Investasi Emas: Modal Ringan, Aman, dan Mudah Dicairkan

Investasi Emas: Modal Ringan, Aman, dan Mudah Dicairkan

Mungkin banyak orang yang belum memahami investasi seperti saham dan obligasi sebagai saranan untuk melipatgandakan aset. Namun, jika disinggung mengenai emas, pasti banyak orang paham mengenai investasi jenis ini. Salah satunya yang banyak dilakukan orang, terutama ibu rumah tangga adalah memiliki simpanan emas perhiasan.  

Memang emas merupakan salah satu pilihan investasi yang aman dan menguntungkan karena dalam jangka panjang harganya cenderung terus meningkat. Coba saja bandingkan harga emas sekarang dengan harga emas lima tahun lalu. Nilainya tentu berbeda dan cenderung lebih mahal. Semakin cepat Anda memulai berinvestasi, semakin besar juga manfaat yang akan Anda peroleh di masa depan.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Kuning dan Emas Putih

Selain itu, emas mudah diuangkan saat Anda membutuhkan dana untuk keperluan mendesak, baik dengan dijual maupun digadaikan. Pilihan bentuknya juga beragam. Ada koin, batangan, hingga perhiasan. Kini, berinvestasi emas tidak lagi membutuhkan modal besar, semenjak ada produk tabungan emas dan pembiayaan emas.

Tabungan emas memungkinkan Anda bisa menabung dan berinvestasi secara bersamaan. Berbeda dengan mencicil atau pembiayaan emas, melalui tabungan emas Anda tidak perlu membayar sejumlah uang muka di awal. Cukup membuka rekening tabungan emas dengan membayar biaya pembukaan rekening dan biaya pembelian materai, Anda sudah bisa memiliki emas dengan berat minimal 0,01 gram saja. Terjangkau kan?

Baca juga : Trik Menguntungkan Investasi Emas bagi Pemula


Setiap dana yang disetor ke rekening tabungan emasmu akan segera dikonversi menjadi emas. Jika dalam seminggu saja Anda berhasil menabung emas sebesar 0,02 gram, dalam setahun Anda bisa mendapatkan 1 gram emas. Bayangkan jika Anda menabung emas selama bertahun-tahun. Untuk anak muda yang mau belajar berinvestasi kecil-kecilan, produk tabungan emas pas banget buat Anda.

Alternatif lainnya, Anda juga bisa coba fasilitas pembiayaan emas. Dengan fasilitas pembiayaan atau kredit, Anda bisa membeli emas dengan cara mengangsur. Fasilitas ini mudah diperoleh secara aman melalui bank syariah atau perusahaan pergadaian dengan uang muka umumnya sebesar 10-20 persen dari harga emas, tergantung kebijakan masing-masing penyedia jasa.

Baca juga : Cara Mudah Investasi Emas di Tabungan Emas Pegadaian

Setelah membayar uang muka, Anda dapat mengangsur emas tersebut setiap bulan selama jangka waktu yang diperjanjikan, mulai dari 3-5 tahun. Kalau Anda takut lupa menyicil setiap bulannya, ada juga  bank yang memberikan fasilitas auto debet dari rekening tabungan Anda. 

Syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh produk tabungan emas dan fasilitas pembiayaan emas tidak rumit, serta biaya administrasi yang ditetapkan cukup rendah. Melalui pembiayaan emas atau tabungan emas, emas yang Anda beli atau cicil bisa dititipkan. Jadi, tidak perlu khawatir akan kehilangan atau kecurian.


Jadi, dengan tabungan emas dan pembiayaan emas, Anda bisa mulai memiliki emas batangan logam mulia dengan dana yang minim. Hal terpenting yang harus dipahami adalah bukan hanya nilai pengembangan investasinya, tetapi kebiasaan Anda untuk disiplin menyisihkan dana untuk investasi.

Baca juga : Bagaimana Peluang Investasi Emas di Tahun Babi Tanah

Lalu, masih mikir-mikir mau berinvestasi? Daripada uang Anda dihamburkan untuk membeli barang-barang yang konsumtif dan hanya mementingkan keinginan bukan kebutuhan, maka lebih baik berinvestasi emas yang bisa memberikan manfaat untuk hidup dalam jangka panjang.

Berinvestasi emas jadi lebih menguntungkan karena modal ringan, aman, dan mudah dicairkan bersama tabungan dan pembiayaan emas. Jika tertarik berinvestasi emas, kunjungi bank atau perusahaan pergadaian terdekat di sekitar Anda. Pastikan juga Anda berinvestasi di lembaga yang diawasi langsung Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 14, 2019, 9:32 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.