Mengenal 10 Jenis Pembiayaan KPR di Indonesia

Mengenal 10 Jenis Pembiayaan KPR di Indonesia

Pasti Anda sering mendengar istilah KPR atau kredit pemilikan rumah. KPR adalah suatu metode kepemilikan rumah dengan menjaminkan berupa rumah yang akan Anda miliki dengan skema biaya hingga 90 persen dari harga rumah.

Metode KPR dilakukan dengan cara mencicil rumah dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan pembeli rumah dan bank. Pelunasan akan dilakukan dengan cara mencicil setiap bulan yang disertai perhitungan bunga. Ada beberapa istilah terkait jenis bunga KPR, yaitu tingkat bunga fixed atau floating dan cara perhitungan bunga annuitas atau flat.

Baca juga : Ingin Punya Rumah Sejak Muda? Kenapa Tidak

Bagi Anda yang hendak membeli rumah, namun tidak memiliki uang tunai yang cukup, maka kredit pemilikan rumah (KPR) menjadi salah satu pilihan tepat. Pilihan KPR-nya pun beragam. Namun tahukah Anda bahwa KPR memiliki sejumlah jenis atau macam dengan beberapa prinsip pokok yang berbeda satu sama lainnya? Berikut 10 jenis KPR yang dapat menjadi rujukan Anda.

1. KPR Konvesional

KPR konvensional atau disebut KPR non-subsidi adalah metode cicilan yang banyak dikenal dan ditawarkan perbankan. Dalam KPR konvesional ini suku bunga yang dipakai adalah suku bunga yang ditetapkan biasanya mengikuti BI Rate atau floating rate. Masa pinjaman KPR konvesional punya waktu berbeda-beda mulai lima hingga 20 tahun.

2. KPR Syariah

KPR syariah ini merupakan sistem cicilan rumah yang ditawarkan oleh perbankan syariah. Prinsip pinjaman KPR syariah berbeda dengan konvesional karena menggunakan prinsip jual-beli syariah yang umumnya murabahah. Perbedaan lainnya adalah penerapan bunga dalam KPR syariah tidak didasarkan pada floating rate tetapi suku bunga tetap (flat rate). Jadi, cicilan yang Anda bayarkan jumlahnya tetap hingga cicilan rumah lunas.

3. KPR Bersubsidi

KPR bersubsidi merupakan fasilitas dari pemerintah yang disalurkan melalui bank-bank. Keunggulan KPR bersubsidi adalah uang muka dan bunga yang lebih rendah dibanding KPR konvensional. Namun, jenis KPR bersubsidi ini hanya untuk masyarakat dengan penghasilan rendah dan belum memiliki rumah, serta tipe rumah yang dapat dibiayai maksimal tipe 36.

4. KPR Pembelian

KPR pembelian adalah jenis pembiayaan rumah dengan memberikan pinjaman uang untuk membeli rumah, dan rumah yang akan dibeli tersebut dijadikan jaminannya. Tidak hanya rumah yang dapat dijadikan agunannya, tapi juga berbagai properti lain seperti apartemen, ruko, dan rukan.

5. KPR Refinancing

Sebenarnya KPR refinancing bukanlah jenis pembiayaan untuk membeli rumah, melainkan termasuk dalam jenis pinjaman pribadi. KPR refinancing adalah fasilitas peminjaman uang yang menggunakan rumah yang sudah dimiliki sebagai jaminannya. Tidak hanya bangunan rumah yang dapat dijadikan jaminan, tetapi surat tanah juga dapat dijadikan jaminannya.


6. KPR Take Over

Memang tidak banyak bank yang memberikan fasilitas KPR take over. KPR take over adalah fasilitas untuk memindahkan KPR yang telah berjalan ke bank lain dengan keuntungan berupa tambahan limit pinjaman. KPR jenis ini lebih ke arah persaingan antar-bank untuk mendapatkan konsumen baru. Salah satu bank yang menawarkan KPR take over adalah KPR Mandiri dan Maybank.

Fasilitas KPR take over akan membantu milenial mengalihkan KPR dari bank lain ke KPR Maybank. Seandainya Anda terlanjur memanfaatkan fasilitas KPR dari bank lain, Anda bisa memindahkannya ke Maybank, tanpa membayar biaya administrasi kredit. Jangka waktu pinjamannya pun sampai 20 tahun.

7. KPR Angsuran Berjenjang

KPR Mandiri juga memiliki KPR angsuran berjenjang, yakni fasilitas pinjaman yang diberikan untuk pembelian rumah tinggal dengan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ketiga masa pinjaman.

8. KPR Duo

Ini merupakan jenis KPR lain yang juga sangat jarang ditawarkan. Salah satu bank yang menawarkan KPR jenis ini adalah KPR Mandiri. KPR Mandiri Duo adalah fasilitas pinjaman yang diberikan untuk pembelian rumah tinggal, apartemen, ruko, atau rukan sekaligus pembelian mobil, motor, atau furnitur.

9. KPR Bebas Bunga

Ada pula fasilitas KPR bebas bunga yang dipunyai Maybank. Fasilitas KPR ini membantu meringankan cicilan bunga KPR. Nasabah dapat mengurangi sisa pokok pinjaman, yang artinya bakal memperpendek jangka waktu pinjaman juga. KPR jenis ini terkoneksi dengan rekening nasabah dan dapat dihubungkan sampai maksimal tujuh rekening tabungan.

Semakin besar jumlah saldo di rekening maka semakin kecil beban bunga KPR. Dengan proses kredit yang cepat dan mudah, platform KPR Bebas Bunga dari Maybank ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan refinancing atau kredit multiguna.

10. KPR Plus

KPR Plus adalah fasilitas kredit yang menawarkan fleksibilitas sistem pembayaran, penarikan dana, dan pembayaran cicilan. Fasilitas ini membantu milenial tetap leluasa memenuhi berbagai kebutuhan tanpa terbebani cicilan KPR yang memberatkan. Jumlah cicilan bulanannya pun lebih ringan dibanding fasilitas KPR lain yang diberikan Maybank..

Demikianlah sejumlah opsi fasilitas KPR yang bisa Anda pilih untuk memiliki hunian idaman. Setiap opsi KPR yang tersedia bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Jadi, memiliki rumah sendiri ketika muda sebenarnya amat mungkin dicapai, bukan?


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 19, 2019, 2:36 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.