Cashlez Siap Meluncurkan Payment on Delivery pada Tahun ini

Cashlez Siap Meluncurkan Payment on Delivery pada Tahun ini

Dalam sistem transaksi pembelian barang atau produk dikenal dengan skema pembayaran cash on delivery (COD) atau metode pembayaran di mana Anda bisa membayar pesanan secara tunai pada saat pesanan tiba di tujuan. Namun, perusahaan payment gateway Cashlez berencana meluncurkan sistem pembayaran baru yang dinamakan payment on delivery (POD).

Skema pembayaran ini diklaim akan lebih aman dibandingkan COD, di mana ketika barang terkirim, maka kurir akan menerima pembayaran menggunakan sistem e-payment. Selain aman, kurir juga akan bisa menjaga uang pembayaran dengan lebih baik dan uanganya bisa langsung masuk ke rekening bank, tanpa harus diendapkan di tangan kurir terlebih dahulu.

“Saat ini kita juga menggalakkan POD (payment on delivery). Kita sedang meng-introduce kepada major-major player untuk mengekplore POD. Kita sudah eksplore ke berbagai vendor, tetapi dalam tahun ini konsep POD ini bisa diluncurkan,” kata Chief Executive Officer (CEO) Cashlez Teddy Tee saat penandatanganan kerja sama Cashlez dan Informa di Gandaria City, Jakarta (23/7/2019).

Baca juga : Transaksi Digital Cashlez Naik 200 Persen di Semester I 2019

Untuk merealisasikan sistem POD tersebut, Cashlez juga telah bersinergi dengan bank-bank sebagai partner untuk memberi kemudahan bagi konsumen dalam sisi pembayaran. Dengan banyaknya channel dan partner diharapkan bisa semakin memperluas jaringan sistem pembayaran cashless.

Segala inovasi yang dilakukan Cashlez ini merupakan salah satu bentuk untuk mendukung program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNTT) dari Bank Indonesia (BI). Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai, diharapkan secara berangsur-angsur terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrumen non-tunai, khususnya dalam melakukan transaksi atas kegiatan ekonominya.


Salah satu upaya untuk menyosialisasikan penggunaan non-tunai dalam bertranskasi, Cashlez terus menjalin kerja sama dengan berbagai perbankan dan retail seperti Informa. Kerja sama ini menghadirkan mobile cashier, di mana transaksi pembelian dan pembayaran bisa langsung dilakukan dengan menggunakan tablet yang dilengkapi dengan aplikasi Cashlez dan Cashlez Reader.

Marketing Director Kawan Lama Group Nana Puspa Dewi menuturkan, kerja sama antara Informa dan Cashlez ini dilakukan dalam rangka mewujudkan komitmen untuk memudahkan penerimaan pembayaran non-tunai, sekaligus mendukung program GNNT (Gerakan Nasional Non-Tunai) yang dicanangkan pemerintah.

“Kehadiran Mobile Cashier sekaligus memperkuat komitmen Cashlez dan Informa dalam mengurangi penggunaan kertas (paperless), sehingga setiap pelanggan akan mendapatkan struk pembelian langsung melalui email (e-receipt),” ucap Marketing Director Kawan Lama Group Nana Puspa Dewi.

Baca juga : Tren QR Code Payment Membuat Transaksi Semakin Mudah

Teddy memandang, kemitraan Cashlez dan Informa ini akan memberikan kemudahan dan efisiensi pembayaran melalui penggunaan kartu kredit, kartu debit, dan digital payments. “Kemitraan ini sebagai sebuah sinergi antara fintech, bank partner dan retail dalam rangka efisiensi penerimaan non-tunai di Indonesia,” ucapnya.

Kemintraan ini juga bisa menjadi sarana financial inclusion bagi masyarakat untuk memahami kemudahan dan keuntungan melakukan transaksi non-tunai. Hal itu sesuai dengan misi Cashlez sebagai perusahaan fintech yang terus mengembangkan platform transaksi non-tunai guna mempermudah sistem pembayaran. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 26, 2019, 10:41 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.