BenihBaik.com, Platform Crowdfunding untuk Membantu Sesama dan Usaha Sosial

BenihBaik.com, Platform Crowdfunding untuk Membantu Sesama dan Usaha Sosial

Platform digital mendorong pertumbuhan sektor bisnis baru di Indonesia. Salah satu yang dalam beberapa tahun belakangan ini maral adalah kemunculan bisnis crowdfunding dalam kepemilikan usaha.

Selain bisnis crowdfunding yang sudah ada, saat ini muncul lagi platform urun dan baru, yaitu BenihBaik.com. Bisnis urun dana yang digagas oleh Andy F. Noya, Anggit Hernowo, dan Firdaus Juli ini resmi diluncurkan di ajang IdeaFest 2019 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta (4/10/2019).

Baca juga : Mengenal Fintech Equity Crowdfunding, Metode Urun Dana Kepemilikan Usaha

CEO BenihBaik.com Andy F. Noya mengatakan, di Indonesia masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan. Dengan jumlah penduduk sekitar 260 juta jiwa, ada 10 persen orang yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Artinya, 26 juta jiwa masih belum menikmati hidup layak.

"Mereka perlu dibantu. Oleh karena itu, tujuan didirikannya platform ini adalah untuk mempertemukan orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan orang-orang yang ingin berbuat baik untuk membantu sesama," kata wartawan senior ini.

Berdasarkan pengalaman di Kick Andy Foundation (KAF), ternyata banyak sekali orang baik yang selama ini ingin mengulurkan tangan. Namun, mereka tidak tahu siapa yang perlu ditolong dan bagaimana cara menolongnya. "Dari situlah, BenihBaik.com berperan menjembatani orang-orang baik tersebut untuk menemukan siapa yang layak untuk mereka tolong," tambah Andy.


Lantas, apa bedanya dengan platform crowdfunding lainnya? Andy menjelaskan, ada dua pilar utama dari kegiatan BenihBaik.com. Pilar pertama berkaitan dengan kegiatan sosial. Siapa saja bisa memanfaatkan wadah ini untuk mencari bantuan atas masalah yang mereka hadapi. Baik bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, budaya, bencana alam, dan bantuan sosial lainnya.

Pilar kedua betkaitan dengan kegiatan usaha, terutama untuk kewirausahaan sosial (sociopreneurship). Pengusaha-pengusaha kecil yang bisa memanfaatkan platform ini untuk menjual produk-produk mereka sekaligus sarana bagi investor untuk mendukung perusahaan-perusahaan setara UMKM yang dipilih dan ditampilkan di BenihBaik.com, sehingga bisa memberi dampal sosial yang lebih luas.

Baca juga : OJK Beri Angin Segar Bisnis Urun Dana

Bagaimana kemungkinan masuknya modal dan para investor? Saat ini BenihBail.com sedang melakukan bootstrapping untuk pendanaan. "Semakin banyak yang bergabung, semakin banyak investasi masuk, maka benih BenihBaik.com akan semakin besar. Dengan begitu akan semakin besar pula dampak yang bisa kami berikan untuk membantu masyarakat," tutur Andy.

Andy memaparkan, Indonesia punya potensi untuk membantu masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan karena karakter orang Indonesia merupakan tipe yang ringan tangan untuk menolong sesama. Berdasarkan World Giving Index 2018 yang dirilis British Charities Aid Foundation di Inggis, pada tahun lali Indonesia dinobatkan sebagai The Most Genereous Country.

"Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan penduduk paling welas asih. Artinya, masyarakat Indonesia cenderung suka menolong sesama. Ini akan semakin menguatkan kami," ungkap Andy.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Oct. 4, 2019, 4:57 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.