Tiket Pesawat Murah Dorong Bisnis Asuransi Perjalanan

Tiket Pesawat Murah Dorong Bisnis Asuransi Perjalanan

Keputusan Pemerintah untuk menurunkan harga tiket pesawat penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) untuk penerbangan domestik pada 11 Juli 2019. Kebijakan ini seakan menjawab kegundahan konsumen akan mahalnya tiket pesawat yang memberi dampak luas.

Ketua Bidang Statistik, Riset, Analisa TI & Aktuaria Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Trinita Situmeang mengakui, harga tiket pesawat yang mahal tidak hanya berpengaruh pada lini bisnis penerbangan. Dampaknya juga dirasakan pada sektor bisnis asuransi seperti asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi liability. “Tiket yang mahal, permintaan juga ikut menurun yang berpengaruh pada premi asuransi,” katanya.

Oleh karena itu, adanya keputusan menurunkan tiket pesawat ini disambut baik pelaku bisnis, khususnya industri asuransi umum. Salah satunya adalah PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) yang menganggap keputusan pemerintah tersebut  akan berdampak pada pertumbuhan asuransi perjalanan.

Baca juga : 7 Fakta Menarik Seputar Asuransi Perjalanan

Chief Executive Officer Adira Insurance Julian Noor mengatakan, adanya keputusan itu, Adira Insurance yang memiliki produk asuransi perjalanan optimistis akan semakin meningkatkan portofolio bisnis. Walaupun tren asuransi perjalanan semakin membaik, namun rencana ini akan menjadi peluang untuk lebih meningkatkan pertumbuhan asuransi perjalanan.

Data Adira Insurance per Mei 2019 menunjukkan, asuransi perjalanan Adira Insurance mengalami pertumbuhan sebesar 14 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2018. “Kami yakin tren ini akan semakin meningkat sejalan dengan efektifnya rencana pemerintah terhadap LCC,” kata Julian.


Keputusan Pemerintah itu diprediksi akan memberikan dampak pada produk asuransi yang dimiliki Adira Insurance, yaitu Travellin. Produk asuransi perjalanan ini memberikan perlindungan bagi para nasabah di antaranya yaitu santunan kecelakaan, sakit, ataupun cidera yang terjadi dalam perjalanan.

Tidak hanya itu, nasabah juga dapat memperoleh manfaat akibat ketidaknyamanan dalam perjalanan berupa santunan akibat pembatalan, pengurangan, dan penundaan perjalanan serta keterlambatan perjalanan lanjutan dan pembajakan pesawat terbang. Travellin juga memberikan perlindungan jika terjadi keterlambatan kedatangan bagasi, kehilangan atau kerusakan barang bagasi, kehilangan barang pribadi, dan kehilangan dokumen perjalanan.

Baca juga : Ini Pilihan dan Ragam Manfaat dari Asuransi Perjalanan

Produk asuransi perjalanan ini akan memberikan berbagai kemudahan serta memberikan jaminan ketenangan bagi nasabah dan keluarga saat bepergian. Perlindungan Travellin sangat luas, mulai dari berangkat dari tempat tinggal, selama perjalanan di moda transportasi apapun, tidak hanya pesawat, sampai tiba kembali di tempat asal.

Fasilitas yang ditawarkan Travellin ini adalah nasabah akan dapat memperoleh kemudahan layanan klaim 24 jam. Selain itu, metode pembayaran premi asuransi juga mudah bisa dilakukan melalui e-commerce.  Travellin juga menerapkan e-policy, di mana para nasabah Adira Insurance akan mendapatkan polis langsung secara online sehingga memudahkan segala proses untuk mendapatkan perlindungan dari asuransi perjalanan.

Dengan pemberlakukan LCC ini, asuransi perjalanan jangan sampai dilupakan agar tenang saat perjalanan. “Karena manfaat yang dirasakan sangat banyak, sebagai contoh ketika pelanggan kehilangan bagasi di bandara, maka Pelanggan akan memperoleh penggantian biaya kerugian akibat kehilangan tersebut,” terang Julian.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 18, 2019, 2:28 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.