Mengenal Jenis dan Manfaat Asuransi Kesehatan

Mengenal Jenis dan Manfaat Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan Anda. Bukan hanya mempermudah proses pengobatan dan perawatan ketika sakit, asuransi kesehatan juga memberikan perlindungan bagi kondisi keuangan keluarga Anda. 

Asuransi kesehatan merupakan jenis produk asuransi yang memberikan perlindungan atau proteksi atas resiko hilangnya sumber finansial dikarenakan kondisi tertanggung yang mengalami suatu penyakit, kecelakaan atau karena ketidakmampuan.

Baca juga : Pendapatan Premi Asuransi Umum Tumbuh 19 Persen di Kuartal I 2019

Secara umum, asuransi kesehatan yang ada di Indonesia bisa dibagi menjadi beberapa jenis yang didasari pada kriteria.

1. Kepemilikan Badan Penyelenggara

Ada dua jenis asuransi kesehatan yang kriterianya berdasarkan kepemilikan badan penyelenggara, yaitu asuransi kesehatan pemerintah dan asuransi kesehatan swasta. Asuransi kesehatan pemerintah, yaitu produk asuransi kesehatan yang dikelola pemerintah seperti BPJS Kesehatan. Sedangkan asuransi kesehatan swasta adalah asuransi kesehatan yang dikelola oleh suatu badan swasta.

2. Jenis Perawatan

Asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatan terbagi atas dua jenis, yaitu asuransi kesehatan rawat inap (in-patient treatment). Asuransi kesehatan ini membiayai perawatan untuk pasien yang akan menginap di rumah sakit alias opname.

Sementara asuransi kesehatan rawat jalan (out-patient treatment) adalah asuransi kesehatan yang membiayai perawatan pasien berupa pelayanan medis seperti diagnosis, cek laboratorium, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya yang tidak mengharuskan pasien untuk tinggal (opname) di rumah sakit.

3. Kepesertaan


Berdasarkan keikutsertaan, asuransi kesehatan juga terdiri dari dua jenis, yaitu asuransi kesehatan yang bersifat wajib dan bersifat sukarela. Pada asuransi kesehatan wajib, setiap orang diwajibkan untuk melakukan pembelian dan pembayaran asuransi dan mengikuti aturan tertentu.

Berbeda dengan asuransi kesehatan secara sukarela, di mana setiap orang memiliki kebebasan untuk memilih asuransi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, tanpa terikat suatu aturan perusahaan atau organisasi.

4. Biaya yang Ditanggung

Jenis asuransi kesehatan juga bisa dilihat dari sisi biaya yang ditanggung. Ada dua jenis asuransi kesehatan, yaitu tanggungan total dan tanggungan tinggi saja. Pada asuransi tanggungan total, asuransi kesehatan akan menanggung seluruh jenis pelayanan kesehatan mulai dari pengobatan, pemulihan, pencegahan, rawat inap maupun rawat jalan. Klaim asuransi akan disesuaikan dengan yang tertera dalam polis asuransi.

Baca juga : Hai Wanita, Lindungi Dirimu dengan Asuransi Kesehatan

Sementara jenis asuransi kesehatan tanggungan tinggi saja, perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya yang tergolong besar dan tidak akan menanggung biaya-biaya rawat jalan kecil seperti pemeriksaan, diagnosis, pengobatan, dan lainnya.

5. Pihak yang Ditanggung

Dilihat dari pihak yang ditanggung, asuransi kesehatan terdiri dari dua jenis, yakni personal dan kelompok. Asuransi kesehatan personal akan menanggung biaya atau memberikan perlindungan kesehatan pada satu orang saja atau pribadi, sesuai dengan syarat yang berlaku dalam polis asuransi.

Pada asuransi kesehatan kelompok, asuransi ini akan memberikan perlindungan kesehatan pada kelompok tertentu, seperti anggota keluarga atau perusahaan seusia dengan dengan syarat dan ketentuan polis yang biasanya dihitung berdasarkan jumlah karyawan atau anggota keluarga yang jadi tanggungan.

6. Cara Klaim Asuransi


Secara umum, ada dua bentuk jenis klaim asuransi kesehatan yang berlaku di hampir setiap perusahaan asuransi, yaitu reimbursement dan cashless. Pada asuransi kesehatan dengan sistem reimbursement, pihak asuransi mengharuskan Anda untuk menanggung biaya pengobatan terlebih dahulu. Kemudian biaya tersebut akan diklaim ke perusahaan asuransi kesehatan untuk diganti dengan melampirkan bukti pembayaran.

Baca juga : Sudah Punya BPJS Kesehatan, Masih Perlukah Asuransi Kesehatan?

Berbeda dengan klaim asuransi kesehatan sistem cashless. Jenis asuransi kesehatan ini yang banyak digunakan perusahaan asuransi. Klaim asuransi cashless hanya perlu menunjukkan kartu anggota asuransi ke rumah sakit, di mana Anda dirawat untuk membayar biaya pengobatan sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati seluruh pihak.

Dengan memahami jenis dan manfaat asuransi kesehatan, Anda bisa mengetahui sangat penting untuk melindungi diri dari masalah kesehatan. Selain rugi secara fisik, masalah kesehatan juga akan mempengaruhi kondisi keuangan keluarga Anda. Jadi, banyak manfaat yang bisa didapat dengan memiliki asuransi kesehatan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Aug. 2, 2019, 5:28 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.