Cukupkah Waktu 2 Bulan untuk Kumpulkan Dana Kurban? Ini Tipsnya

Cukupkah Waktu 2 Bulan untuk Kumpulkan Dana Kurban? Ini Tipsnya

Setelah hari raya Idulfitri, dua bulan kemudian umat Muslim akan merayakan Iduladha. Hari raya yang dikenal dengan kegiatan berkurban ini akan jatuh pada 11 Agustus 2019. Bagi orang yang memiliki kemampuan finansial biasanya akan membeli kambing, sapi atau kerbau sebagai hewan kurban.

Namun, bagaimana jika Anda berniat berkurban, sedangkan uang belum terkumpul dan waktu yang tersisa tinggal dua bulan lagi? Memang sebaiknya niat baik berkurban direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Caranya dengan menabung setiap bulannya. Hal itu mengingat harga hewan kurban setiap tahun semakin mahal. Sebagai contoh, harga hewan kurban jenis kambing ukuran sedang bisa lebih dari Rp2.000.000.

Baca juga : Jangan Terlalu Pelit untuk 3 Pengeluaran Ini agar Hidup Lebih Positif

Kembali ke niat baik untuk berkurban tersebut, waktu dua bulan terhitung sangat mepet untuk mengumpulkan dana kurban. Namun, bukan berarti tidak ada jalan keluarnya. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan niat berkurban dalam waktu dua bulan.

1. Menabung

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menabung. Mulai bulan ini hingga dua bulan ke depan, Anda harus menyisihkan sebagian penghasilan bulanan untuk tabungan kurban. Apabila gaji Anda mencapai Rp5.000.000, maka sisihkanlah sekitar 10 persen atau Rp500.000 setiap bulannya. Dalam waktu dua bulan, Anda akan mampu mengumpulkan uang sebesar Rp1.000.000.

2. Hidup Hemat

Jika harga hewan kurban yang ingin Anda beli sekitar Rp1.000.000 dan hitungan tabungan selama dua bulan bisa tercapai Rp1.000.000, maka Anda masih membutuhkan dana sekitar Rp1.000.000. Untuk menutupi kekurangan tersebut, Anda harus menerapkan gaya hidup hemat. Ingat, hemat bukan berarti pelit. Terpenting adalah jangan mengorbankan kebutuhan utama bulanan Anda untuk menutupi kekurangan dana kurban ini. 


Cara yang bisa dilakukan dengan mengubah atau membatasi gaya hidup yang bersifat konsumtif. Jika seminggu sekali Anda hangout di kafe untuk sekadar ngopi dan menghabiskan uang sekitar Rp200.000, maka gaya hidup itu bisa dikurang menjadi dua minggu sekali. Artinya, ada dana sisanya sebesar Rp400.000 sebulan. Selama dua bulan, Anda bisa mengumpulkan tambahan dana sebanyak Rp800.000.

3. Kurangi Jajan dan Makan di Luar

Dengan uang hasil menabung dan hidup hemat di atas, dalam waktu dua bulan Anda sudah bisa mengumpulkan dana sebanyak Rp1.800.000. Tinggal selangkah lagi atau sisa Rp200.000 untuk menggenapi  dana membeli hewan kurban. Nah, kekurangan itu bisa Anda tutupi dengan sedikit berhemat agar membatasi jajan atau makan di luar terlalu sering.

Baca juga : Jangan Takut Bersedekah Selama Bulan Ramadan

Memang pada awalnya untuk mengurangi jajan atau makan di luar agak sulit karena bisa dipengaruhi teman-teman kantor. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi jajan atau makan di luar dengan memasak sendiri dan membawa bekal dari rumah.

4. Menerima Pekerjaan Sampingan

Salah satu yang bisa Anda lakukan guna menutupi kekurangan dana hewan kurban adalah “menjual” keahlian dan hobi Anda untuk mendatangkan uang. Misal Anda senang fotografi, maka tawarkan saja jasa Anda untuk jasa foto prewedding, wedding, atau foto aktivitas lainnya kepada orang lain. Apapun kegemaran Anda, pastikan untuk diasah terus sehingga bisa menjadi lahan uang ekstra.

Nah, itu beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan uang minimal Rp2.000.000 dalam waktu dua bulan untuk berkurban. Dana kurban tersebut bisa Anda dapat asal tips di atas dijalankan konsisten.  


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 27, 2019, 3:20 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.