Bagaimana Cara Pengelolaan Keuangan Menjelang Pensiun?

Bagaimana Cara Pengelolaan Keuangan Menjelang Pensiun?

Anda tentu ingin masa tua nanti menyenangkan. Menikmati hari-hari bermain bersama anak dan cucu tanpa harus merepotkan. Anda juga pasti menginginkan dapat menikmati penghasilan seumur hidup untuk memelihara kesejahteraan diri sendiri dan keluarga, tanpa membebani anak cucu dan orang lain.

Semua harapan itu bisa Anda realisasikan, asalkan memiliki perencanaan dan pengelolaan keuangan menjelang pensiun yang matang. Selain itu, rencana dan pengelolaan keuangan itu juga harus dimulai dari sekarang. Ingat, jangan pernah lalai atau menunda untuk memulai itu semua.

Baca juga : Idealnya, Siapkan Dana Pensiun Sejak Anda Mulai Bekerja

Bagaimana caranya? Anda tidak perlu khawatir, berikut ini duitologi.com telah merangkum berbagai langkah yang bisa Anda lakukan untuk pengelolaan keuangan menjelang pensiun nanti.

1. Evaluasi Rencana dan Pengelolaan Keuangan 


Anda perlu melakukan melihat kembali dan evaluasi terhadap rencana pengelolaan keuangan yang Anda buat. Pastikan segala kebutuhan pokok menjadi utama untuk dipenuhi, kemudian baru kebutuhan sekunder dan tersier.

Baca juga : Mau Dapat Uang Tambahan dengan Cepat? Lakukan Cara-Cara Sederhana ini

Dalam pemenuhan kebutuhan pokok, jangan lupa juga Anda harus menerapkan gaya hidup sehat seperti pola makan yang sehat. Kurangi Kurangi jajan makanan yang kurang sehat misalnya yang banyak tepung, banyak minyak, banyak gula dan perenyah makanan. Mulai saat ini, Anda perlu mengendalikan diri untuk membeli pakaian yang mengikuti tren. Perlu kurangi biaya untuk hal-hal yang berbau gengsi.

Kalau membeli rumah pertama untuk ditempati sendiri, pilihlah di lokasi yang baik dan segera memikirkan biaya perawatannya. Dalam membeli kendaraan pula perlu memikirkan yang efektif dan efisien, hemat biaya operasional, dan rendah penyusutannya.

2. Tabungan Jangka Pendek dan Menengah

Apabila rencana menguliahkan atau menikahkan anak, Anda Anda bisa mengambil instrumen tabungan jangka pendek dan menengah. Untuk menikahkan anak, memang setiap orangtua pasti ingin membuat anak bahagia dengan menggelar pesta meriah. Namun perlu diingat, pernikahan anak harus disesuaikan dengan kondisi keuangan, tidak perlu mewah sehingga menghabiskan tabungan yang dicadangkan untuk masa tua.

Sumber penghasilan dan berapa penghasilan yang bisa digunakan juga perlu dilihat satu persatu. Misalnya bunga tabungan, kupon obligasi, hasil bulanan dari usaha riil atau menyewakan aset. Pokok tabungan, obligasi, dan modal usaha sedapat mungkin tidak dicairkan untuk menutup kebutuhan kecuali bila memang belum punya tabungan uang, maka tabungan barang atau aset bisa dialihkan menjadi tabungan uang di bank.

3. Kendalikan Pengeluaran


Harus diakui bahwa mengendalikan pengeluaran tidaklah mudah. Namun, untuk mencapai kekebasan finansial di masa tua nanti, mau tidak mau Anda harus melakukan pengelolaan keuangan dengan mengendalikan pengeluaran agar lebih kecil dari penghasilan. Ada baiknya bila pengeluaran dibatasi maksimum hanya 60 persen dari penghasilan agar nanti setelah tidak bekerja lagi penghasilan dari tabungan bisa mencukupi untuk menutup biaya masa tua, bahkan bisa untuk berekreasi bersama keluarga.

4. Antisipasi Kebutuhan Mendadak

Anda juga harus mengantisipasi kebutuhan besar yang mendadak seperti sakit atau musibah lain. Untuk memenuhi kebutuhan mendadak ini, Anda juga harus menyiapkan dana darurat dalam pengelolaan keuangan menjelang pensiun. Hal ini sangat penting, karena saat lansia nanti berbagai masalah kesehatan bisa saja datang dan membutuhkan biaya perawatan.

5. Mengatur Portofolio Tabungan dan Investasi

Variasi portofolio tabungan dan investasi perlu diatur mana yang untuk jangka pendek, menengah, dan panjang. Tabungan jangka pendek bisa disimpan dalam bentuk deposito, logam mulia, dan obligasi ritel (ORI). Tabungan jangka menengah bisa berupa surat utang negara (SUN), obligasi negara, atau reksa dana. Tabungan dan investasi jangka panjang bisa berupa tanah dan bangunan, reksa dana, saham, asuransi, dana pensiun.

Baca juga : Cara Terbaik untuk Mengelola Dana Pensiun

Dengan perencanaan dan pengelolaan keuangan menjelang pensiun, maka kehidupan Anda dan keluarga akan semakin berkualitas. Di masa pensiun nanti, Anda akan bisa menikmati kehidupan dengan tenang dan nyaman tanpa ketakutan harus menyusahkan anak dan cucu. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 9, 2019, 11:18 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.