Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Ketika Sedang Mencicil Rumah?

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Ketika Sedang Mencicil Rumah?

Memiliki rumah impian menjadi keinginan semua orang. Agak sulit kiranya jika untuk punya rumah sendiri hanya mengandalkan pembayaran tunai. Mencicil rumah menjadi salah satu solusi paling banyak yang dilakukan untuk mewujudkan rumah impian.

Namun, mencicil rumah dengan memanfaatkan kredit pemilikan rumah (KPR) kadang menjadi permasalahan dalam pengelolaan keuangan. Masalah yang kerap terjadi mulai dari kekurangan dana, kenaikan suku bunga, melesetnya perhitungan KPR, hingga perhitungan berbagai biaya lain yang tidak dianggarkan.

Baca juga : UMP Sudah Naik, Bagaimana Mengatur Keuangan Agar Tidak Tekor?

Keputusan mengambil KPR harus diimbangi dengan cara mengatur keuangan yang baik. Jangan sampai, niat memiliki rumah justru semakin memperburuk kondisi keuangan keluarga Anda. Tidak sedikit kasus yang akhirnya kehilangan kesempatan memiliki rumah sendiri karena tidak mampu meneruskan cicilan KPR.

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan ketika sedang mencicil rumah? Hal utama yang perlu perlu diingat adalah mencicil rumah membutuhkan waktu yang sangat panjang. Untuk itu, Anda membutuhkan memasukkan cicilan rumah ke dalam anggaran rumah tangga. Jika bingung bagaimana caranya, berikut tips untuk merancang keuangan saat akan mengambil KPR.

1. Membuat Anggaran Baru

Jangan samakan anggaran rumah tangga sebelum Anda ingin mencicil rumah. Ubah postur anggaran pengeluaran dan masukkan cicilan rumah sebagai pengeluaran tetap (fix cost). Masukkan pos cicilan KPR ke dalam urutan penting setelah kebutuhan utama keluarga. Hal terpenting lainnya adalah pastikan Anda membayar cicilan rumah tepat waktu. Jangan pernah menunda karena ada sanksi denda yang bisa Anda terima.


2. Selaraskan Cicilan KPR dengan Biaya Pemeliharaan

Setelah berhasil melakukan transaksi KPR, jangan lupa bahwa rumah memiliki biaya perawatan dan pemeliharaan. Prinsipnya sederhana, yaitu jangan sampai Anda mengeluarkan biaya pemeliharaan rumah dalam jumlah lebih besar dibanding cicilan KPR yang harus dibayarkan setiap bulan.

Jadi tidak ada salahnya menyisihkan dana untuk perbaikan rumah. Usahakan biayanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan darurat saja, misalnya memperbaiki genteng bocor atau kaca pecah. Hindari menggunakan dana perawatan dan perbaikan rumah untuk membeli perabotan mahal.

3. Siapkan Dana Antisipasi Kenaikan Bunga KPR

Jika Anda mengambil cicilan KPR dengan sistem bunga floating, pastikan juga Anda memiliki dana lain untuk mengantisipasi kenaikan suku bunga KPR. Biasanya, suku bunga KPR akan mengalami kenaikan setiap tahun. Selain memperhatikan pergerakan suku bunga tersebut, dana itu digunakan untuk mengantisipasi apabila ada kenaikan suku bunga yang Anda tidak ketahui.

4. Mengecek Kenaikan Pajak Properti secara Rutin

Jika memiliki rumah, secara otomatis Anda akan dikenakan pajak properti. Tarif pajak ditetapkan berdasarkan nilai rumah sekaligus tarif pajak daerah. Sebelum membayar pajak, sebaiknya Anda mencari tahu nilai pajak yang harus dibayarkan dan mencatatnya di anggaran pengeluaran dan belanja.

Baca juga : Panduan Lengkap Pengajuan Kredit Rumah Pertama

Itulah empat cara mengatur keuangan yang bisa Anda terapkan ketika sedang mencicil pembayaran rumah lewat fasilitas KPR. Pada dasarnya, Anda tidak perlu khawatir untuk mengambil cicilan KPR. Dengan memiliki rencana keuangan yang baik, maka kondisi keuangan keluarga Anda akan berjalan aman.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 10, 2019, 11:25 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.