Bagaimana Cara Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan?

Bagaimana Cara Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan yang wajib dimiliki setiap karyawan. Pada umumnya, setiap karyawan, termasuk Anda memiliki satu kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Namun, ada kasus di mana seorang karyawan baru pindah ke tempat kerja yang baru dan mendapat kartu BPJS Ketenagakerjaan yang baru pula.

Kondisi itu membuat Anda memiliki dua kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Satu dari kantor baru berstatus aktif dan satu kartu lagi dari kantor yang lama berstatus tidak aktif. Bagaimana dengan saldonya?

Baca juga : Apa Bedanya Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan?

Ada solusi amalgamasi yang bisa dilakukan untuk menggabungkan saldo dari kedua kartu BPJS Ketenagakerjaan. Amalgamasi ini bisa dilakukan bila salah satu kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda masih aktif alias Anda masih bekerja. Untuk melakukan penggabungan saldo BPJS Ketenagakerjaan caranya pun cukup mudah.

Syarat Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan


Namun, sebelum membahas mengenai cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan tersebut, Anda perlu mengetahui apa saja ketentuan dan syarat untuk bisa melakukan penggabungan saldo atau amalgamasi.

Ketentuan untuk menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan dari perusahaan lama ke perusahaan baru adalah sebagai berikut:

1. Anda memiliki paklaring untuk setiap kartu jamsostek dari perusahaan lama sebelumnya.

2. Kartu BPJS Ketenagakerjaan sudah dalam keadaan tidak aktif.

Baca juga : Sudah Punya BPJS Kesehatan, Masih Perlukah Asuransi Kesehatan?

Sedangkan syarat yang harus siapkan untuk proses menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan antara lain:

1. Siapkan seluruh kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang akan digabungkan saldonya (amalgamasi).

2. Fotokopi kartu BPJS Ketenagakerjaan.

2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

3. Surat keterangan telah berhenti bekerja dari perusahaan sebelumnya (paklaring).

Cara Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan


Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengurus penggabungan saldo (amalgamasi) BPJS Ketenagakerjaan.

1. Jika semua berkas tersebut sudah siap, langkah selanjutnya adalah meminta bantuan human resources development (HRD) perusahaan yang baru untuk mengurus proses penggabungan saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan menyertakaan persyaratan yang sudah disiapkan.

2. Anda bisa mengurusnya sendiri ke kantor cabang terdaftar dari kepersertaan yang masih aktif. Jangan lupa membawa membawa persyaratan-persyaratan yang telah dipersiapkan. Pihak BPJS Ketenagakerjaan akan membantu Anda menggabungkan saldo dari perusahaan lama Anda ke perusahaan baru.

Keuntungan Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan