Sasar Generasi Milenial, Kemenkeu Kembali Hadirkan Investasi SBR008

Sasar Generasi Milenial, Kemenkeu Kembali Hadirkan Investasi SBR008

Pemerintah yang diwakili Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menghadirkan instrumen investasi Savings Bond Ritel seri SBR008 dengan masa penawaran 5-19 September 2019. Savings Bond Ritel merupakan obligasi negara yang dijual kepada individu warga negara indonesia untuk meningkatkan jumlah investor domestik terutama milenial dengan karakteristik dinamis.

Sama seperti penerbitan SBR pada seri-seri sebelumnya, seluruh dana yang diterima akan digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan pemerintah yang produktif terutama mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia.

Dengan tingkat kupon minimal mengambang (floating with floor) sebesar 7,20 persen per tahun, SBR008 memiliki tenor dua tahun dengan pemesanan yang terjangkau yaitu Rp 1.000.000. Selain itu, investor akan memperoleh keuntungan lainnya seperti aman karena dijamin pemerintah, pemesanan mudah, 100 persen online, dan berlaku pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) maksimal 50 persen dari minimal pemesanan Rp2.000.000 tanpa biaya pelunasan setelah 12 bulan kepemilikan.

Baca juga : Mengenal Produk Syariah Sukuk Negara Tabungan Seri ST005

Kupon akan dibayarkan setiap bulan penerbit dengan tingkat kupon yang disesuaikan setiap tiga bulan pada tanggal penyesuaian kupon, didasarkan pada suku bunga acuan yakni dari BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 5,50 persen ditambah spread tetap sebesar 170 bps (1,70 persen) sampai dengan jatuh tempo.

Untuk mengetahui detail mengenai SBR008, berikut ini merangkum detail mengenai investasi Surat Berharga Negara (SBN) Ritel.

• Masa penawaran: 5-19 September 2019.

• Tingkat kupon minimal: 7,20 persen per tahun.

• Kupon: mengambang (disesuaikan setiap 3 bulan) dengan tingkat kupon minimal (floating with floor).

• Tenor: 2 tahun.

• Jatuh tempo: 10 September 2021.

• Nilai nominal: Rp1.000.000.

• Minimal pemesanan: Rp1.000.000 dan kelipatan Rp1.000.000.

• Maksimal pemesanan: Rp3.000.000.000.

• Bentuk obligasi: tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan tidak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo, kecuali pada periode early redemption.

• Periode early redemption: 28 September 2020 pukul 09.00 WIB dan ditutup pada tanggal 6 Oktober 2020 pukul 15.00 WIB.


Investree sebagai Mitra Distribusi

Investree (PT Investree Radhika Jaya) sebagai mitra distribusi pun ambil bagian dalam penawaran investasi SBR008 melalui platform-nya. Melalui penjualan SBR008 ini, Investree mendukung penuh visi Pemerintah dalam memajukan kualitas SDM di Indonesia.

“Memang untuk mencapai hal itu, komponen utama yang harus dikuatkan adalah esensi pendidikan yang mana dana hasil penjualan SBR akan didistribusikan untuk itu. Investree juga akan melanjutkan tren positif penjualan SBR di platform kami. Sampai saat ini, Investor SBN Investree didominasi oleh generasi milenial berusia 21-35 tahun yang sangat akrab dengan gadget dan tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi.

Selain itu, mulai sekarang pendaftaran untuk menjadi investor SBN dan pembelian Savings Bond Ritel SBR008 di Investree dapat dilakukan melalui aplikasi mobile Investree for Lender’, di mana saja dan kapan saja, dapat diunduh di Apple App Store atau Google Play Store. Investor bisa menikmati kemudahan melakukan pemesanan hingga penarikan sebelum jatuh tempo (early redemption) 100 persen online.

Baca juga : Inilah Lima Jenis Obligasi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia

Sejak di Savings Bond Ritel SBR008 ini, investor SBN dapat memanfaatkan kemudahan melakukan pembayaran melalui lembaga persepsi baru, yaitu Pos Indonesia, Tokopedia, Bukalapak, dan Finnet. Hal ini memberikan alternatif pilihan bagi investor SBN untuk memilih bank, pos, dan lembaga persepsi selain yang sudah ada selama ini.

Menariknya, Investree akan memberikan cash back hingga Rp30.000.000 atau maksimal satu persen dari pembelian SBR008 melalui aplikasi menjadi satu-satunya mitra distribusi yang rutin menghadirkan promo cash back hingga Rp 30 juta atau maksimal satu persen dari pembelian SBR008 di Investree. Promo pembelian ini bukan baru kali ini saja. Investree telah melakukannya sejak tahun 2018, tepatnya saat pertama kali memasarkan Savings Bond Ritel SBR003.

“Promo cash back terus kami hadirkan untuk menggenjot semangat berinvestasi para lender kami sehingga kontribusi yang dapat Investree berikan sebagai mitra distribusi kian nyata. Selain menjadi alternatif mendapatkan return yang efisien, berinvestasi SBR008 di Investree juga bisa dijadikan pilihan untuk mendiversifikasikan portofolio,” tutup Adrian.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Sept. 6, 2019, 4:59 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.