Ini 4 Fakta Penting Aplikasi Pembayaran LinkAja

Ini 4 Fakta Penting Aplikasi Pembayaran LinkAja

Tren gaya hidup cashless menjadikan penggunaan uang elektronik sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Belum lama ini, aplikasi LinkAja dihadirkan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam memenuhi kebutuhan transaksi pembayaran.

Aplikasi ini dikelola perusahaan financial technology (fintech) bernama PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) yang merupakan sinergi dari tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ketujuh BUMN tersebut adalah yaitu PT Telkomsel, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Nasional Indonesia(Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero) dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Lalu apa sebenarnya LinkAja? Berikut beberapa empat fakta penting soal aplikasi terbaru ini.

1. Aplikasi LinkAja

LinkAja adalah produk teknologi finansial (fintech) sinergi besutan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Telkomsel, dan Pertamina. Dalam praktiknya, LinkAja merupakan peleburan dari layanan-layanan uang digital bank-bank BUMN seperti e-cash (Bank Mandiri), yap! dan UnikQu (BNI), Tbank (BRI), dan T-Cash (Telkomsel).

Pendirian LinkAja merupakan bagian dari perwujudan program cashless society yang diusung pemerintah dalam Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT). Secara khusus LinkAja dibentuk untuk menyediakan layanan yang lebih efisien dan efektif.

Layanan yang diberikan aplikasi LinkAja beragam. Berikut ini kegunaan dan manfaat LinkAja sebagai alat pembayaran non-tunai.

Pembayaran merchant dan e-commerce

Pembayaran aplikasi LinkAja menggunakan QR code di merchant offline. Selain QR code, pembayaran LinkAja juga bisa menggunakan personal identification number (PIN), dan teknologi one time password (OTP) untuk pembayaran e-commerce.

Baca juga : Riset Snapcart: Mayoritas Uang THR Dibelanjakan Lewat E-Commerce

Pembayaran tagihan

Aplikasi LinkAja digunakan untuk pembayaran berbagai macam tagihan seperti tagihan listrik, PDAM, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, internet, dan belanja online.

• Kirim dan terima saldo

Pengguna aplikasi ini bisa melakukan aktivitas pengiriman dan penerimaan saldo LinkAja dengan mudah melalui daftar kontak atau scan QR.

• Layanan transaksi lainnya

LinkAja juga melayani berbagai kebutuhan lain seperti membeli beli pulsa, data internet, token listrik, voucher games, donasi, dan pembelian lainnya.


2. Peluncuran Aplikasi LinkAja

Layanan aplikasi LinkAja ini diluncurkan di Plaza Tenggara, Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta (30/6/2019). Launching layanan financial technology (fintech) besutan tujuh BUMN ini sebenarnya telah direncanakan sejak jauh-jauh hari. Namun, terus mengalami kemunduran karena berbagai alasan.

Acara peluncuran yang diresmikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini dihadiri sekitar 15.000 orang direksi dan karyawan perusahaan dari tujuh BUMN. Kehadiran LinkAja sebagai dompet digital (e-wallet) buah karya beberapa perusahaan pelat merah ini disambut optimistis guna mendukung program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT).

3. Cara Pakai Aplikasi LinkAja

Aplikasi LinkAja sudah tersedia dan bisa diunduh di smartphone berbasis Android dan iOS. Setelah diunduh, pengguna akan diminta memasukkan nomor telepon, menulis data diri. Bagi Anda yang sudah menggunakan aplikasi T-Cash, e-cash, UnikQu, dan Tbank tetap harus mengunduh dan mendaftar untuk membuat akun LinkAja.

Catatan pentingnya adalah, mereka harus mendaftar dengan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan pada T-Cash, e-cash, UnikQu, dan Tbank agar saldo di aplikasi lama bisa ditransfer ke aplikasi LinkAja.

4. Pengisian Saldo LinkAja

Untuk melakukan pengisian saldo, Anda bisa melakukan top up LinkAja melalui rekening Bank (ATM Himbara, mobile banking, atau internet banking), Alfamart, Alfamidi, Circle K, Dan+Dan, FamilyMart, GraPARI, Indomaret, Kantorpos, Mitra LinkAja (MiLa) dan Suzuya.

Baca juga : Generasi Boleh Milenial, Tapi Keuangan Jangan Bokek

Itulah empat fakta menarik dari aplikasi pembayaran digital terbaru LinkAja. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu membawa uang tunai lagi. Cukup bertransaksi keuangan lebih cepat, aman, dan mudah.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 10, 2019, 9:40 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.