Lupa Bawa Kartu ATM? Tarik Tunai Saja Pakai M-Banking

Lupa Bawa Kartu ATM? Tarik Tunai Saja Pakai M-Banking

Mungkin Anda pernah merasakan lupa membawa kartu ATM di saat membutuhkan uang tunai? Pasti bingung rasanya. Apalagi jumlah yang dibutuhkan lumayan besar. Langkah paling singkat yang biasa dilakukan adalah meminjam uang pada teman.

Namun, hal itu akan berbeda ceritanya bila Anda memiliki aplikasi m-banking yang tersemat di smartphone Anda. Sekarang ini Anda bisa melakukan tarik tunai dengan menggunakan fitur tarik tunai dari m-banking. Beberapa lembaga jasa keuangan yang sudah memberi fasilitas tarik tunai tanpa kartu ATM adalah BCA, Maybank, Bank Danamon, Bank Sinarmas, dan LinkAja.

1. BCA


Salah satu bank yang telah menerapkan cara tarik tunai tanpa ATM ini adalah BCA melalui aplikasi BCA mobile. Terobosan yang dilakukan BCA ini merupakan cara untuk mengakomodir tren transaksi cardless (tanpa kartu). Adanya fitur tarik tunai dalam BCA mobile ini tentu akan membuat para nasabah semakin mudah dalam melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM BCA.

Baca juga : Cara Mudah Mengganti Kartu ATM Berbasis Chip

Cara melakukan tarik tunai tanpa kartu ini terbilang mudah. Berikut langkah-langkahnya:

• Masuk ke BCA mobile (m-BCA) yang telah terhubung dengan rekening tabungan Anda. Akses menu Tarik Tunai dan ikuti prosesnya untuk mendapatkan Kode Tarik Tunai.

• Kemudian kunjungi ATM BCA yang menerima layanan ini, yaitu ATM yang menampilkan menu Transaksi Tanpa Kartu, pilih BCA mobile, Masukkan No HP BCA mobile dan Kode Tarik Tunai, dan uang tunai pun sudah berada di tangan Anda.

2. Maybank


Selain BCA, Maybank yang sudah memfasilitasi tarik tunai tanpa kartu. Cardless Withdrawal di Maybank bisa dilakukan setelah nasabah melakukan registrasi terlebih dahulu. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengikuti cara-cara sebagai berikut.

• Sebelum melakukan transaksi tarik tunai, nasabah Maybank harus melakukan registrasi Maybank SMS+ Banking dan Anda akan mendapat kode tarik tunai melalui SMS+banking.

• Setelah mendapat kode tarik tunai, Anda bisa menuju mesin ATM dan memilih dan pada layar ATM pengguna tinggal memilih tarik tunai tanpa kartu.

Baca juga : Tren QR Code Payment Membuat Transaksi Semakin Mudah

• Pilih tarik tunai dari rekening Maybank, masukan nomor handphone yang sudah teregistrasi di SMS+ Banking. Masukan PIN SMS+ Banking, dan pilih nominal transaksi.

• Selanjutnya, Kode TAC (Transaction Authorization Code) akan dikirim melalui SMS ke handphone nasabah. Input kode TAC tersebut pada layar ATM. Transaksi selesai dan uang sudah ada di tangan Anda.

3. LinkAja


LinkAja yang merupakan aplikasi yang dikelola perusahaan financial technology (fintech) bernama PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) mengklaim bisa melakukan transaksi tarik tunai pada ATM bank-bank yang benaung di dalamnya seperti Bank BRI, BNI, Bank Mandiri, dan Bank BTN dengan logo LinkAja.

Hal itu disampaikan Product Development Group Head PT Finarya (LinkAja) Dhenu Wiarsandi. “LinkAja sebagai e-money provider pertama yang mampu bertranskasi tarik tunai tanpa kartu hampir di seluruh ATM. Itu semua sudah digunakan di ATM mana saja katanya saat acara Selular Congress di Gandaria City, Jakarta Selatan pada pertengahan Juli 2019.

5. Bank Danamon

Bank Danamon juga memberikan fitur transaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank Danamon. Caranya dengan memasukan nomor ponsel yang sudah terdaftar sebelumnya. Kemudian masukan passcode dan jumlah nominal yang akan ditarik. Sistem kemudian akan mengirimkan one time password melalui SMS ke nomor ponsel yang dimasukan sebelumnya.

6. Bank Sinarmas


Bank Sinarmas juga punya layanan tarik tunai tanpa kartu ATM. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bisa tarik tunai tanpa kartu ATM:

• Nasabah harus mengakses dan login internet banking atau Simobi+.

• Pilih Menu Transfer ke Rekening Bank Sinarmas. Masukan rekening tujuan transfer dengan Kode Prefix (85) + No HP Penarik Tunai. Selanjutnya, Bank Sinarmas akan mengirimkan SMS berisi kode tarik tunai ke No HP Penarik Tunai.

Baca juga : Tips Cerdas Mengendalikan Pemakaian Kartu Kredit

• Kemudian, Anda harus mendatangi mesin ATM Bank Sinarmas, tekan tombol kanan atas, pilih menu "Tarik Tunai Tanpa Kartu" dan masukkan kode tarik tunai dan nominal penarikan.

• Bank Sinarmas akan mengirimkan SMS berisi kode OTP ke No HP Penarik Tunai untuk diinput di mesin ATM. Setelah itu, mesin ATM mengeluarkan uang tunai. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 14, 2019, 5:07 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.