Danamon Dukung IBRM dalam Layanan Financial Supply Chain

Danamon Dukung IBRM dalam Layanan Financial Supply Chain

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) melalui lini bisnis Transaction Banking (TB) mengumumkan kerja sama layanan Financial Supply Chain (FSC) dengan PT Istana Bandung Raya Motor (IBRM – Honda Bandung Center), salah satu perusahaan dealer mobil Honda terbesar di Indonesia. Danamon akan membantu IBRM dalam mengelola kepastian pembayaran dari dealer secara aman, menjamin perputaran dana yang optimal dan menyediakan informasi yang penting guna mendukung kelancaran bisnis.

Transaction Banking Head Bank Danamon Andrew Suhandinata mengatakan, Bank Danamon memiliki komitmen yang kuat dalam memberi layanan perbankan bagi nasabahnya dan membantu pengembangan usaha. Kerja sama ini merupakan wujud komitmen Bank Danamon untuk menyediakan produk perbankan yang menjawab kebutuhan nasabah dalam pengembangan usaha, dalam hal ini adalah Dealer Financing.

“Layanan ini juga bukti kesiapan Danamon dalam melayani perusahaan nasional maupun multinasional serta mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia. Kami senang dan berterima kasih kepada IBRM atas kepercayaannya terhadap Danamon untuk mendukung pengelolaan Financial Supply Chain perusahaan,” ujar Andrew dalam rilis yang diterima duitologi.com (19/7/2019).

Baca juga : Lebih Mudah Akses Perbankan dengan IDEAL RAPID

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama IBRM Ang Kok Bin menjelaskan, kerja sama IBRM dengan Bank Danamon diharapkan dapat mendukung para mitra bisnisnya, yaitu para dealer. Dengan layanan Financial Supply Chain Danamon akan membantu operasional bisnis menjadi lebih baik.

“Kami yakin fasilitas pinjaman dengan fleksibilitas yang ditawarkan layanan Financial Supply Chain Danamon dapat membantu mitra usaha kami dalam mengelola keuangan dan kegiatan operasional mereka dengan lebih baik. Kemitraan dengan Danamon memperkuat langkah IBRM untuk terus maju dan berkembang bersama partner kami,” jelas Ang Kok Bin.

Melalui layanan Financial Supply Chain Danamon, IBRM memperoleh banyak keuntungan, di antaranya pengalihan risiko piutang ke bank, mengurangi collection pembayaran secara langsung, dan tidak perlu meminta jaminan kepada dealer.


Sedangkan bagi dealer, keuntungan yang didapat adalah persyaratan jaminan yang lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman konvensional, serta metode pembayaran kembali yang lebih fleksibel. Sejumlah 15 dealer IBRM di Indonesia akan dapat menikmati manfaat ini.

IBRM sendiri merupakan satu dari lima dealer terbesar mobil Honda di Indonesia dan merupakan dealer utama mobil merek Honda di kawasan Jawa Barat dan Banten, dengan pengalaman lebih dari 36 tahun di Indonesia. Melalui kemitraan dengan IBRM, Danamon semakin memperkuat posisinya sebagai penyedia solusi keuangan bagi pelaku bisnis di industri dealer mobil di Indonesia.

Apa itu Financial Supply Chain (FSC)?

Investopedia.com menjelaskan, Financial Supply Chain (FSC) adalah serangkaian proses bisnis dan pembiayaan berbasis teknologi yang menghubungkan berbagai pihak dalam transaksi antara pembeli, penjual, dan lembaga pembiayaan untuk menurunkan biaya keuangan dan meningkatkan efisiensi bisnis. Pembiayaan rantai pasokan menyediakan kredit jangka pendek yang mengoptimalkan modal kerja untuk pembeli dan penjual.

FSC menggunakan solusi bisnis yang mengoptimalkan modal kerja dan menyediakan likuiditas bagi bisnis. Di bawah SCF, pemasok menjual faktur atau piutang mereka dengan diskon kepada bank atau penyedia jasa keuangan lainnya, yang sering disebut faktor.

Baca juga : D-Bank Registration, Layanan Perbankan Digital dari Bank Danamon

Sebagai imbalannya, pemasok mendapatkan akses yang lebih cepat ke uang yang mereka miliki, memungkinkan mereka menggunakannya untuk modal kerja, sementara pembeli umumnya mendapatkan lebih banyak waktu untuk membayar. Alih-alih mengandalkan kelayakan kredit dari pemasok, bank berurusan dengan pembeli.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 23, 2019, 5:02 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.