5 Tips Menabung untuk Liburan Akhir Tahun 2019

5 Tips Menabung untuk Liburan Akhir Tahun 2019

Tiga bulan lagi, tahun 2019 akan berakhir. Biasanya akhir tahun identik dengan liburan. Traveling akhir tahun bisa menjadi momen penting bagi Anda, keluarga, dan pasangan untuk melepas kepenatan dan tekanan kerja selama setahun terakhir.

Godaan liburan akhir tahun sudah semakin terasa dengan maraknya tawaran promo menggiurkan dari para agen tour & travel. Penawaran harga tiket murah, potongan biaya penginapan, hingga paket traveling yang dalam dan luar negeri yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga : Isi Liburan Akhir Tahun dengan Cara Hemat

Namun, aspek penting yang harus dipikirkan saat merencanakan liburan akhir tahun adalah biaya yang harus dikeluarkan. Anda harus menabung sejak jauh-jauh hari agar kebutuhan liburan keluarga. Jika biaya liburan tidak disusun dan direncanakan dengan baik, bisa-bisa Anda pulang liburan dengan stres yang lebih berat karena tagihan kartu kredit membengkak.

Pertanyaannya, bagaimana cara menabung untuk liburan akhir tahun tanpa memberatkan Anda? Tentu saja hal tersebut bukanlah mustahil, meskipun masih tersisa tiga bulan lagi tahun 2019. Berikut ini lima tips yang bisa Anda lakukan sebagai cara menabung untuk persiapan liburan di akhir tahun.

1. Perencanaan yang Matang

Apapun jenis liburan tetap harus direncanakan. Tanpa perencanaan, keinginan liburan akan hanya menjadi angan-angan. Merencanakan liburan dari jauh-jauh hari adalah hal yang sangat penting. Dengan rencana yang matang, Anda bisa menentukan destinasi, biaya, dan lama waktu liburan. Bukan hanya itu, perencanaan yang matang akan menciptakan liburan yang yang menyenangkan sesuai dengan target waktunya.

2. Tujuan Liburan

Bagian penting dalam merencanakan liburan akhir tahun adalah kemana akan tujuan atau destinasinya. Apakah liburan ke dalam atau luar negeri? Sendiri atau bersama keluarga atau pasangan? Kondisi ini harus direncanakan karena akan mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan selama liburan.


3. Membuat Rincian Biaya

Sebagai bagian dari perencanaan, membuat rincian biaya juga harus dibuat agar mengetahui besaran biaya liburan. Anda bisa mengkalkulasi biaya yang dibutuhkan selama berlibur secara lebih detail. Selain destinasi liburan, detail kebutuhan yang harus Anda mulai dari biaya transportasi, biaya makan, biaya penginapan, biaya belanja dan oleh-oleh, dan biaya aktivitas lainnya.

Jika sudah diketahui berapa total biaya liburan tersebut, Anda membaginya dengan sisa bulan yang masih ada. Dengan demikian Anda akan tahu berapa jumlah yang harus ditabung setiap bulannya. Cara ini bisa meringankan dan memudahkan Anda untuk mencapai tujuan liburan akhir tahun.

4. Hemat Pengeluaran

Setelah mengetahui total biaya liburan dan dana yang harus disisihkan setiap bulan, Anda mulai bisa menghitung, apakah dana tersebut memungkinkan untuk dikumpulkan. Bila tidak, maka Anda bisa mulai melihat daftar pengeluaran yang bisa dihemat sampai akhir tahun ini.

Jika Anda benar-benar ingin berlibur di akhir tahun, berhemat adalah kewajiban yang harus Anda jalani. Pangkas biaya-biaya yang tidak perlu dan lakukan penghematan di semua sektor yang mungkin. Misalnya, mengurangi kebiasaan makan di luar rumah. Mulailah memasak sendiri di rumah, makan di rumah, dan membawa bekal saat ke kantor. Dengan begitu, Anda bisa menabung lebih banyak untuk liburan di akhir tahun.

5. Promo Liburan

Biasanya di akhir tahun, banyak agen tour & travel menawarkan promo liburan akhir tahun. Berbagai promo tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menghemat pengeluaran liburan. Dengan memanfaatkan promo liburan, Anda bisa mengalokasikan dana yang ada untuk keperluan yang lain selama liburan.

Baca juga : Ini Pentingnya Asuransi Perjalanan Bagi Penghobi Travelling

Bagaimana sudah siap untuk liburan akhir tahunnya? Jangan khawatir, meskipun hanya tersisa tiga bulan lagi tahun 2019, liburan tetap bisa menyenangkan. Dengan lima tips menabung untuk liburan akhir tahun, Anda bisa memulainya dari sekarang.

Namun perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk liburan akhir tahun dengan biaya yang selangit. Sesuaikan tujuan dan biaya liburan dengan kemampuan Anda. Jangan sampai liburan akhir tahun justru mengorbankan keperluan penting harian Anda.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 30, 2019, 11:34 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.