Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Asuransi Jiwa

Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Asuransi Jiwa

Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja. Mudik menjadi agenda wajib yang harus dilakukan menjelang Lebaran. Banyak cara yang bisa digunakan untuk sampai ke kampung halaman. Bisa menggunakan kendaraan pribadi satau transportasi umum seperti bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat.

Namun, apapun moda trasportasi yang Anda gunakan, menjaga keselamatan dan kenyamanan tetap harus menjadi yang utama. Anda harus ekstra hari-hati dalam perjalanan mudik. Untuk itu, tidak ada salahnya memiliki perlindungan atau proteksi diri dengan memiliki asuransi baik jiwa maupun kecelakaan.

Pentingkah Asuransi Jiwa untuk Mudik?

Mungkin Anda akan berpikir, “Mudik saja hanya sebentar. Kalau beli asuransi biayanya mahal.” Jangan salah, jelang mudik lebaran 2019 ini, banyak perusahaan asuransi menawarkan asuransi mudik dengan harga premi yang sangat terjangkau.

Memberikan perlindungan diri saat mudik adalah satu hal yang penting. Setiap tahunnya, aktivitas mudik selalu memakan korban kecelakaan. Sebaiknya, sebelum melakukan perjalanan ke kampung halaman ada baiknya melengkapi diri dengan perlindungan asuransi. Pasalnya, perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum memiliki risiko kecelakaan yang sama.

Baca juga : 7 Fakta Menarik Seputar Asuransi Perjalanan


Memiliki asuransi saat mudik Lebaran sangat diperlukan apabila Anda belum melindungi diri dari asuransi jiwa. Jika berniat untuk membeli asuransi, Anda bisa membeli asuransi dengan personal accident (PA) yang masa berlakunya mulai dari tujuh hari atau selama mudik.

Namun, bila sebelumnya sudah memiliki asuransi jiwa, maka tida perlu lagi membeli asurasi jiwa saat mudik Lebaran. Anda cukup mengorfirmasi ke perusahaan asuransi apakah polis asuransi jiwa sudah ter-cover beberapa risiko seperti kecelakaan dan kematian. 

Keuntungan Asuransi Jiwa untuk Mudik

Keuntungan yang bisa didapat dari asuransi jiwa untuk mudik ini serupa dengan asuransi umum lainnya. Anda sebagai pemegang polis akan mendapatkan uang pertanggungan apabila selama perjalanan mudik mengalami kecelakaan. Dengan memiliki asuransi, risiko-risiko tersebut bisa teralihkan. Jika membeli asuransi dengan dengan personal accident (PA) selama arus mudik, maka uang pertanggungan akan diberikan di luar dari jaminan Jasa Raharja.

Baca juga : Lebih Simpel Mana, Asuransi Perjalanan Cashless atau Reimburse?

Salah satu contoh asuransi jiwa untuk mudik Lebaran 2019 ini adalah JP-Aman yang ditawarkan PT. Jasaraharja Putera. Perusahaan asuransi berstatus BUMN ini ini akan memberikan santunan sebesar Rp15.000.000 per orang bagi penumpang yang meninggal dunia karena kecelakaan.


Asuransi ini juga akan memberi santunan sebesar Rp15.000.000 per orang untuk penumpang yang mengalami cacat. Lalu, santunan Rp1.500.000 per orang apabila ada biaya rawat inap, dengan detail biaya rawat Rp75.000 per malam selama maksimal 20 hari.

Asuransi ini akan menambah uang santunan kepada pembelinya. Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo memberikan simulasi apabila naik bus saja santunan wajib bila terjadi kecelakaan yang berujung korban jiwa, satu orangnya sejumlah Rp50.000.000, akan bertambah dengan JP-Aman Rp15.000.000.

Baca juga : Seberapa Penting Asuransi untuk Masa Depan Keluarga?

Asuransi JP-Aman pun dapat dibeli di-stand yang dibuka di beberapa terminal jelang mudik Lebaran. Syaratnya cukup mudah hanya dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Selain asuransi jiwa, Anda juga harus memiliki asuransi umum. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, maka diperlukan asuransi kendaraan baik motor maupun mobil hingga asuransi tempat tinggal. Semua itu upaya untuk memberi pelindungan penuh terhadap jiwa dan harta benda yang Anda miliki. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 20, 2019, 10:54 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.