Bayar PBB di Jakarta Bisa Pakai LinkAja, Begini Caranya

Bayar PBB di Jakarta Bisa Pakai LinkAja, Begini Caranya

Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) wajib dilakukan setiap tahunnya dan harus dilunasi paling lambat enam bulan sejak tanggal diterimanya Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) oleh wajib pajak. Salah satu kendala yang kerap muncul di kota besar seperti Jakarta adalah keterlambatan pembayaran PBB karena faktor kesibukan yang menyebabkan optimalisasi penerimaan pajak menjadi terhambat.

Cara yang banyak dilakukan orang untuk membayar PBB, yaitu lewat fasilitas bank seperti teller bank, internet banking atau ATM. Pilihan lain membayar pajak juga bisa dilakukan melalui kantor pos atau minimarket yang menyediakan fasilitas pembayaran pajak. Namun sekarang membayar PBB menjadi semakin mudah. Anda sebagai wajib pajak bisa membayar melalui aplikasi LinkAja.

Baca juga : Ini 4 Fakta Penting Aplikasi Pembayaran LinkAja

Bekerja sama dengan Bank DKI, Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI (BPRD DKI), Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), dan PT Mitracomm Ekasarana, LinkAja memberikan kemudahan transaksi pembayaran pajak non-tunai kepada para wajib pajak DKI Jakarta. Melalui menu layanan terbaru ini, para wajib pajak dapat dengan mudah melakukan pembayaran PBB tanpa harus mengantre di loket pembayaran.

Danu Wicaksana, Direktur Utama LinkAja mengatakan, tujuan utama LinkAja adalah untuk menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik dan lengkap, dengan memperkaya offering use case di seluruh sendi kehidupan masyarakat. Dengan hadirnya layanan pembayaran PBB DKI Jakarta, akan memudahkan wajib pajak DKI Jakarta dalam membayar pajak secara lebih praktis.

“Kami harap kemudahan ini dapat menjadi cara edukasi dan sosialisasi transaksi non-tunai di tengah masyarakat, sehingga dapat meningkatkan indeks inklusi keuangan Indonesia,” kata Danu dalam siaran pers yang diterima duitologi.com (12/3/2019).


Cara Membayar Pajak Lewat LinAja

Dengan aplikasi LinkAja, membayar PBB menjadi lebih efektif dan efisien. Anda tidak perlu keluar rumah atau antre. Semuanya bisa dilakukan sambil santai di rumah dengan menggunakan smartphone. Bagaimana caranya? Berikut tahapan pembayaran PBB DKI Jakarta:

1. Buka aplikasi LinkAja dan pastikan aplikasi LinkAja sudah diupdate ke versi terbaru yaitu 3.5.0 untuk iOS dan 3.5.1 untuk Android.

2. Pilih “Lainnya”.

3. Klik Icon “Pajak” dalam menu Pajak dan Retribusi.

4. Pilih PBB DKI JAKARTA.

5. Masukkan NOP (nomor objek pajak) dan Tahun pembayaran Pajak.

6. Konfirmasi data yang muncul pada aplikasi.

7. Jika data sudah sesuai, klik konfirmasi dan masukkan PIN.

Baca juga : Ini Perbedaan SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking

Untuk setiap pembayaran PBB melalui LinkAja, pengguna akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp5.000. Sejak layanan ini beroperasi sampai dengan 30 September 2019, LinkAja juga menghadirkan promo untuk pembayaran PBB DKI JAKARTA dengan minimal nominal pembayaran Rp200.000 yang akan mendapatkan cashback sebesar Rp50.000.

Mudah bukan? Dengan menggunakan aplikasi LinkAja untuk membayar PBB, Anda bisa menghemat waktu untuk melakukan banyak hal yang lebih produktif. Pada prinsipnya, kalau ada cara membayar yang lebih mudah, kenapa harus mengambil jalan yang sulit.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 13, 2019, 6:34 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.