6 Tips Berburu Cicilan Kredit Mobil di Pameran GIIAS 2019

6 Tips Berburu Cicilan Kredit Mobil di Pameran GIIAS 2019

Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Jakarta 2019 baru saja dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 18 Juli 2019. Pameran otomotif terbesar ini berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan mulai 18-28 Juli 2019.

Bagi Anda yang berniat memiliki mobil dengan cara kredit, event GIIAS 2019 ini menjadi tempat yang tepat untuk didatangi. Pasalnya, banyak perusahaan finansial yang ikut serta dalam gelaran otomotif ini. Salah satunya adalah Astra Financial yang menggandeng enam lembaga jasa keuangan (LJK), yaitu PermataBank, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, FIF Group, dan Astra Life.

Baca juga : Astra Financial Sinergikan 6 Lembaga Jasa Keuangan di GIIAS 2019

Dalam pameran otomotif bergengsi tersebut, perusahaan finansial berlomba memberi penawaran menarik bagi pengunjung yang ingin memiliki kendaraan dengan cara kredit. Namun perlu diingat, Anda tetap harus teliti untuk memilih kredit mobil mana yang harus dipilih.

Bagaimana caranya? Berikut ini enam tips berburu cicilan kredit mobil di event GIIAS Jakarta 2019.

1. Mendatangi Booth Perusahaan Finansial

Di pameran GIIAS 2019, ada banyak booth jasa finansial yang bisa Anda kunjungi. Datangi satu persatu dan mintalah brosur skema kredit mobil lengkap dengan cicilan dan jangka waktu pelunasannya. Jangan takut banyak bertanya mengenai berbagai hal terkait promo yang ditawarkan perusahaan tersebut. 

Sebagai sponsor utama, Astra Financial di GIIAS Jakarta 2019 menghadirkan program bunga dan biaya administrasi spesial. TAF dan ACC menghadirkan program bunga spesial mulai dari nol persen dan kesempatan mendapatkan hadiah langsung untuk setiap surat pemesanan kendaraan (SPK). Untuk pembiayaan sepeda motor, FIF Group juga menghadirkan program berupa bunga nol dan down payment (DP) mulai dari 20 persen serta hemat angsuran hingga Rp3.500.000.

2. Pilih Mobil Baru Sesuai Kebutuhan


Setelah menyimak dan mendapatkan informasi skema kredit, saatnya Anda mencari mobil atau motor yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda di GIIAS Jakarta 2019. Sebab di pameran ini, agen tunggal pemegang merek (ATPM) menampilkan line up produk terbaru mereka.

Dalam memilih mobil, ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan. Misalnya, apa yang Anda cari dari mobil baru yang akan dibeli? Apakah Anda mencari mobil yang akan bisa membawa keluarga jalan-jalan dengan nyaman? Apakah Anda mencari mobil bergengsi yang dapat mengangkat reputasi di depan kolega dan rekan bisnis? Atau, mungkin Anda sedang mencari mobil yang cocok dengan gaya hidup sporty?

3. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Perhatikan pula kemampuan finansial atau bujet yang tersedia untuk membeli mobil incaran tersebut. Bujet ini otomatis akan mempersempit lagi ragam mobil yang akan Anda beli. Jika Anda berencana membeli mobil dengan cara kredit, perhatikan saldo di rekening tabungan yang akan digunakan sebagai uang muka atau (DP). Kemudian bandingkan dengan harga mobil yang diincar.

Baca juga : Dilema, Penting Pilih Punya Rumah atau Mobil Dulu?

Umumnya, lembaga pembiayaan atau bank yang menyediakan kredit kendaraan bermotor (KKB) akan mensyaratkan DP minimal 20 persen dari harga mobil. Jika uang yang Anda miliki mencukupi persyaratan tersebut, artinya mobil impian masih masuk dalam bujet.

4. Siapkan Down Payment Lebih dari Ketentuan Minimal

Setelah itu, saatnya menyiapkan DP. Meskipun ketentuan Bank Indonesia (BI) mensyaratkan minimal DP kredit mobil sebesar 20 persen, namun akan lebih baik jika kamu dapat menyiapkan DP lebih besar dari ketentuan tersebut. Ini berguna agar cicilan yang perlu Anda bayar setiap bulan lebih ringan.

Selain DP, Anda juga perlu menyiapkan beberapa biaya lainnya seperti angsuran bulan pertama, premi asuransi, dan biaya administrasi. Seluruh komponen tersebut besar kecilnya sangat bervariasi. Anda bisa menanyakan hal itu pada masing-masing sales lembaga pembiayaan dan bank yang menawarkan KKB.

5. Pilih Asuransi Mobil Terpercaya


Tidak kalah penting adalah ketika Anda membeli mobil secara kredit, sertakan pula dengan perlindungan mobil dari risiko pengeluaran yang tinggi akibat kecelakaan. Agar lebih tenang, Anda perlu melindungi mobil dengan asuransi mobil dari perusahaan asuransi terpercaya. Salah satu asuransi mobil yang bisa Anda pertimbangkan ialah asuransi kendaraan comprehensive.

6. Hitung Simulasi Cicilan

Langkah selanjutnya adalah melakukan simulasi cicilan bulanan bersama sales kredit mobil. Dalam simulasi ini, Anda bisa memperkirakan sisa kredit setelah mengurangi harga mobil dengan DP dan biaya-biaya. Jangan lupa, masukkan tenor kredit untuk mengetahui jumlah cicilan yang perlu dibayar setiap bulan. Masa tenor ini juga menentukan total kredit yang akan dibayar pada bank atau lembaga pembiayaan (leasing).

Semakin lama tenor yang Anda pilih, maka cicilan setiap bulan memang terlihat murah dan ringan. Namun, nilai total kredit yang perlu Anda bayar di akhir periode kredit sebenarnya semakin besar. Ketika memilih tenor dan cicilan yang perlu dibayar setiap bulan, pastikan cicilan tersebut tidak lebih dari 30 persen penghasilan agar kondisi finansial tetap aman.

Baca juga : Kenali Istilah-istilah dalam Simulasi Kredit Mobil Sebelum Membeli

Dengan mengikuti tips cicilan kredit mobil dan motor di atas, maka Anda bisa menemukan jenis mobil, lembaga keuangan, dan besaran cicilan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Bagaimana, sudah siap berburu mobil dan kredit mobil terbaik di pameran GIIAS Jakarta 2019. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 22, 2019, 5:04 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.