Strategi Allianz Mendukung Pengembangan Industri Keuangan Syariah

Strategi Allianz Mendukung Pengembangan Industri Keuangan Syariah

Industri keuangan syariah dalam dua dekade terakhir mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat siginifikan. Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia menjadi emerging market bagi pengembangan industri asuransi syariah. Bahkan Indonesia menjadi negara yang memperlihatkan adanya peningkatan akan kebutuhan solusi finansial.

Melihat potensi besar tersebut, unit usaha syariah dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Syariah) punya strategi dalam mendukung tumbuhnya industri asuransi syariah. Beberapa langkah yang dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi mengenai asuransi syariah secara rutin terutama ke kampus-kampus dan membuka akses seluas-luasnya bagi para milenial yang ingin memperdalam pemahaman mengenai asuransi syariah.

Baca juga : Pilih Mana Asuransi Konvensional atau Asuransi Syariah?

Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia Yoga Prasetyo menilai, di tengah arus persaingan global, asuransi syariah harus menjadi ekosistem industri halal. Tren kesadaran halal ini bisa menjadi jembatan untuk meningkatkan kesadaran berasuransi syariah. Dengan adanya kolaborasi antara pelaku industri dan lembaga pendidikan ini diharapkan akan dapat melahirkan gagasan-gagasan baru untuk mendukung industri keuangan syariah di Indonesia.

Selain bekerja sama dengan lembaga pendidikan, ada beberapa strategi lain yang dilakukan Allianz Life Syariah. Salah satunya adalah melakukan inovasi produk seperti Flexi CI Syariah dan fitur wakaf. Produk Flexi CI Syariah merupakan rider yang memberikan proteksi terhadap risiko kesehatan hingga 168 kondisi penyakit kritis. Sedangkan fitur wakaf dihadirkan untuk melengkapi produk Allisya Protection Plus.


Allianz Life juga memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital terutama untuk meningkatkan pengalaman nasabah dan juga mitra bisnis terkait dengan proses penjualan, administrasi polis, pemeliharaan polis termasuk penanganan klaim,” kata Yoga. Bahkan, sejak tahun 2018, Allianz Life Syariah juga menginisiasi program #BerlipatnyaBerkah untuk mewujudkan impian 25 sosok yang menginspirasi untuk berangkat ke tanah suci dan melakukan ibadah umroh secara gratis.

Peran Allianz Life Syariah dalam mengembangkan industri keuangan syariah mendapat apresiasi dengan meraih penghargaan dari Karim Consulting Indonesia sebagai The Best Islamic Life Insurance in Profitable Investment untuk kelompok perusahaan asuransi jiwa beraset di atas Rp1,25 triliun. Ada pula penghargaan Asuransi Syariah Terbaik 2019 untuk kategori aset lebih dari Rp1 triliun pada acara Best Syariah 2019 yang diselenggarakan majalah Investor.

Baca juga : Melalui Fintech, Allianz Indonesia Dorong Peningkatan Inklusi Keuangan

Kriteria penilaian penghargaan ini dilihat dari sisi pertumbuhan bisnis, kondisi keuangan, serta manajemen risiko. Tahun ini majalah Investor memberikan penghargaan kepada 18 institusi keuangan syariah terbaik dan 13 produk keuangan syariah terbaik.

“Kami jadikan penghargaan-penghargaan ini sebagai pengingat untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja agar menjadi lebih baik bagi nasabah. Seluruh strategi yang kami jalankan merupakan bentuk komitmen kami untuk mengembangkan industri keuangan syariah, sambil terus memperluas jangkauan perlindungan asuransi di Indonesia,” tutup Yoga.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 28, 2019, 4:15 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.