7 Kebutuhan yang Wajib Ada dalam Perencanaan Keuangan

7 Kebutuhan yang Wajib Ada dalam Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan menjadi aktivitas individu atau keluarga yang perlu dilakukan agar mencapai kehidupan yang bermanfaat. Kunci utama dalam perencanaan keuangan adalah proses mengelola penghasilan yang harus seimbang dengan pengeluaran.

Dengan membuat perencanaan keuangan yang baik, maka Anda akan mengetahui kebutuhan apa saja yang ingin dicapai dalam jangka waktu pendek, menengah, dan panjang. Namun sebenarnya, secara umum ada beberapa kebutuhan yang harus masuk dalam perencanaan keuangan. Berikut ini tujuh kebutuhan yang wajib ada dalam perencanaan keuangan individu atau keluarga Anda.

1. Menyiapkan Dana Pernikahan

Mempersiapkan biaya pernikahan memang bukan perkara mudah. Perlu perencanaan yang benar-benar matang agar pada akhirnya tidak malah nombok. Apalagi, sekarang ini biaya pernikahan yang cukup mewah tidaklah murah. Faktanya, banyak orang mengundurkan waktu pernikahan karena biaya yang terkumpul belum cukup untuk memenuhi total anggaran yang dibutuhkan. Bila Anda dan pasangan sudah bekerja, sisihkan pendapatan bulanan masing-masing dan gabungkan. Kombinasikan juga aset berupa kas, simpanan, maupun investasi.

2. Menyiapkan Dana Pembelian Mobil

Menyiapkan anggaran untuk membeli kendaraan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Banyak orang melakukannya dengan menabung. Sayangnya, butuh waktu lama jika mengandalkan uang tabungan. Pilihan lainnya dengan memanfaatkan kredit kepemilikan kendaraan. Namun, tetap saja membutuhkan uang muka atau down payment (DP).

Nah, yang bisa Anda lakukan adalah mengombinasikan keduanya, yaitu uang tabungan dan kredit kepemilikan kendaraan. Caranya, uang tabungan Anda tersebut bisa digunakan sebagai uang muka. Selanjutnya, Anda membayar dengan cara mencicil setiap bulan.


3. Menyiapkan Dana Membeli Rumah

Rumah menjadi bagian penting dari tujuan hidup. Anda tidak akan selamanya tinggal bersama orangtua. Suatu saat, Anda akan memiliki keluarga sendiri sehingga Anda akan membutuhkan rumah untuk menaungi keluarga kecil Anda.

Perencanaan keuangan yang bisa Anda lakukan untuk memiliki rumah tidak jauh berbeda dengan cara menyiapkan dana membeli kendaraan. Menabung dan kredit kepemilikan rumah (KPR) bisa Anda kombinasikan. Bahkan sekaran Anda bisa memilih rumah bersubsidi sehingga harganya relatif lebih terjangkau.

4. Menyiapkan Dana Kelahiran Anak

Setelah Anda menikah, jangan lupa untuk segera menyiapkan dana kelahiran anak. Pasalnya, biaya kelahiran berbeda-beda antara persalinan secara normal dan caesar. Biaya persalinan secara normal tentu lebih murah dibandingkan dengan caesar yang harganya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Jadi, dana kelahiran anak ini disiapkan sedari awal agar terhindar dari kesulitan pembayaran biaya persalinan.

5. Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Tidak kalah penting dari menyiapkan dana persalinan adalah bekal dana pendidikan anak. sudah bukan rahasia umum, setiap tahun biaya pendidikan anak terus naik. Jika tidak disiapkan dari sekarang, bisa saja nanti Anda akan mengalami masalah.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk menyiapkan perencanaan keuangan pendidikan anak ini. Pertama adalah cara konvesional seperti tabungan. Kedua, Anda bisa memanfaatkan investasi emas yang punya tingkat risiko kerugian yang lebih kecil.

Ketiga adalah deposito agar uang yang Anda miliki bisa diputar ke berbagai instrumen investasi lain agar memperoleh pengembalian keuntungan yang besar. Cara ketiga adalah dengan ikut dalam asuransi pendidikan. Dengan asuransi ini, setiap bulan Anda bisa mencicil dana yang diperuntukkan bagi pendidikan anak. Besarannya bisanya pun dapat disesuaikan dengan kesanggupan keuangan Anda. 


6. Menyiapkan Dana Ibadah Haji

Apabila Anda memiliki niat mulia untuk pergi haji, maka Anda bisa menyiapkan dana dari sekarang. Pasalnya, dana pergi haji tidak kecil dan sehingga harus rencanakan jauh jauh hari. Saat ini, perbankan khususnya bank syariah telah memiliki produk tabungan haji dan umroh. Anda bisa memanfaat produk perbankan tersebut dengan membuka rekening tabungan

7. Menyiapkan Dana Pensiun

Tidak ada orang termasuk Anda ketika saat lansia mengalami kesulitan finansial dan menggantungan pada anak. Untuk itu, menyiapkan dana pensiun menjadi sangat penting agar hidup nyaman dan terhindar dari ketergantungan.

Saat ini, sudah ada program Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan. Namun selain BPJS, Anda juga dapat menyisihkan penghasilan untuk dana pensiun. Anda bisa ikut dalam program dana pensiun di bank, investasi jangka panjang, atau asuransi.

Dengan mengetahui kebutuhan dalam kehidupan yang perlu masuk dalam perencanaan keuangan individu atau keluarga, Anda bisa menikmati kehidupan yang lebih  berkualitas. Hal yang perlu Anda ingat, bahwa ketujuh kebutuhan itu haruslah disusun skala prioritas yang sesuai dengan tujuan hidup Anda. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 8, 2019, 3:31 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.