Tingkatkan Pembiayaan Konsumer, BNI Syariah Gandeng Pengembang Properti

Tingkatkan Pembiayaan Konsumer, BNI Syariah Gandeng Pengembang Properti

BNI Syariah sangat cukup gencar untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan konsumer. Salah satu langkah yang dilakukan adalah bekerja sama dengan banyak pengembang (developer) properti. Melalui pembiayaan Griya iB Hasanah, pertumbuhan pembiayaan konsumen terus mengalami peningkatan.

Hal itu dikatakan SEVP Bisnis daan Ritel Jaringan Iwan Abdi saat menandatangani kerja sama dengan PT. Rancamaya Griya Sentosa di Bogor, Jawa Barat. “Dalam kerjasama ini, BNI Syariah menyediakan fasilitas pembiayaan kepemilikan rumah yang hasanah (BNI Griya iB Hasanah) bagi masyarakat yang ingin memiliki hunian nyaman yang dibangun Bukit Rancamaya Residence,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima duitologi.com (5/10/2019).

Baca juga : BNI Syariah Kembangan Digital untuk Ekosistem Halal

Berdasarkan data sampai Agustus 2019, BNI Syariah telah mampu merealisasikan pembiayaan Griya iB Hasanah sebesar Rp12,87 triliun atau tumbuh 12,10 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Pembiayaan perumahan BNI Griya iB Hasanah tercatat menyumbang 40,98 persen dari total pembiayaan BNI Syariah. Targetnya, pembiayaan Griya iB Hasanah di tahun 2019 tumbuh disekitar 12 persen.

Sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah berupaya mewujudkan impian masyarakat dalam memiliki rumah khususnya konsumen yang berkeinginan memiliki rumah idaman yang nyaman dan tentram sesuai prinsip syariah.

“BNI Syariah menyediakan fasilitas pembiayaan BNI Griya iB Hasanah untuk nasabah dengan maksimum pembiayaan Rp25 miliar, angsuran tetap, bebas biaya administrasi, bebas biaya provisi, bebas biaya appraisal serta bebas denda. Jangka waktu pembiayaan yang fleksibel sampai 20 tahun untuk nasalah fix-income dan 15 tahun untuk nasabah non fix income,” terang Iwan.


Untuk pembelian rumah atau apartemen, fasilitas pembiayaan yang digunakan memiliki jangka waktu paling lama 20 tahun dan untuk pembiayaan ruko atau rukan jangka waktu maksial 15 tahun. Sementara untuk fasilitas pembiayaan yang digunakan untuk pembelian tanah paling lama 10 tahun.

Baca juga : Bagaimana Prosedur Kepemilikan Rumah dengan KPR Syariah?

Kerja sama dengan PT. Rancamaya Griya Sentosa utamanya dilakukan untuk Bukit Rancamaya Residence yang berjumlah 1.000 unit dan Proyek baru Griya Asri Puncak yang berjumlah 1.000 unit perumahan. Direktur Utama PT. Rancamaya Griya Sentosa Jimmy Budi Haryanto menerangkan, perumahan Bukit Rancamaya Residence sebanyak 1.000 unit di Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan luas sekitar 304.683,00 meter persegi.

Untuk total pembangunan rumah di Bukit Rancamaya Residence sebanyak 1.000 unit yang akan dibagi ke dalam tiga tahap. Tahap pertama sebanyak 250 unit, tahap kedua sebanyak 500 unit, dan tahap ketiga sebanyak 250 unit. Untuk rata-rata harga rumah dari developer ini berkisar Rp300 juta sampai Rp500 juta rupiah. “Kini Bukit Rancamaya Residence sedang membuka tahap kedua sebanyak 500 unit. Kerja sama ini, potensi bisnis diperkirakan mencapai Rp75 miliar,” terang Jimmy.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 7, 2019, 2:30 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.