5 Alasan Wanita Sebaiknya Memiliki Penghasilan Sendiri

5 Alasan Wanita Sebaiknya Memiliki Penghasilan Sendiri

Bagi wanita yang sudah menikah, seringkali dihadapkan pada pilihan yang sulit antara memilih jadi ibu rumah tangga sepenuhnya atau bekerja sambil mengurus keluarga. Wanita yang memutuskan bekerja sama mulianya karena tujuannya untuk kemudahan masa depan keluarga termasuk termasuk dalam antisipasi kondisi tidak terduga.

Baca juga : Bisa Dapat Penghasilan dari Media Sosial? Kenapa Tidak!

Dengan bekerja, wanita menjadi mampu memiliki penghasilan sendiri. Nah, untuk mengetahui alasan mengapa sebaiknya wanita memiliki penghasilan sendiri walaupun sudah menikah berikut ini.

1. Membantu Keuangan Keluarga

Setiap pasangan yang telah berkeluarga pasti menginginkan kehidupan yang aman, nyaman, dan sejahtera secara keuangan. Alasan inilah yang menjadi prinsip umum dari banyak wanita memutuskan untuk tetap bekerja. Dengan Dengan punya penghasilan sendiri, seorang istri dapat memberi sumbangsih untuk meringankan biaya hidup keluarga.

2. Belajar Mengelola dan Menghargai Uang

Salah satu kunci keberhasilan dalam mengelola keuangan keluarga adalah bijak menggunakan uang. Bijak bukan berarti hanya soal tidak menggunakannya, namun cerdas mengelola agar uang terus berputar. Hal itu dilakukan agar kebutuhan keluarga, baik terencana maupun tidak terduga, dapat terpenuhi.

Bekerja bisa menjadi sarana orang untuk belajar menghargai uang. Dengan pelajaran itu, maka secara tidak langsung seorang ibu rumah tangga akan belajar mengelola keuangan dengan baik. Misalnya, membuat perencanaan keuangan yang matang dengan suami. Susunlah daftar pengeluaran rutin untuk keperluan bulanan, seperti listrik, telepon, kebutuhan pokok, dan lain sebagainya.


3. Bisa Mengurangi Stres

Bekerja bisa mengurangi stres, benarkah? Ini pertanyaan umum yang ditanyakan banyak orang pada wanita yang bekerja. Riset dailymail.co.uk menyimpulkan, ibu rumah tangga yang tidak bekerja mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan yang bekerja.

Riset ini dilakukan dengan membandingkan tingkat stres terhadap satu orang ibu rumah tangga dan satu orang wanita karier yang telah memiliki anak. Kedua wanita tersebut merupakan kakak beradik sehingga mereka memiliki kesamaan pengalaman dan kebiasaan di rumah. Penelitian dilaksanakan dengan memasangkan alat pendeteksi detak jantung yang dapat menunjukkan tingkat stres mereka selama 24 jam penuh.

Baca juga : Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Surat Paklaring Kerja

Satu lagi keuntungan wanita bekerja adalah memiliki jaringan relasi untuk menghilangkan stres dengan cara berbagi. Ketika tengah menghadapi masalah di rumah, seorang wanita karier bisa meminta saran kepada rekan-rekan kerja. Sebaliknya, mereka juga bisa meminta saran keluarga ketika menghadapi masalah di kantor.

4.  Memacu Kebanggaan

Wanita yang memutuskan untuk bekerja akan menyadari bahwa dirinya memiliki peran ganda. Mau tidak mau, suka tidak suka, kondisi ini harus dijalani dengan kemampuan mengatur manajemen waktu yang tepat. Akan menjadi kebanggaan tersendiri, bila wanita mampu menjalankan kedua peran ini secara baik. Selain bangga dengan kemampuan manajemen waktu, wanita yang bekerja juga akan lebih bisa mengapresiasi diri karena memiliki penghasilan sendiri. Misalnya, berbelanja tanpa khawatir mengganggu keuangan keluarga.

5. Mengasah Kompetensi Diri

Selain mendapat menghasilan sendiri, lingkungan kerja bisa menjadi ajang untuk mengasah kemampuan berpikir dan mengelola masalah. Lingkungan kerja menuntut seseorang berinteraksi dengan banyak orang untuk menuju hal yang produktif dalam kompetisi yang sehat. Hal ini mampu mengasah seseorang untuk mencari solusi atas sebuah permasalahan. Kemampuan tersebut amat baik diterapkan di lingkungan keluarga, dalam rangka memberi keteladanan bagi anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Hal yang paling penting bagi pria dan wanita yang sudah menikah harus saling melengkapi satu sama lainnya. Segala keputusan untuk sama-sama bekerja akan membuahkan hasil yang lebih baik. Untuk itu, tidak perlu takut menjadi wanita yang memiliki penghasilan sendiri meskipun sudah menikah. Selain untuk kebanggaan diri, Anda bisa berkontribusi lebih untuk kebahagiaan keluarga.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 9, 2019, 11:27 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.