Dukung Inklusi Keuangan, Cigna Jalin Kemitraan dengan Lifepal

Dukung Inklusi Keuangan, Cigna Jalin Kemitraan dengan Lifepal

PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) menyadari bahwa tingkat literasi keuangan khususnya literasi asuransi di Indonesia masih terbilang rendah. Sebagai perusahaan asuransi jiwa, Cigna berkeinginan membuat literasi asuransi masyarakat Indonesia meningkat. Salah satu langkah upaya dari Cigna adalah melakukan kemitraan dengan Lifepal.

Lifepal adalah sebuah platform all in one yang membantu masyarakat membandingkan serta membeli produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sesuai dengan preferensi konsumen. Platform Lifepal ini mampu menganalisa polis kesehatan dan jiwa di Indonesia dan menggunakan algoritma untuk memilih polis yang cocok dan merekomendasikannya kepada individu dan keluarga di Indonesia.

Dengan adanya kerja sama ini, baik Cigna dan Lifepal berharap mampu mendukung program inklusi keuangan yang diusung pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kemitraan dengan Lifepal ini merupakan salah satu upaya agar masyarakat Indonesia yang tersebar pada ribuan pulau di seluruh Nusantara bisa mendapatkan kemudahan dalam memilih solusi asuransi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Cigna Indonesia berusaha memanfaatkan teknologi digital dalam distribusi solusi perlindungan, sehingga dapat menjangkau masyarakat Indonesia di mana pun mereka berada,” ungkap Dini Maharani, Direktur & Chief Distribution Officer Cigna Indonesia dalam siaran pers yang diterima duitologi.com (10/9/2019),

Baca juga : Seberapa Penting Asuransi untuk Masa Depan Keluarga?

Layanan kemitraan dari Lifepal akan membantu masyarakat Indonesia dalam memilih solusi asuransi melalui rangkuman data yang rapi, praktis dan mudah dipahami dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat awam. Layanan ini membantu masyarakat dalam efisiensi waktu sehingga masyarakat dapat segera membandingkan harga dan manfaat dari masing-masing produk.

Untuk mendapatkan rekomendasi produk, calon nasabah hanya perlu menjawab pertanyaan dasar seperti data diri dan kebutuhan asuransi. Selain itu, Lifepal juga menyediakan edukasi asuransi melalui blog yang membahas tips perencanaan keuangan.


Benny Fajarai, Co-Founder dan Head of Marketing Lifepal menyakini, dengan perlindungan finansial yang baik, semua orang dapat menikmati hidup yang stabil dan tenang bersama orang terkasih. “Misi kami adalah memberikan akses perlindungan kesehatan dan jiwa kepada semua orang. Melalui situs Lifepal, kami dapat menjangkau seluruh penduduk Indonesia tanpa batasan jarak dan waktu,” ungkapnya.

Sementara itu, berbagai survei mengenai tingkat literasi asuransi di Indonesia masih terbilang rendah dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2017 menunjukkan, indeks literasi asuransi baru mencapai 15,76 persen. Bahkan angka ini turun dibandingkan survei 2013 yang mencapai 17,84 persen.

Data survei OJK ini menjelaskan, dari total populasi penduduk 265 juta jiwa, baru 1,7 persen penduduk yang terdata memiliki asuransi. Artinya, hanya satu dari tujuh orang Indonesia yang tahu produk asuransi dan paham mengenai manfaat asuransi. Angka itu jauh di bawah rata-rata persentase kepemilikan asuransi di dunia yang mencapai 6,1 persen.

Baca juga : 7 Tips Memilih Perusahaan Asuransi Terbaik

Rendahnya literasi asuransi ini karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Belum lagi tingkat pengetahuan dan pendidikan yang belum merata dari seluruh wilayah di Indonesia.

Untuk itu, untuk meningkatkan literasi keuangan dan asuransi, bukan hanya menjadi peran pemerintah, tetapi juga tanggung jawab dari perusahaan asuransi dan instansi terkait lainnya. Semua stakeholder harus saling bersinergi agar tercipta literasi keuangan terutama asuransi yang merata di Indonesia.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 11, 2019, 4:17 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.