5 Tips Hemat untuk Mudik Lebaran (II)

5 Tips Hemat untuk Mudik Lebaran (II)

Apapun akan dilakukan asalkan bisa mudik Lebaran. Bahkan tidak jarang, banyak orang rela berhimpitan di kendaraan umum untuk bisa sampai ke kampung halaman. Namun, mudik Lebaran tidak hanya modal nekat, ada persiapan yang bisa dilakukan agar mudik Lebaran terasa aman dan nyaman.

Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas bahwa terdapat dua tips hemat mudik lebaran yang sebenarnya bisa dilakukan agar mudik terasa aman dan nyaman, yaitu menata anggaran dan hemat dalam berbelanja. Nah, dalam artikel kali ini ada tiga tips hemat mudik lebaran yang bisa Anda terapkan saat akan mudik ke kampung halaman. Apakah itu? Simak tipsnya sebagai berikut.

3. Menyiapkan Uang untuk Saudara

Menyiapkan uang yang akan diberikan pada sanak saudara di kampung merupakan hal yang perlu disiapkan. Ingat, jangan memaksakan diri jika belum memiliki kemampuan lebih. Gunakan kemasan amplop yang menarik, warna-warni, agar saudara Anda yang menerimanya menjadi senang dan gembira.

Baca juga : Sudah Dapat THR, Jangan Lupa Bayar Utang

Jangan lupa juga ketika Anda menukarkan uang baru, jangan sampai di pinggri jalan yang mengenakan selisih atas pertukaran uang. Solusinya, Anda bisa menukarkan uang ke Bank Indonesia, mobil penukaran uang Bank Indonesia, atau di bank-bank resmi.

Selain saudara Anda, jangan dilupakan pula orangtua Anda. Berikan yang terbaik untuk orangtua Anda. Penting untuk diingat, menyenangkan hati orangtua adalah kunci utama perencanaan keuangan. senangnya hati orangtua adalah sumber utama mengalirnya rezeki Anda.

Baca juga : Pilihan Rental Mobil Murah untuk Mudik Lebaran 2019


5. Siapkan Transportasi Terbaik

Transportasi terbaik bukan berarti harus mewah atau mahal, tetapi harus sesuai dengan kondisi keuangan dan kondisi perjalanan. Jika masih menggunakan bus, maka gunakanlah bus. Jika jaraknya jauh dan sempat pesan tiket dari jauh-jauh hari, gunakan transportasi kereta. Jika melawati pulau, maka belilah tiket kapal laut atau pesawat dengan memerhatikan promo tiket murah.

Baca juga : Mengapa di Bulan Ramadan Pengeluaran Lebih Boros? Ini Jawabannya

Pilihlah jalur mudik yang aman dan nyaman. Jika kampung halaman Anda sudah dilewati Tol, maka gunakan jalan bebas hambatan tersebut. Hitung pula pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk membayar tol yang akan dilewati.

3. Persiapan Rumah yang Ditinggalkan

Agar mudik aman dan nyaman, persiapan kebutuhan rumah yang akan ditinggalkan. Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti burung, ikan, kucing, atau anjing, maka Anda bisa menitipkannya pada tempat penitipan hewan. Tentunya menggunakan jasa penitipan hewan perlu disiapkan biaya penitipan selama Anda mudik Lebaran.

Baca juga : Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas untuk Mudik Lebaran

Jangan lupa nyalakan lampu teras atau lampu di posisi tertentu di luar rumah. Nyalakan pula lampu pada ruang tengah atau ruang depan, agar terkesan ada penghuninya. Hal itu untuk mencegah terjadinya risiko kemalingan. Jangan lupa pula menitipkan rumah Anda pada tetangga sebelah rumah Anda. Apabila rumah Anda dijaga sekuriti, maka titipkan rumah Anda pada penjaga komplek tersebut.

Baca juga : Cara Cerdas Berbelanja di Bulan Ramadan

Jika Anda sudah menata keuangan dengan baik dari sisi perencanaan pendapatan, pengeluaran, dan telah menyiapkan segala sesuatunya dengan matang, maka Anda bisa melakukan mudik Lebaran. Demikian tips hemat mudik Lebaran 2019 yang aman dan nyaman. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 22, 2019, 2:37 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.