3 Perempuan Indonesia Masuk Daftar Forbes Asia's Power Businesswomen

3 Perempuan Indonesia Masuk Daftar Forbes Asia's Power Businesswomen

Forbes baru saja merilis daftar perempuan hebat dalam Forbes Asia's Power Businesswomen. Sebanyak 25 perempuan hebat Asia yang masuk dalam daftar tersebut dianggap memiliki peran penting dalam membentuk lanskap bisnis di Asia dalam beberapa dekade mendatang. ke-25 perempuan hebat ini terpilih atas dasar rekam jejak keberhasilan mereka.

Perempuan-perempuan Asia ini  mewakili keragaman dalam lanskap bisnis Asia dengan menyoroti pengusaha, investor, eksekutif tingkat tinggi, serta mereka yang mentransformasikan perusahaan keluarga mereka. Terlepas dari latar belakang mereka, para wanita ini menentang stereotipe dan meruntuhkan hambatan di industri.

Baca juga : Ubah Gaya Hidup Agar Sukses dan Kaya Raya di Usia Muda

Hebatnya, tiga dari 25 perempuan hebat Asia itu berasal dari Indonesia. Mereka adalah Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk Dian Siswarini, Presiden Avrist Assurace Anna Leonita, dan Pemimpin E-Commerce Ruparupa.com Teresa Wibowo. Seperti apa sosok perempuan-perempuan hebat ini?

Dian Siswarini, Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk


Dian Siswarini adalah perempuan pertama yang menjalankan perusahaan telekomunikasi Indonesia yang terdaftar secara publik, yaitu XL Axiata. Dirinya menduduki posisi puncak ini pada 2015 setelah 20 tahun menaiki tangga dalam industri yang didominasi pria. Saat awal berkarier, Dian mau tidak mau melakukan pekerjaan yang sebenarnya dilakukan oleh kaum pria saat dirinya bekerja sebagai network engineer.

Tidak sampai di situ, perempuan berusia 51 tahun ini berupaya mengembangkan keahliannya dan belajar menguasai cara mengelola bisnis digital. Ada tiga strategi pengembangan bisnis inti XL Axiata yang disebut Dian sebagai 3R, yaitu Revamping, Rise, dan Reinvent.

Di bawah kepemimpinan ibu tiga anak ini, XL Axiata menjual unit telekomunikasi non-inti, menawarkan akses yang lebih luas, dan layanan data yang terjangkau. Kesuksesannya bisa dilihat dari meningkatkan pangsa pasarnya menjadi hampir 18 persen tahun lalu, dari 10 persen pada 2016 dan mendorong ebitda 5 persen menjadi USD601 juta selama periode yang sama. Anna

Anna Leonita, Presiden Avrist Assurace


Karier Anna Leonita dimulai pada tahun 2011 ketika ditugaskan untuk portofolio investasi di perusahaan asuransi jiwa Indonesia Avrist Assurance. Lima tahun kemudian, dia diangkat sebagai direktur unit manajemen aset perusahaan asuransi, tempat dia membangun tim investasinya sendiri. Dalam setahun, aset yang dikelola melonjak 169 persen menjadi 2,2 triliun rupiah (USD161 juta) dan jumlah pelanggan Avrist hampir tiga kali lipat menjadi hanya di bawah 1.000.

Pada tahun 2018, perempuan berusia 47 tahun ini menjadi satu-satunya wanita di dewan perusahaan. Tahun lalu laba bersih naik 47 persen menjadi 249 miliar rupiah dari tahun sebelumnya, didukung oleh kampanye promosi baru dan skema bonus baru untuk agen penjualan. Pada Mei, dia menjadi presiden direktur wanita pertama dalam 44 tahun sejarah Avrist Assurance.

Teresa Wibowo, Pemimpin E-Commerce Ruparupa.com


Teresa Wibowo memiliki dua kata untuk calon pebisnis muda wanita yang ingin sukses, yaitu “Aim high.” Di mata rekan kerja di Ruparupa.com, Teresa dikenal sebagai “chief of many things”. Ruparupa adalah inisiatif digital penting bagi Group Kawan Lama, sebuah perusahaan berusia 60 tahun yang dikendalikan oleh Ayah Teresa, Kuncoro Wibowo.

Grup ini adalah salah satu pengecer terbesar di negara ini dalam kategori seperti furnitur, mainan, dan persediaan perangkat keras. Di antara gerainya, grup ini mengoperasikan toko Ace Hardware terbesar yang dibuka pada 2016.

Baca juga : Ini Dia Sosok Presiden Baru OVO

Pada tahun yang sama, perempuan berusia 37 tahun ini membantu meluncurkan Ruparupa yang dimaksudkan untuk mengubah fokus grup dari brick-and-mortar retail untuk memasukkan e-commerce. Keberhasilannya dalam peran ini sangat penting karena Kawan Lama semakin menghadapi tekanan dari saingan online seperti Tokopedia dan JD.com.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 26, 2019, 4:11 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.