Mengenal Aplikasi PayLater, Pinjam Dulu Bayar Cicilan Kemudian

Mengenal Aplikasi PayLater, Pinjam Dulu Bayar Cicilan Kemudian

Kemajuan teknologi digital memunculkan banyak kemudahan yang ditawarkan oleh pelaku bisnis. Bukan hanya cara belanja secara online, pelaku bisnis jasa keuangan pun memanfaatkan teknologi digital untuk metode pembayaran. Saat ini, ada sebuah tren baru dari aplikasi lifestyle di Indonesia. Para startup menawarkan fitur PayLater atau bayar kemudian. Layanan ini diberikan untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi.

Baca juga : Jangan Langsung Tergiur, Pahami dan Kenali Baik-baik Pinjaman Online

PayLater adalah metode pembayaran seperti kartu kredit di mana perusahaan aplikasi menalangi dulu pembayaran tagihan pengguna di merchant setelahnya pengguna membayar tagihan tersebut kepada perusahaan aplikasi. Untuk bisa menggunakan layanan ini pengguna akan diminta memberikan data pribadi, foto diri dan foto KTP.

Dalam menjalankan layanan ini biasanya aplikasi menggandeng pihak ketiga. Metode pembayaran PayLater ini sudah dipakai oleh tiga startup Indonesia, yaitu Traveloka, OVO, Gopay, dan Kredivo. Berikut uraian lengkap layanan PayLater dari ketiga startup tersebut.

Traveloka

Perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel online, Traveloka juga menggunakan aplikasi PayLater untuk menarik para pencinta liburan. PayLater adalah fasilitas keuangan dari Traveloka yang memungkinkan metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Aplikasi pinjaman online ini dapat membantu pelanggan mewujudkan liburan dadakan dengan nyaman dan bebas ribet. Setiap pengguna aplikasi dapat beli tiket tanpa bayar dulu. Metode pembayaran ini berlaku untuk semua produk yang tersedia di Traveloka, kecuali untuk produk pembayaran tagihan dan produk konektivitas.

Baca juga : Ini 4 Fakta Penting Aplikasi Pembayaran LinkAja

Adapun bunga PayLater Traveloka sebesar 2,14 persen sampai 4,78 persen per bulan. Sementara itu, limit pinjamannya maksimal Rp50.000.000. Untuk pelunasan cicilan, penggunanya juga bisa mengatur cicilan pembayaran mulai dari 1-12 bulan.

Proses pendaftaran yang cepat dan mudah juga menjadi kelebihan PayLater Traveloka serta tidak ada biaya tambahan, seperti biaya tahunan dan uang muka. Untuk mendaftar PayLater, Anda harus berusia antara 21–70 tahun, merupakan warga Indonesia, dan memiliki KTP yang valid.

OVO

Perusahaan dompet digital yang berada di bawah naungan Grup Lippo menggandeng Taralite dalam menawarkan fasilitas layanan pinjaman PayLater. OVO PayLater sudah bisa ditransaksikan di 200.000 merchant dengan menggunakan aplikasi online. Bahkan layanan ini sudah bisa digunakan dalam bertransaksi di e-commerce Tokopedia.

Bunga bulanan PayLater OVO tidak jauh beda dengan kartu kredit, yakni 2,9 persen dari nilai pembayaran atas transaksi. Pengguna akan dikenakan biaya administrasi oleh partner untuk pemakaian kredit limit sebesar 5 persen dari nilai transaksi. Sebagai catatan, pengguna hanya dapat melakukan transaksi maksimum sebesar limit kredit paling tinggi Rp10.000.000.

Gopay