Libur Sekolah Selesai, Saatnya Siapkan SimPel

Libur Sekolah Selesai, Saatnya Siapkan SimPel

Salah satu pendidikan yang baik bagi anak-anak sekolah adalah menabung. Dengan menabung, anak-anak belajar mengelola keuangan dari sejak dini. Produk SimPel (Simpanan Pelajar) merupakan produk tabungan yang tepat untuk segmen anak sekolah mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Madrasah (MI, MTs, MA) atau sederajat.

Tabungan ini  diterbitkan secara nasional oleh bank konvensional dan bank syariah di Indonesia dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik. Kemudahan yang diberikan itu dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

Apa Manfaat dan Kemudahan SimPel?

Simpel merupakan bentuk upaya dari pemerintah untuk Memberi edukasi keuangan tentang produk tabungan. Selain itu, melalui SimPel diharapkan dapat mendorong budaya gemar menabung dan melatih pengelolaan keuangan sejak dini.

Banyak kemudahan dari tabungan ini.  Melalui SimPel, Siswa dapat memiliki tabungan atas nama sendiri. Setoran awal ringannya pun sangat ringan dengan setoran lanjutan yang minimal. Siswa yang sudah memiliki rekening SimPel, tidak dikenakan biaya administrasi rekening. 

Fasilitas yang diberikan pada tabungan ini, yaitu siswa SMP sampai SMA atau sederajat bisa langsung mendapatkan fasilitas kartu debit yang dapat digunakan siswa untuk transaksi di jaringan ATM dan transaksi belanja di toko-toko yang menggunakan mesin EDC. Bahkan, siswa juga bisa menggunakan fasilitas digital banking seperti SMS banking.

Baca juga : Mengenal SimPel, Tabungan Anak untuk Mendorong Budaya Menabung


Tren Simpanan Pelajar (SimPel)

Sejak pertama kali diluncurkan pada 14 Juni 2015 oleh Presiden Joko Widodo, kinerja produk Simpanan Pelajar (SimPel) menunjukkan pertumbuhan positif. Hal ini tercermin dari kenaikan jumlah rekening dan total saldo pada triwulan pertama 2019.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah rekening pada triwulan pertama 2019 sebanyak 17.230.208 nasabah. Jumlah rekening SimPel itu naik sebesar 56,76 persen year over year (yoy) dari 10.990.889 pada triwulan pertama 2018. Begitu pula dengan total saldo produk Simpanan Pelajar yang juga naik signifikan 154,98 persen yoy menjadi Rp6,40 triliun dari Rp2,51 triliun pada triwulan pertama 2018. 

Kenaikan tersebut didorong dari pertumbuhan jumlah bank peserta dan jumlah sekolah yang terlibat. Jumlah bank penyelenggara program SimPel pada 2019 sebanyak 314 bank atau tumbuh 12,14 persen yoy dari triwulan pertama 2018 yang jumlahnya mencapai 280 bank. Begitu juga dengan jumlah sekolah yang naik 54,17 persen yoy menjadi 330.475 sekolah dari 214.354 sekolah pada triwulan pertama 2018.

Baca juga : Siapkan Dana Pendidikan Anak dengan Tabungan

Dengan pertumbuhan yang positif tersebut, diharapkan adanya perkembangan budaya menabung melalui SimPel dan mendorong terwujudnya kepemilikan rekening bagi seluruh pelajar di Indonesia melalui program One Student One Account. Para pelajar juga diharapkan dapat mengelola keuangan sejak dini dan merencanakan masa depannya sehingga berdampak positif dalam mendukung tingkat inklusi keuangan yang ditargetkan 75 persen akhir 2019.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 16, 2019, 4:03 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.