Ini Dia Sosok Presiden Baru OVO

Ini Dia Sosok Presiden Baru OVO

PT Visionet Internasional selaku pengembang aplikasi OVO mengganti susunan direksi perusahaan. Salah satu yang paling menonjol dalam pergantian kedireksian ini adalah munculnya nama Karaniya Dharmasaputra. Dirinya dipercaya untuk menduduki jabatan Presiden OVO menggantikan Adrian Suherman.

Seperti apa sosoknya? Berikut ini informasi mengenai profil Karaniya Dharmasaputra yang berhasil dirangkum duitologi.com dari berbagai sumber.

1. Pendiri dan CEO Bareksa

Sosok Karaniya Dharmasaputra sangat dikenal dalam dunia investasi. Dia merupakan salah satu pendiri perusahaan financial technology (fintech) yang bergerak di bidang investasi. Dia bersama rekannya, Ady F. Pangerang mendirikan PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa) pada 17 Februari 2013. Sejak Januari 2014, Karaniya menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Bareksa.

Pada 2016, perusahaan yang didirikannya ini berhasil mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjual produk reksa dana secara langsung dan menjadikannya fintech pertama yang mendapat lisensi ini.


Di bawah kepemimpinannya, Bareksa berhasil menjadi salah satu platform investasi keuangan di Indonesia. Berdasarkan catatan yang dihimpun duitologi.com hingga Mei 2019, jumlah manajer investasi yang terdaftar di platform Bareksa mencapai 92 perusahaan dengan total dana kelolaan per Maret 2019 mencapai Rp1,8 triliun.

2. Wartawan Senior

Latar belakang profesi Karaniya sangat beragam. Dikutip dari media sosial LinkedIn, sebelum menjabat sebagai CEO Bareksa, Karaniya merupakan seorang wartawan senior di beberapa media nasional. Dia pernah menjabat sebagai Redaktur Pelaksana Majalah Tempo, mendirikan KanalOne yang kemudian berubah nama menjadi VivaNews.com, dan menjabat sebagai Presiden Direktur Bola.com. Dia juga pernah bekerja di perusahaan media seperti Jakarta Post, KapanLagi Youniverse, Kompas

3. Lulusan UGM dan Amerika

Rekam jejak karier Karaniya Dharmasaputra yang cukup sukses ini juga didukung oleh latar belakang pendidikan yang mumpuni. Diketahui, Karaniya merupakan lulusan sarjana Ilmu Politik Universitas Gajah Mada (UGM) selama 1987 hingga 1997. Dia kemudian melanjutkan studi program S2 di Washington, Amerika Serikat dan mendapat gelar Master of Public Policy di The George Washington University.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 18, 2019, 4:19 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.