang diterima duitologi.com (4/11/2019).


Serupa dengan Selain Sompo Insurance, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia dan PT Home Credit Indonesia menjalin kerja sama untuk menawarkan produk perlindungan risiko kerusakan ponsel melalui dua produk asuransi EasyCover dan MaxCover. Kedua produk ini memberi perlindungan bagi smartphone, tablet, dan laptop yang dibeli melalui layanan pembiayaan Home Credit dari berbagai risiko seperti kerusakan fisik, terkena cairan, pencurian atau perampokan.

Kedua produk ini sama-sama memberikan perlindungan bagi berbagai risiko yang ditimbulkan dari penggunaan gadget. Jangka waktu perlindungan yang diberikan pun sama selama 12 bulan. Namun, ada perbedaan mendasar dari keduanya yang bisa dilihat dari tiga elemen risiko, yaitu kerusakan fisik atau terkena cairan, pencurian atau perampokan, dan penggantian unit atau kerugian total.

Baca juga : Lindungi Gawai Kesayangan dengan 2 Produk Asuransi Gadget Ini

Pada asuransi ponsel MaxCover, seluruh elemen yang berpotensi menjadi risiko pada gadget akan dilindungi secara penuh. Sementara pada asuransi EasyCover, hanya kerusakan fisik atau cairan dan penggantian unit atau kerugian total yang di-cover. “Produk yang diproteksi adalah produk baru yang dibeli melalui Home Credit. Untuk preminya dimulai dari Rp299.000 selama satu tahun,” kata Mariani Solihah, Head of PA, Travel, Health & Affinity (Partnership) PT Asuransi Allianz Utama Indonesia di Plaza Senayan, Jakarta (8/10/2019).

Selain perlindungan utama tersebut, ada layanan tambahan lain yang diberikan dari produk EasyCover dan MaxCover. Layanan tambahan itu antara lain layanan klaim yang mudah dan cepat secara cashless, perlindungan terhadap perangkat selama proses penjemputan atau pengantaran saat klaim oleh Allianz Repair Center, adanya bantuan garansi selama tiga bulan setelah perangkan diterima konsumen, dan bebas biaya antar-jemput untuk perbaikan atau penggantian.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 5, 2019, 11:32 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.