Lindungi Gawai Kesayangan dengan 2 Produk Asuransi Gadget Ini

Lindungi Gawai Kesayangan dengan 2 Produk Asuransi Gadget Ini

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat menyebabkan cepatnya perputaran model-model gadget dengan spesifikasi canggih. Gadget seperti smartphone, tablet, dan laptop menjadi barang penting untuk kelancaran aktivitas sehari-hari.

Menyadari pentingnya gadget sebagai kebutuhan hidup saat ini, maka muncul kesadaran untuk melindungi smartphone dari berbagai macam risiko kerusakan atau hilang. Terlebih, bila garansi resmi dari produsen sudah habis atau tidak melindungi gadget dari kerusakan akibat kehilangan atau rusak.

Kebutuhan tersebut mendorong PT Asuransi Allianz Utama Indonesia dan PT Home Credit Indonesia menjalin kerja sama untuk memberi perlindungan risiko kerusakan gadget melalui dua produk asuransi, yaitu EasyCover dan MaxCover.

Kedua produk ini memberi perlindungan bagi smartphone, tablet, dan laptop yang dibeli melalui layanan pembiayaan Home Credit dari berbagai risiko seperti kerusakan fisik, terkena cairan, pencurian atau perampokan.

Perbedaan Pelindungan EasyCover dan MaxCover

Kedua produk ini sama-sama memberikan perlindungan bagi berbagai risiko yang ditimbulkan dari penggunaan gadget. Jangka waktu perlindungan yang diberikan pun sama selama 12 bulan. Namun, ada perbedaan mendasar dari keduanya yang bisa dilihat dari tiga elemen risiko, yaitu kerusakan fisik atau terkena cairan, pencurian atau perampokan, dan penggantian unit atau kerugian total.

Pada asuransi gadget MaxCover, seluruh elemen yang berpotensi menjadi risiko pada gadget akan dilindungi secara penuh. Sementara pada asuransi EasyCover, hanya kerusakan fisik atau cairan dan penggantian unit atau kerugian total yang di-cover.

Baca juga : Melalui Fintech, Allianz Indonesia Dorong Peningkatan Inklusi Keuangan

“Produk yang diproteksi adalah produk baru yang dibeli melalui Home Credit. Untuk preminya dimulai dari Rp299.000 selama satu tahun,” kata Mariani Solihah, Head of PA, Travel, Health & Affinity (Partnership) PT Asuransi Allianz Utama Indonesia saat penandatanganan kerja sama PT Asuransi Allianz Utama Indonesia dan PT Home Credit Indonesia di Plaza Senayan, Jakarta (8/10/2019).


Selain perlindungan utama tersebut, ada layanan tambahan lain yang diberikan dari produk EasyCover dan MaxCover. Layanan tambahan itu antara lain pelayanan klaim yang mudah dan cepat secara cashless, perlindungan terhadap perangkat selama proses penjemputan atau pengantaran saat klaim oleh Allianz Repair Center, adanya bantuan garansi selama tiga bulan setelah perangkan diterima konsumen, dan bebas biaya antar-jemput untuk perbaikan atau penggantian.

Pasar Asuransi Gadget

Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs Home Credit Indonesia menjelaskan, perkembangan gadget seperti smartphone mengubah cara pandang banyak orang akan kehidupan. Dahulu, handphone masih dianggap sebagai gaya hidup. Namun seiring kemajuan teknologi alat komunikasi, handphone yang kini berubah menjadi smartphone bukan lagi gaya hidup, tetapi sudah menjadi kebutuhan hidup.

Berdasarkan penelitian, yang dilakukan oleh lembaga riset marketing eMarketer pada 2018, jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia sudah lebih dari 100 juta orang. Dengan jumlah sebesar itu membuat Indonesia menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika.

Gadget bukan hanya digunakan untuk kepentingan komunikasi pribadi, keluarga atau pekerjaan saja. Gadget dianggap mampu menggerakkan pengembangan ekonomi digital khususnya e-commerce, akses berita dan informasi melalui media online serta media sosial.

Pengguna gadget saat ini sudah menjadi kebutuhan utama dan bagian dari gaya hidup masyarakat, terutama generasi milenial. Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2017, pengguna internet usia milenial sebanyak 49,52 persen dari total populasi penduduk Indonesia.

Baca juga : Home Credit dan Bukalapak Hadirkan Akses Pembiayaan Multiguna Online

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu inovasi dan perwujudan dari strategi perusahaan dalam menggarap segmen bisnis untuk memperluas jangkauan perlindungan asuransi. “Ini juga jadi komitmen kami untuk menyediakan produk yang komprehensif serta memberikan ketenangan pikiran konsumen,” katanya.

Sementara itu, Jaroslav Gaisles, Chief Executive Officer (CEO) Home Credit Indonesia menambahkan, kemitraan ini sejalan dengan visi Home Credit Indonesia untuk membantu mewujudkan kebutuhan dan impian konsumen dengan memberikan layanan pembiayaan serta pengalaman berbelanja yang aman dan inovatif di era digital saat ini.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 8, 2019, 4:23 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.