Jenis-Jenis Sumber Biaya Pendidikan Anak

Jenis-Jenis Sumber Biaya Pendidikan Anak

Sudahkah Anda sebagai orangtua menyiapkan biaya pendidikan untuk sang buah hati? Jika belum, segeralah memikirkan dan memilih jenis dana pendidikan anak seperti apa yang diinginkan. Satu hal yang harus diingat adalah biaya pendidikan setiap tahun terus naik. Jadi, Anda harus bergerak cepat menyiapkannya agar buah hati Anda bisa mendapatkan fasilitas terbaik untuk pendidikannya.

Berbicara mengenai biaya dalam pendidikan, tentu tidak akan terlepas dari adanya inflasi biaya pendidikan. Lembaga keuangan Jiwasraya menyebut angka kenaikan inflasi pada sektor pendidikan ini mencapai 10-15 persen. Oleh karena itu, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengestimasi berapa kebutuhan biaya pendidikan anak di masa mendatang.

Baca juga : Pilih Mana: Tabungan atau Asuransi Pendidikan?

Langkah selanjutnya adalah memilih produk keuangan apa yang bisa digunakan sebagai sumber dana tersebut. Saat ini banyak jenis produk dana pendidikan anak yang menjamin biaya pendidikan anak mulai dari tabungan, asuransi, hingga investasi.

Ada beragam jenis produk keuangan yang bisa Anda pilih untuk menjamin biaya pendidikan anak di antaranya:

• Tabungan Konvensional

Tabungan kovensional ini lebih mudah dan paling banyak digunakan orang karena dianggap bisa memberikan kepastian, keamanan, dan dapat ditarik kapan pun dibutuhkan. Namun, Anda harus lebih giat lagi menabung karena nilai bunga yang diberikan jauh lebih kecil dibandingkan inflasi biaya pendidikan.

• Tabungan Pendidikan


Tabungan pendidikan adalah produk tabungan berjangka yang biasanya berdurasi dua tahun ke atas, di mana Anda harus menyetorkan dana setiap bulan hingga jatuh tempo. Biasanya ditambahkan manfaat fitur asuransi jiwa, jadi tabungan akan terus tersetor meskipun orangtua meninggal dunia.

• Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah sebuah produk asuransi yang mana sebagai pemilik polis, Anda memiliki kewajiban untuk membayar premi yang nantinya akan digunakan sebagai jaminan biaya pendidikan untuk anak Anda (pihak terjamin) sekaligus berguna layaknya asuransi jiwa bagi anak Anda.

• Investasi Reksa Dana

Reksa dana pendapatan tetap bisa menjadi pilihan investasi yang tepat untuk menjaminan biaya pendidikan anak. Reksa dana pendapatan tetap adalah reksa dana yang menempatkan portofolio investasi pada instrumen obligasi, baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun swasta, sehingga memiliki pertumbuhan yang cukup stabil dalam 1-2 tahun.

• Deposito


Deposito bisa menjadi salah satu pilihan sebagai tabungan pendidikan anak. Sebab, tidak bisa dicairkan sesuka Anda dan bunganya cukup bagus dibanding tabungan konvensional biasa. Hampir sama dengan menabung, deposito adalah menyimpan uang di bank, tetapi bunganya lebih besar sekitar 6 persen per tahun.

Hanya saja bank mensyaratkan jumlah minimal untuk bisa membuka deposito antara Rp8.000.000-Rp10.000.000. Uang yang didepositokan tak bisa ditarik untuk jangka waktu tertentu, 1 bulan, 3 bulan atau 12 bulan. Dana deposito bisa digunakan untuk kebutuhan jangka pendek seperti uang les.

• Investasi Emas

Kenapa emas menjadi salah satu pilihan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak? Banyak pakar finansial berpendapat bahwa selama beberapa dekade terakhir, harga emas mengalami kenaikan yang relatif stabil, mencapai 8–15 persen per tahun.

Sementara itu, rata-rata kenaikan biaya pendidikan sekolah di setiap jenjang juga mengalami kenaikan di kisaran 10-15 persen per tahun. Dengan kenaikan yang hampir sama, menabung emas tentu bisa menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika sedang mempersiapkan biaya pendidikan anak.

Baca juga : Bagaimana Pengelolaan Keuangan Keluarga yang Ideal?

Setelah mengetahui jenis-jenis sumber biaya pendidikan anak, Anda bisa mulai membandingkan produk pendidikan anak yang menguntungkan. kemudian, Anda langsung memilh produk mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan keluarga


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 9, 2019, 4:22 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.