Lupa Nomor Rekening? Coba Lakukan 5 Tips Sederhana Ini

Lupa Nomor Rekening? Coba Lakukan 5 Tips Sederhana Ini

“Mau transfer nih, berapa nomor rekeningnya?” Pertanyaan sering terjadi pada Anda saat kolega ingin mentransfer sejumlah uang. Memang menghafal 10-13 angka nomor rekening. Bagi Anda yang kerap bertransaksi, mengetahui nomor rekening tabungan sendiri menjadi keharusan. Apalagi jika transaksi seperti transfer dilakukan secara rutin.

Memang ada baiknya Anda mencatat nomor rekening Anda ke dalam kontak handphone Anda, tulis saja nama kontak “Rek Saya”. Namun, bagi beberapa orang menyimpan di phone book juga dirasakan tidak aman.

Baca juga : Ingin Punya Tabungan Digital? Ini Pilihan dan Keunggulannya

Jika Anda yang tidak mudah menghafal dan tidak sempat menyimpan nomor rekening tabungan dan ternyata lupa nomor rekening Anda sendiri, berikut ada lima tips yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nomor rekening Anda.

1. Buka Buku Tabungan


Ketika Anda membuka tabungan, tentu pihak bank akan memberikan bukti catatan setoran seperti buku tabungan. Buku tabungan merupakan suatu fasilitas yang diberikan bank kepada nasabah untuk mencatat transaksi yang dilakukan oleh nasabah.

Untuk mengetahui nomor rekening tabungan Anda bisa membuka cover buku tabungan, pada bagian halaman paling depan nomor rekening Anda tercatat dengan jelas. Namun sayangnya, buku tabungan ini tidak selalu dibawa kemana pun Anda pergi. Tidak mungkin pula saat dibutuhkan Anda harus pulang rumah terlebih dahulu. Maka dari itu, ada baiknya Anda juga perlu memfoto nomor rekening Anda yang ada di buku tabungan.

2. Cek Melalui ATM 


Selain memberikan buku tabungan, fasilitas lain yang akan diberikan pihak bank adalah kartu debet atau ATM. Apabila lupa nomor rekening tabungan, Anda bisa mengetahuinya melalui mesin ATM. Caranya mencari nomor rekening melalui ATM adalah dengan memasukkan kartu ATM terlebih dahulu kemudian masukan nomor PIN. Selanjutnya pilihlah Menu Mutasi Rekening, maka di layar tersebut akan tertulis nomor rekening Anda.

Baca juga : 7 Cara Cerdas Mengelola Tabungan

Mutasi Rekening merupakan sebuah tampilan laporan yang berisi mengenai rincian transaksi terakhir yang Anda lakukan. Biasanya jika Anda membukanya melalui internet banking Anda bisa melihat rincian transaksi hingga 1 bulan terakhir, tergantung ketentuan bank di mana Anda membuka rekening.

3. Cek Internet Banking


Apabila saat membuka tabungan, biasanya pihak bank akan menawarkan penggunaan fasilitas internet banking. Ada baiknya Anda memanfaatkan kemudahan fasilitas tersebut. Selain digunakan untuk kegiatan transaksi, internet banking juga bisa menjadi solusi untuk Anda yang sering lupa nomor rekening. Pasalnya, pada saat melakukan login akan ada informasi mengenai nomor rekening Anda pada bagian mutasi rekening.

4. Tanya Call Center