5 Sumber Keuangan Mandiri Saat Lansia

5 Sumber Keuangan Mandiri Saat Lansia

Setiap orangtua pasti ingin menjalani kehidupan yang aman dan nyaman saat memasuki lansia. Salah satu faktor untuk menjalani masa tua yang nyaman adalah memiliki sumber keuangan mandiri. Tidak tergantung pada bantuan anak-anak, saudara, warisan, atau bantuan lain. 

Banyak rupa sumber keuangan mandiri bagi Anda sebagai seorang pensiunan. Sumber tersebut bisa berupa tabungan uang, hasil menyewakan atau menjual aset, maupun tabungan barang yang dimiliki, investasi di pasar modal, investasi riil, dari santunan asuransi, dan manfaat pensiun dari dana pensiun.

1. Tabungan Uang di Bank

Setiap tabungan yang disimpan di bank pasti akan mendapatkan imbalan berupa bunga. Sayangnya, nilai bunga yang diberikan bank umumnya lebih rendah dari tingkat inflasi. Namun, bila menabung uang di rumah punya risiko yang lebih besar lagi seperti kehilangan dan rentan dicuri. Jadi menyimpan uang di bank akan lebih aman dibandingkan di rumah.

Memiliki tabungan di bank saat ini bisa menjadi sebuah keharusan. Pasalnya, pada usia pra-pensiun Anda perlu lebih disiplin menjaga tabungan dan mengendalikan keinginan agar tabungan terus berkembang dan tidak terganggu.

Baca juga : Memahami Siklus Keuangan Masa Lansia dengan Dana Pensiun

Tidak masalah jika seluruh uang ditabungkan. Namun akan lebih baik jika sebagian uang tabungan diinvestasikan pada produk investasi yang likuid dan memberikan peningkatan nilai keuangan yang lebih besar. Contohnya seperti obligasi atau surat utang negara (SUN) termasuk obligasi ritel (ORI).

2. Investasi Sektor Riil


Investasi sektor riil merupakan sektor yang berhubungan langsung dengan kegiatan ekonomi. Investasi bisa berupa berdagang, bertani atau berternak, memproduksi barang, atau usaha berbagai jasa. Menarik memang, tetapi tidak semua orang memiliki bakat, minat, atau komitmen untuk menjalankan investasi riil ini hingga dapat menghasilkan keuntungan.

Apabila pada usia 50 tahun Anda sudah memiliki usaha yang berhasil, maka Anda bisa meneruskan dan nantinya bisa menjadi sumber penghasilan di masa tua. Sebaliknya, jika pada usia 50 tahun Anda baru mulai berinvestasi di sektor riil, maka Anda perlu mengevaluasi diri mengenai kesenangan, bakat, pengetahuan, pengalaman, dan jejaring yang dimiliki tentang bisnis yang akan ditekuni.

3. Investasi Surat Berharga di Pasar Modal

Investasi di pasar modal bisa menjadi alternatif memperoleh sumber keuangan mandiri saat lansia. Investasi surat berharga di pasar modal bisa dalam bentuk saham, reksa dana, dan obligasi atau sukuk. Sedangkan investasi di pasar uang yang umum dipilih masyarakat adalah deposito.

Investasi berbasis saham seperti reksa dana memang memiliki risiko yang cukup tinggi sehingga perlu keahlian khusus dan kesabaran karena ini merupakan investasi jangka panjang. Apabila Anda adalah seorang pemula di bidang pasar modal, disarankan agar Anda berinvestasi dalam bentuk deposito, obligasi atau surat utang negara, dan reksa dana terproteksi atau pendapatan tetap.

Baca juga : Mau Berinvestasi? Ini Lima Pilihan Investasi Jangka Panjang untuk Masa Depan

Investasi di pasar modal adalah investasi keuangan jangka menengah dan panjang sehingga hanya uang atau tabungan untuk jangka panjang yang layak diinvestasikan di pasar modal. Anda sangat disarankan untuk belajar dari orang yang memang ahli berinvestasi di bidang pasar modal.

4. Asuransi yang Bisa Diklaim Setelah Usia Tertentu


Beberapa produk asuransi juga dapat memberikan Anda manfaat uang pada usia tertentu yang dapat diterima sekaligus berupa jaminan hari tua atau asuransi unit link yang disertai investasi di reksa dana. Namun, untuk mendapatkan manfaat asuransi sekaligus diperlukan keterampilan dan kedisiplinan untuk mengelola uang agar tidak cepat habis.

5. Dana Pensiun dari Lembaga Pensiun

Dana pensiun adalah penghasilan masa tua yang Anda peroleh dari dana pensiun. Melalui kepesertaan dana pensiun, Anda harus disiplin membayar iuran secara rutin selama masih aktif bekerja. Pada saat pensiun akan menerima manfaat pensiun yang dibayarkan secara bulanan atau sekaligus, atau secara sekaligus dan bulanan.

Kepesertaan dana pensiun merupakan alternatif untuk mewujudkan kondisi keuangan masa tua yang mandiri dan lebih sejahtera karena akan memberikan dampak positif. Dampak tersebut berupa meringankan beban pengeluaran untuk pemenuhan kebutuhan dasar, memelihara kesejahteraan agar dapat hidup wajar, dan menciptakan suasana aman dan tenang.

Baca juga : Berapa Dana Pensiun yang Dibutuhkan? Ini Simulasinya

Nah, apakah Anda sudah paham mengenai sumber keuangan mandiri saat lansia nanti? Sekarang saatnya Anda memilih dan menyiapkan sumber keuangan mandiri mana yang akan Anda ambil. Siapkan semuanya dari sekarang, agar masa lansia Anda bisa nyaman tanpa tergantung anak-anak, saudara, atau warisan. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 6, 2019, 3:56 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.