BNI dan Grab Jalin Kemitraan Digital Financial Solution B2B dan B2C

BNI dan Grab Jalin Kemitraan Digital Financial Solution B2B dan B2C

PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersama Grab menandatangi nota kesepahaman (MoU) kerja sama startegis berbasis inovasi digital financial solution. Kemitraan strategis ini akan mencakup kerja sama yang bersifat menyeluruh mulai dari business to business (B2B) hingga business to customer (B2C).

Kerja sama B2B yang sudah berjalan saat ini adalah penyediaan layanan BNI Cash Management System. Layanan ini memberikan kemudahan bagi pengemudi Grab untuk mencairkan dana dengan menggunakan rekening BNI.

Kerja sama ini tidak hanya fokus pada upaya peningkatan akses finansial bagi mitra Grab melalui produk tabungan dan fasilitas kredit BNI, tetapi juga menghadirkan beragam terobosan solusi korporasi yang mendorong kemajuan bisnis para pengguna melalui layanan B2B seperti API Management BNI, Cash Management System, dan Kartu Kredit Corporate BNI.

Baca juga : Peluang dan Tantangan Perbankan di Era Digital Banking 4.0

Layanan Cash Management System ini akan memudahkan para mitra Grab dalam proses pencairan dana dari e-wallet ke rekening BNI. Pada sistem ini, BNI memberikan layanan pencairan dana instan untuk para mitra Grab.

Sementara untuk kerja sama B2C, Grab dan BNI menjalin kerja sama strategis untuk layanan Grab for Business, solusi digital untuk pengelolaan pengeluaran transportasi yang fleksibel, transparan, dan aman termasuk perlindungan asuransi dan akses bantuan layanan pelanggan 24 jam seminggu.

Layanan ini menawarkan produktivitas, efisiensi baik dari segi waktu maupun biaya, dan pengalaman pelanggan yang lebih baik untuk kalangan profesional dengan pemanfaatan kartu kredit corporate BNI sebagai metode pembayaran.


Perjalanan yang dipesan melalui aplikasi Grab akan terkonsolidasi secara otomatis dalam Grab for Business secara real-time, lengkap dengan informasi perjalanan termasuk nama karyawan, tanggal, dan waktu perjalanan, lokasi penjemputan dan penurunan, jenis kendaraan dan metode pembayaran yang dipilih.

Melalui kerja sama ini para pengguna layanan Grab for Business dapat menikmati kemudahan pembayaran dengan kartu kredit BNI sebagai metode pembayaran utama dengan sistem yang transparan dan dapat langsung diakses secara real-time melalui portal terpadu Grab for Business.

Untuk layanan transportasi terintegrasi, Grab menghadirkan GrabWheels yang merupakan layanan e-scooter listrik ramah lingkungan dan menjadi solusi mobilitas inovatif baru untuk para nasabah, pengunjung dan juga karyawan yang ingin melakukan perjalanan jarak pendek. Selain GrabWheels, Grab juga menghadirkan layanan taksi GreenLine untuk memberikan kemudahan akses transportasi bagi karyawan maupun nasabah BNI.

Baca juga : Cara Perbankan untuk Melawan Kejahatan Finansial

Pada Mei 2019, BNI juga telah menjalin kerja sama dengan GrabKios yang dahulu dikenal dengan nama Kudo (Kios Untuk Dagang Online) yang kini telah berintegrasi dengan Grab. Dengan kerja sama itu, BNI akan mendapatkan sekitar 40 ribuan tambahan Agen46 dari pengusaha warung GrabKios yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pelaku dagang warung yang sudah berhasil menjadi Agen46 dapat memanfaatkan fitur layanan BNI seperti tarik setor dan membuka akun laku pandai. Selain itu, BNI juga bekerja sama dengan para pengusaha warung yang berpotensi dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Agen46 merupakan mitra BNI dalam menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat dalam rangka keuangan inklusif.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 24, 2019, 3:17 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.