Ini Peringkat Bank Umum Nasional Terbaik 2019

Ini Peringkat Bank Umum Nasional Terbaik 2019

Sebanyak 20 bank umum nasional terpilih menjadi bank terbaik 2019 versi Majalah Investor. Penetapan bank-bank terbaik tersebut setelah lolos seleksi awal dan unggul dalam tahap pemeringkatan berdasarkan pengelompokkan modal inti. Setiap kelompok ditetapkan tiga bank terbaik.

Pada kelompok modal inti di atas Rp30 triliun atau Bank Buku IV, PT Bank Central Asia Tbk menempati posisi teratas. Disusul PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk pada posisi kedua dan ketiga. Untuk kelompok Bank Buku III dengan modal inti antara Rp5 triliun sampai Rp30 triliun, predikat terbaik diraih PT Bank Mega Tbk, PT Bank ICBC NISP Tbk, dan PT Bank BTPN Tbk.

Baca juga : Fitur BCA Keyboard, Kemudahan Transaksi Sambil Chatting

Sementara pada kelompok modal inti antara Rp1 triliun sampai Rp5 triliun atau Bank Buku II, bank terbaik pertama diraih PT Bank Mandiri Taspen. Di posisi kedua dan ketiga diraih PT BSI Indonesia dan PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. Sementara bank kelompok modal inti di bawah Rp1 triliun, penghargaan hanya diberikan pada dua bank, yakni PT Bank Fama International, dan PT Bank Kesejahteraan Ekonomi.

Satu pemenang ditiadakan karena tersangkut persoalan hukum yang dalam proses penyelesaian. Sementara kandidat lain menurut pertimbangan juri tidak ditetapkan jadi pemenang karena mengalami kinerja negatif pada beberapa indikator.


Pada kategori bank pembangunan daerah (BPD) terbagi atas kelompok modal inti yang sama. Pada kelompok BPD Buku III dengan modal inti Rp5 triliun sampai Rp30 Triliun, penghargaan diberikan untuk PT Bank Jawa Tengah, PT Bank Jawa Timur Tbk, dan PT Bank DKI.

Selanjutnya, PT Bank Jambi, PT Bank Kalimantan Tengah, dan PT Bank Sulselbar meraih penghargaan untuk BPD Buku II yang memiliki modal inti Rp1 triliun sampai Rp 5 Triliun. Sedangkan penghargaan untuk kelompok BPD Buku I dengan modal inti di bawah Rp1 triliun diberikan pada PT Bank Sulawesi Tenggara, PT Bank Sulawesi Tengah, dan PT Bank Lampung.

Baca juga : Mudahkan Transaksi Nasabah, BRI Luncurkan Aplikasi Credit Card Mobile

Menurut Ketua Dewan Juri Zulkifli Zaini, secara umum kinerja bank yang jadi pemenang memang layak mendapat apresiasi. Persoalan terkini dari perbankan nasional adalah posisi LDR (loan to deposit ratio) yang cenderung meningkat.

“LDR menjadi tantangan perbankan saat ini. Tetapi bank-bank yang berhasil menjadi yang terbaik di kelasnya sudah terseleksi, karena umumnya punya posisi LDR yang cukup baik,” ujar Zulkifli yang juga Ketua Ikatan Bankir Indonesia pada acara Anugerah Best Bank 2019 di Balai Kartini, Jakarta (28/6/2019).