10 Fakta Bisnis Gibran Raih Pendanaan dari Alpha JWC Ventures

10 Fakta Bisnis Gibran Raih Pendanaan dari Alpha JWC Ventures

Sukses dengan berbagai bisnis di bidang kuliner seperti Chili Pari Catering dan Markobar, Putra Sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming kembali membangun jaringan bisnis kuliner baru yang diberi nama Goola. Perusahaan rintisan (startup) Gibran ini fokus pada berbagai minuman tradisional yang penyajiannya dan kemasannya dibuat kekinian.

Setelah satu tahun dibangun, startup Gibran ini ternyata menarik perhatian Alpha JWC Ventures, sebuah perusahaan modal ventura yang didirikan oleh Chandra Tjan bersama Jefrey Joe dan Will Ongkowidjaja pada awal 2015. Alpha JWC Ventures adalah perusahaan modal ventura yang fokus berinvestasi pada perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi di Indonesia.

Baca juga : 4 Keuntungan Memulai Bisnis dengan Sistem Franchise

Goola menjadi salah satu startup yang menerima pendanaan dari Alpha JWC Ventures ini. Tidak tanggung-tanggung, nilai dana yang diberikan mencapai US$5 juta atau setara Rp71 miliar. Salah satu alasannya adalah Goola dianggap memiliki visi dan misi yang sama untuk membawa produk lokal ke internasional.

“Salah satu misi kami adalah ingin membawa startup Indonesia sukses di dalam negeri dan membawa mereka ke panggung internasional. Saya melihat Goola memiliki misi dan ambisi yang sama dengan Alpha JWC Ventures,” kata Managing Partner Alpha JWC Ventures Jefrey Joe dalam siaran pers yang diterima duitologi.com (16/8/2019).


Fakta Goola, Bisnis Rintisan Gibran

1. Goola merupakan produk berbagai minuman trandisional yang ditansformasi dengan penyajian yang lebih modern dan kemasan kekinian. Gibran tidak sendiri saat membangun Goola ini, ada rekan bisnis lainnya, yaitu Kevin Susanto.

2. Sebenarnya, startup kuliner Goola milik Gibran dan Kevin ini sudah setahun lalu di-launching, tepatnya 16 Agustus 2018. Gerai pertama Goola berada di sebelah outlet Markobar yang berada di Jalan Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat.

3. Setelah setahun berdiri, Goola sudah memiliki lima lokasi gerai, yakni Cikini (gerai Markobar), Pacific Place, Tokopedia Tower, Foodhall Plaza Indonesia, dan Padang Merdeka Mall Kelapa Gading.

4. Ada 22 jenis minuman yang ditawarkan Goola. Menariknya, seluruh bahan baku yang digunakan adalah produk lokal yang asalnya dari Sabang sampai Merauke.

5. Seluruh jenis racikan itu dibagi menjadi beberapa kelompok menu, yakni Tea Series, Coffee Series, Refreshing, dan Signature.


6. Untuk kisaran harga minuman Goola terbilang cukup terjangkau mulai dari Rp17.000 sampai Rp27.000.

7. Pada 16 Agustus 2019, perusahaan modal ventura Alpha JWC Ventures mengumumkan telah memberikan suntikan dana kepada startup Goola sebesar US$5 juta atau setara Rp71 miliar.

8. Pendanaan dari Alpha JWC Ventures harus dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis seperti memperbanyak jumlah gerai. Targetnya, jumlah gerai bisa mencapai 100 lokasi pada tahun 2020, termasuk ekspansi ke luar negeri.

Baca juga : Ini 7 Tips Mudah Memulai Bisnis Online

9. Pendanaan tersebut juga harus dimanfaatkan untuk memulai proses new retail melalui pengembangan aplikasi mobile.

10. Goola akan menjadi startup berikutnya yang mendapat suntikan dana pengembangan usaha dari Alpha JWC Ventures setelah beberapa perusahaan rintisan lainnya seperti platform pinjam meminjam Uang Teman, pembiayaan e-commerce Kredivo, jaringan kopi grab n go Kopi Kenangan, platform pembayaran tagihan Alterra, hingga e-commerce di bidang pertanian Tanihub.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 19, 2019, 3 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.