4 Cara Mudah Investasi Obligasi ORI016

4 Cara Mudah Investasi Obligasi ORI016

Obligasi Negara Ritel merupakan salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana.

Pemerintah kembali menawarkan ORI kepada masyarakat Indonesia dengan seri ORI016 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. ORI016 merupakan seri pertama ORI yang diterbitkan secara online melalui sistem e-SBN.

Baca juga : digibank by DBS Layani Pembelian Investasi ORI016 dengan 100 Persen Digital

Berinvestasi pada instrumen SBN ritel kini semakin mudah dengan adanya e-SBN. Melalui e-SBN, Anda dapat melakukan pembelian ORI016, di mana saja dan kapan saja secara online selama masa penawaran. Bagaimana caranya agar bisa investasi ORI016? Berikut empat langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk berinvestasi ORI016.

1. Registrasi

Registrasi dapat dilakukan setiap saat bahkan sebelum masa penawaran SBN Ritel dibuka. Calon Investor dapat mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis), dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga.

Single Investor Identification (SID) atau Nomor Tunggal Identitas Pemodal adalah kode tunggal dan khusus yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek lndonesia (KSEI) selaku lembaga penyimpanan dan penyelesaian. Bagi Calon Investor yang belum memiliki nomor SID, Rekening Dana, dan/atau Rekening Surat Berharga, dapat menghubungi Midis.

2. Pemesanan


Setelah registrasi berhasil, Calon Investor melakukan pemesanan ORI016 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran ORI016.

3. Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), Calon Investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui e-mail/SMS sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.

Baca juga : Sasar Generasi Milenial, Kemenkeu Kembali Hadirkan Investasi SBR008

4. Konfirmasi

Setelah pembayaran, Calon Investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi ORI016 pada tanggal setelmen/penerbitan.

Bagaimana mudah bukan? Jangan khawatir investasi ORI016 sangat aman, minimal pembelian yang terjangkau, dan menarik dari sisi imbal hasilnya. Jadi, investasi ini sangat cocok untuk generasi milenial.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 6, 2019, 9:38 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.