Mau Cepat Kaya? Terapkan Hal Sederhana ini dalam Hidup

Mau Cepat Kaya? Terapkan Hal Sederhana ini dalam Hidup

Hidup bahagia, bebas dari utang, dan kaya adalah impian semua orang. Namun, mempunyai banyak uang dan menjadi kaya raya memang tidak semudah yang dibayangkan. Memang tidak ada cara yang instan untuk mencapai semua itu. Tahap demi tahap, langkah demi langkah memang perlu dilakukan dalam proses yang berkelanjutan.

Sama halnya dengan mengumpulkan kekayaan. Biasanya, jatuh bangun beberapa kali mesti dialami oleh seseorang sebelum akhirnya ia berhasil menapaki puncak kesuksesannya. Seperti peribahasa “bersakit-sakit dahulu baru bersenang-senang”. Faktanya, akan ada banyak perjuangan, keringat dan air mata yang harus dialami sebelum akhirnya bisa berbuah manis. Ingat, usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Cara Sederhana agar Bisa Cepat Kaya Raya

Jadi, jangan selalu melihat seseorang saat berhasil, tetapi lihat proses yang dilaluinya. Nah, bersediakah Anda berjuang dan jatuh bangun terlebih dahulu agar bisa lebih cepat menjadi kaya? Jika siap, berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa cepat kaya. Apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Hidup sederhana

Hiduplah secara sederhana. Dengan cara ini akan mengubah pola pikir Anda. Hindari pemborosan dan mulailah berhemat dalam segala hal terutama dalam menggunakan uang. Berhemat, hidup sederhana dan jauh dari foya-foya merupakan sebuah cara agar Anda cepat kaya. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya untuk hal-hal lain yang tidak dangkal dan lebih bermanfaat. Perhatikan saja Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook dan Bill Gates yang merupakan pemilik Microsoft. Mereka justru hidup sederhana dengan gaya yang santun dan simpel.

Baca juga : Ubah Gaya Hidup Agar Sukses dan Kaya Raya di Usia Muda


2. Hindari gengsi

Salah satu penyebab keuangan boros adalah Anda lebih mengutamakan gengsi. Anda tidak mau dipandang orang sebagai “orang susah”. Faktanya, gengsi justru akan semakin menjauhkan Anda dari hidup yang berkecukupan. Justru ini bisa menjadi sumber masalah berawal. Demi menjaga gengsi, banyak orang mengadopsi gaya hidup orang kaya. Padahal, pendapatannya tidak setinggi itu. Semua hanya semata-mata karena tak ingin dipandang sebelah mata.

3. Jangan jadi social climber

Inti dari hal ini adalah menyadari batasan diri. Tidak perlu memaksakan diri untuk masuk ke dalam lingkungan pergaulan kalangan atas, di mana Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk menyeimbangkan dengan kehidupan lingkungan tersebut. Akhirnya, banyak orang terjebak dengan berutang dan menguras limit kartu kredit mereka sampai habis. Jangan korbankan keuangan Anda hanya karena memaksakan diri ingin menjadi social climber.

Baca juga : Bagaimana Tips Melepaskan Diri dari Hedonic Treadmill?

4. Hilangkan biaya yang tidak perlu

Karena sekarang fokus Anda adalah mengumpulkan kekayaan, maka hidup hemat merupakan pilihan cerdas yang bisa Anda ambil. Dalam berhemat dan menghindari pemborosan, Anda perlu cakap menyusun prioritas hidup agar bisa cepat kaya. Dahulukan yang paling penting dan hakiki. Hilangkan hal-hal lain yang tidak perlu dan tidak penting. Contohnya, mengunjungi kumpul di kafe mewah dan restoran mahal setiap minggu.

5. Jangan malas

Kemalasan merupakan salah satu faktor penting yang menghalangi banyak orang dari pencapaian kesuksesan. Selain tidak boleh malas menghasilkan uang, Anda pun harus rajin dan giat mencari tahu metode yang paling tepat untuk berhemat.


6. Jangan anggap remeh uang receh

Mungkin Anda sering mengabaikan koin kembalian berupa recehan. Ingat, uang tetaplah uang, meski pun yang paling kecil nominalnya. Mulailah lebih menghargai uang dengan mengumpulkan uang receh yang Anda punya. Banyak orang yang kerap menyepelekan koin recehan mereka. Anggapannya, receh tidak akan berpengaruh besar untuk kondisi finansial mereka. Seperti kata peribahasa “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.”

7. Jangan tunda investasi

Dengan investasi akan membawa Anda lebih cepat kaya ketimbang hura-hura dan foya-foya. Dewasa ini, sudah tersedia banyak opsi untukmu berinvestasi. Bagi kalangan pemula, ada bentuk investasi yang relatif aman, yakni emas dan reksa dana. Anda bisa memilih jenis investasi yang paling sesuai dan cocok dengan kemampuanmu.

Baca juga : Generasi Boleh Milenial, Tapi Keuangan Jangan Bokek

Investasi emas bisa dibilang menguntungkan dan aman mengingat harganya yang pasti naik di setiap tahunnya. Adapun untuk reksadana, dana yang Anda miliki akan dikelola dan diatur oleh manajer investasi yang sudah ahli di bidang investasi. Dengan demikian, investasi ini terbilang menjanjikan dan juga aman.

Itulah cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk bisa mencapai kesuksesan. Hal yang harus diingat, yaitu untuk cepat kaya dan meraih kesuksesan adalah proses yang panjang. Proses jatuh bangun dan gagal adalah jalan yang harus dilalui. Jadi, tetaplah semangat dalam berjuang meraih cita-cita Anda. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 11, 2019, 3:12 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.