Jangan Langsung Tergiur, Pahami dan Kenali Baik-baik Pinjaman Online

Jangan Langsung Tergiur, Pahami dan Kenali Baik-baik Pinjaman Online

Kemajuan teknologi mendorong banyak kemudahan untuk mengakses kebutuhan. Kini terdapat banyak sekali alternatif solusi pinjaman bagi nasabah yang membutuhkan dana cepat. Salah satunya adalah pinjaman online. Namun, seperti apa sebenarnya pinjaman online ini?

Pinjaman online adalah fasilitas pinjaman uang yang disediakan penyedia jasa keuangan dengan sistem operasi secara online dengan bantuan teknologi informasi atau fintech. Salah satu ciri dari penyedia pinjaman online ini mampu mencairkan dana secara cepat tanpa menggunakan jaminan apapun.

Baca juga : Waspadai Tawaran Pinjaman Uang dengan Proses Cepat

Kemudahan itulah yang membuat banyak orang tertarik menggunakan jasa pinjaman online. Orang-orang tidak perlu lagi mendatangi bank dan mengajukan permohonan untuk mendapatkan pinjaman. Pemohon kredit dapat mengirimkan syarat secara online dengan mengakses website fintech, transaksi keuangan seperti pinjaman hingga transfer dana dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Jenis Pinjaman Online

Sama halnya dengan pinjaman lain, pinjaman online juga memiliki beberapa macam jenis. Umumnya, jenis pinjaman ini dibedakan atas jumlah pinjaman, tenor (jangka waktu pinjaman), suku bunga, agunan, dan tujuan pembiayaan. Untuk mengenal lebih jauh mengenai jenis pinjaman online ini, berikut ulasannya:

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Dengan begitu, tidak adanya jaminan yang harus diberikan Anda untuk menjamin pinjaman tersebut.


2. Kredit Karyawan

Pinjaman karyawan adalah produk yang dirancang khusus bagi karyawan yang aktif bekerja di sebuah instansi, perusahaan, badan usaha maupun lembaga. Syarat utama pinjaman ini di antaranya SK Pengangkatan PNS atau pegawai tetap, rekomendasi pejabat atau atasan yang berwenang, dan slip gaji.

3. Kredit Kendaraan

Jenis kredit ini ditujukan bagi orang yang ingin memiliki kendaraan baik mobil maupun motor dengan mengajukan pinjaman secara online. Umumnya, syarat pinjaman ini mengharuskan adanya dokumen slip gaji, memiliki rumah tinggal sendiri, dan uang muka (down payment) sesuai ketentuan perusahaan penyedia pinjaman online.

Baca juga : 4 Hal Seputar Pinjaman KTA yang Perlu Diketahui

4. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

KPR merupakan fasilitas pinjaman bagi nasabah yang ingin membeli rumah dengan cara mencicil. Sejumlah fintech yang bekerja sama dengan bank juga telah menyediakan fasilitas KPR online.

5. Pinjaman Usaha

Pinjaman usaha adalah penyediaan dana dalam jumlah tertentu untuk mendukung tujuan usaha. Kredit ini diberikan berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam yang mewajibkan peminjam untuk melunasi pinjaman dalam waktu tertentu beserta pembayaran bunga dan biaya lainnya.


Tips Mengajukan Pinjaman Online

Mengajukan pinjaman online memang sangat mudah. Namun perlu diingat, jangan sampai kemudahan tersebut justru membuat Anda terjerat kasus penipuan yang banyak terjadi. Untuk itu, sebelum mengajukan pinjaman online, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

1. Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan berapa kebutuhan Anda.  Jika sudah mengetahui kebutuhan, Anda bisa menghindari meminjam uang secara berlebihan.

2. Sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam membayar cicilan. Pastikan cicilan pinjaman tidak memberatkan keuangan apalagi sampai membuat Anda menunggak cicilan.

Baca juga : Cara-Cara Ampuh Agar Bebas dari Utang Pinjaman

3. Sebelum memilih aplikasi pinjaman online, lakukan perbandingan minimal dengan tiga aplikasi lainnya. Pilih yang paling menguntungkan Anda misalnya bunga paling murah, pencairan paling cepat dan syarat paling mudah.

4. Selalu pastikan penyedia pinjaman online yang Anda gunakan resmi dan terdaftar di OJK.

Dengan mengetahui dan memahami jenis dan cara mengajukan pinjaman online, Anda bisa mengenal penyedia pinjaman online yang aman. Semua itu bertujuan agar Anda mendapatkan penawaran terbaik dan terhindar dari kesalahan akibat tidak mempersiapkan diri dengan baik.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 13, 2019, 2:40 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.