Sun Life dan Bank Muamalat Jalin Kerja Sama Bancassurance Syariah

Sun Life dan Bank Muamalat Jalin Kerja Sama Bancassurance Syariah

Minat masyarakat menggunakan produk syariah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Melihat kondisi tersebut, perusahaan perencana keuangan keluarga PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) berkomitmen untuk turut terus menghadirkan layanan dan produk berbasis syariah. Untuk memperkuat layanan dan produk syariah tersebut, Sun Life menjalin kemitraan strategis dengan PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia Elin Waty mengatakan, upaya menghadirkan layanan dan produk berbasis syariah itu karena adanya kebutuhan dari masyarakat. “Kolaborasi ini sekaligus menegaskan konsistensi Sun Life dalam menghadirkan solusi asuransi berbasis syariah yang terjangkau dan memberi manfaat lebih bagi masyarakat,” katanya dalam rilis yang diterima duitologi.com (20/6/2019).

Baca juga : CIMB Niaga Luncurkan Kartu Kredit Co-Brand untuk Travelling

Dalam beberapa tahun terakhir ini, sektor syariah menjadi sektor bisnis yang krusial dan terus menunjukkan tren yang positif. Bahkan produk syariah mampu menyumbang sekitar 9 persen dari total premi Sun Life secara keseluruhan. Kemitraan dengan pionir bank berbasis syariah di Indonesia dianggap sebagai langkah penting dalam upaya meningkatkan akses bagi masyarakat terhadap layanan produk asuransi syariah Sun Life.

Sementara itu, Chief Executive Officer PT Bank Muamalat Indonesia Achmad Kusna Permana menjelaskan, kemitraan bancassurance dengan Sun Life memperkuat posisi Bank Muamalat dalam menghadirkan pilihan layanan dan produk keuangan berbasis syariah terbaik bagi para nasabah. “Kami percaya melalui kerja sama ini semakin banyak masyarakat di Indonesia yang dapat meraih berbagai manfaat dan keunggulan yang ditawarkan produk asuransi perbankan berbasis syariah,” jelasnya.


Kemitraan Sun Life dan Bank Muamalat Indonesia ini akan memberikan solusi perencanaan keuangan berbasis syariah melalui jalur distribusi yang paling sesuai dengan kebutuhan nasabah. Kerja sama ini mencakup di antaranya penempatan Tenaga Pemasar Asuransi Sun Life di cabang-cabang Bank Muamalat Indonesia (in-branch), telemarketing dan melalui e-banking. Produk-produk yang dipasarkan termasuk single premium unit link, regular premium unit link, term life, dan micro insurance yang akan dipasarkan melalui distribusi e-banking.

Untuk tahap awal kerja sama ini, Sun Life dalam waktu dekat akan meluncurkan produk unit link yang akan dilengkapi dengan fitur wakaf. Kehadiran produk ini akan menjawab kebutuhan nasabah akan proteksi dan perencanaan keuangan yang lebih baik, sekaligus memenuhi kebutuhan nasabah dalam beribadah khususnya dalam berwakaf.

Peluang Industri Keuangan Syariah

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, potensi industri keuangan berbasis syariah di Indonesia masih sangat besar. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks literasi keuangan syariah pada 2016 baru mencapai angka 8,16 persen .

Meski demikian, data Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menunjukkan peningkatan penetrasi asuransi jiwa syariah selama 2018, meski masih di bawah 5 persen. Artinya, potensi industri asuransi syariah untuk bertumbuh dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi bangsa masih sangat besar.

Baca juga : BNI Syariah Tingkatkan Inklusi Keuangan Syariah Lewat Industri 4.0

Untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan penetrasi keuangan syariah di tanah air, Sun Life berkolaborasi dengan Bank Muamalat dalam menghadirkan kemudahan bagi masyarakat untuk menjangkau produk asuransi syariah melalui jalur distribusi bancassurance


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 25, 2019, 10:13 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.