Mengapa Asuransi Perjalanan Penting untuk Liburan Akhir Tahun?

Mengapa Asuransi Perjalanan Penting untuk Liburan Akhir Tahun?

Setiap orang yang ingin berlibur seperti di akhir tahun 2019 ini pasti menginginkan suasana yang aman dan menyenangkan. Bukan hanya dari sisi liburan yang terencana, tetapi juga dari kesiapan untuk menghadapi berbagai masalah yang mungkin bisa terjadi selama perjalanan wisata.

Mungkin sebagian besar orang sudah membekali diri dengan asuransi, baik asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Sebenarnya, ada jenis asuransi lain yang memang dikhususkan untuk melindungi perjalanan liburan, yaitu asuransi perjalanan.

Baca juga : 7 Fakta Menarik Seputar Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang diperuntukkan untuk memberikan perlindungan selama Anda bepergian. Asuransi perjalanan memang tidak masuk ke dalam jenis asuransi yang wajib dimiliki. Namun sangat penting bagi Anda yang sering bepergian atau liburan seperti liburan akhir tahun karena hanya melindungi ketika akan melakukan perjalanan saja.

Salah satu keunggulan asuransi perjalanan adalah sifatnya yang fleksibel sesuai kebutuhan perjalanan atau liburan. Bagi yang hobi traveling atau yang profesinya sering melakukan perjalanan ke beberapa tempat, asuransi perjalanan bisa menjadi pilihan perlindungan yang tepat.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan digunakan untuk keperluan darurat apabila saat perjalanan keluar negeri tersebut, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada diri Anda. Asuransi ini sifatnya amat penting untuk diperhatikan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri supaya perjalanan Anda nyaman dan tidak merasa was-was.

Asuransi perjalanan dapat dikatakan sebagai salah satu asuransi jangka pendek. Dikatakan demikian, karena asuransi ini mulai berlaku semenjak keberangkatan ke luar negeri sampai dengan kembalinya Anda ke negeri sendiri. Jika hanya bepergian selama 14 hari, selama 14 hari itu pula asuransi itu akan berlaku.


Kala liburan akhir tahun, berbagai masalah bisa saja terjadi mulai dari perjalanan hingga saat liburan. Asuransi perjalanan akan memberikan kompensasi atas keterlambatan atau pembatalan perjalanan dan ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan bagasi.

Bukan hanya itu, selama wisata, asuransi perjalanan akan melindungi dari masalah yang sering muncul adalah kehilangan dokumen penting perjalanan, kecopetan, kecelakaan, dan sakit. Pihak asuransi perjalanan akan memberikan biaya pertanggungan terhadap perawatan medis apabila Anda mengalami sakit selama liburan.

Sampai hal terburuk pun seperti meninggal dunia, asuransi perjalanan akan memberikan sumbangan kematian. Bahkan apabila terjadi aksi terorisme dan bencana yang membawa kerugian fisik, mental, dan finansial Anda, pihak asuransi perjalanan akan menanggung segala kerugian tersebut.

Baca juga : Asuransi Apa Saja yang Saya Butuhkan?

Nah, ada satu hal lagi yang mengharuskan Anda memiliki asuransi perjalanan. Jenis asuransi ini menjadi sangat penting bagi Anda yang ingin liburan akhir tahun ke negara-negara Eropa. Setiap turis diwajibkan memiliki asuransi perjalanan atau tidak diperbolehkan masuk apabila terbukti tidak terdaftar sebagai pengguna asuransi perjalanan.

Negara-negara Eropa tersebut seperti Swiss, Denmark, Republik Ceko, Belgia, Austria, Jerman, Yunani, Islandia, Italia, Latvia, Hungaria, Lithuania, Luxembourg, Belanda, Malta, Norwegia, Portugal, Polandia, Slovenia, Slovakia, dan Spanyol. Salah satu syarat untuk mendapatkan visa schagen adalah Anda harus memiliki visa perjalanan atau sering juga dikenal dengan nama asuransi travel.

Jadi, asuransi perjalanan memang sangat penting untuk menyamanan liburan akhir tahun Anda, baik tujuannya dalam negeri atau luar negeri. Anda bisa memiliki asuransi perjalanan yang terbaik sesuai dengan kemampuan anggaran keuangan Anda.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 30, 2019, 2:23 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.