Ini Siasat Agar Bukber tidak Bikin Kantong Jebol

Ini Siasat Agar Bukber tidak Bikin Kantong Jebol

Salah satu agenda rutin yang dilakukan saat bulan Ramadan adalah buka puasa bersama (bukber). Bukber ini bisa menjadi ajang temu kangen bersama kawan lama, sahabat, teman masa kecil, kerabat, keluarga besar atau kolega kerja. Lokasinya pun berbeda-beda, mulai dari kafe hingga restoran. Frekuensinya pun bisa terbilang sering hingga sampai 2-3 kali dalam seminggu.

Memang tidak ada salahnya menghadiri acar bukber, apalagi kumpul-kumpul itu dilakukan setahun sekali selama bulan Ramadan saja. Namun patut diwaspadai, bukber juga bisa menjadi salah satu penyebab membengkaknya pengeluaran Anda. Tanpa sadar, dana yang dikeluarkan untuk acara bukber ini menjadi besar karena seringnya menghadiri acara tersebut.

Baca juga : Mengapa di Bulan Ramadan Pengeluaran Lebih Boros? Ini Jawabannya

Lantas, bagaimana menyiasati agar acara bukber tidak menguras isi kantong? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi pengeluaran bukber selama bulan Ramadan. Berikut cara yang bisa dilakukan:

1. Siapkan Dana

Hal utama yang harus disiapkan adalah dana. Anda harus menyiapkan dana yang cukup, tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar. Jika tidak disiapkan, dikhawatirkan Anda akan mengambil dana dari pos pengeluaran lain. Jika itu dilakukan maka akan merusak pola keuangan yang sudah dibuat. Pastikan dana yang Anda siapkan mencukupi sehingga tidak perlu meminjam uang dari teman bukber.


2. Hitung Jumlah Grup Bukber

Mengetahui group yang mungkin akan menggelar bukber juga penting. Sebut saja grup alumni SD, SMP, SMP, kampus, dan kantor. Soalnya hal itu akan memengaruhi dana yang harus disiapkan. Usahakan datang ke bukber untuk masing-masing group hanya sekali. Jika kegiatan bukber tersebut dengan orang yang sama dilakukan berkali-kali sama saja dengan mubazir. Anda bisa melewatkan rencana bukber dengan keluarga, kerabat atau teman lainnya.

3. Pilih Menu Paket

Selain promo, restoran atau tempat makan memiliki menu paket yang sudah berisi makanan dan minuman sehingga bisa lebih murah. Menu paket ini umumnya selalu ada di banyak restoran. Jadi, jika tidak ada promo yang bisa kamu manfaatkan, pilih saja menu paket di tempat makan tersebut. Biaya bukbermu pasti bisa lebih ringan. 

4. Petimbangkan Ikut Bukber

Banyaknya undangan bukber ini tidak jarang membuat kantongmu jebol.  Tidak semua ajakan bukber harus kamu sanggupi kok. Sebelum mengiyakan, perhatikan hal-hal berikut untuk kebaikanmu juga.

• Berapa biayanya?

Jangan memaksakan diri jika biaya untuk bukber dirasa terlalu besar untuk Anda. Ingatlah, pada dasarnya buka puasa bersama adalah ajang berkumpul. Jadi, jika dana patungan relatif mahal, maka Anda berhak untuk menolak untuk tidak ikut serta. 

Baca juga : Cara Cerdas Berbelanja di Bulan Ramadan


• Di mana tempatnya?

Perhatikan pula tempat acara bukbernya. Terlepas dari lokasinya, ada satu hal yang harus Anda perhatikan saat ingin menghadiri bukber, yaitu tempat salat. Jangan sampai karena alasan silaturahmi, Anda datang ke lokasi bukber yang tidak ada musala sehingga Anda terpaksa meninggalkan salat Magrib. Sayang sekali ibadah Anda jadi tidak sempurna. Bagi wanita, jangan lupa juga untuk membawa alat salat.

• Siapa saja yang datang?

Pastikan saat akan menghadiri bukber, banyak teman-teman Anda yang datang. Jangan sampai acara bukber dilakukan berulang-ulang karena teman-teman yang datang tidak lengkap. Hal itu akan membuat boros keuangan Anda.

Baca juga : Generasi Boleh Milenial, Tapi Keuangan Jangan Bokek

• Apa konsep acaranya?

Sebelum hadir, Anda setidanya tahu konsep bukbernya. Apakah hanya sekedar makan-makan, mengobrol, main musik, atau ada santunan untuk anak yatim, mengaji dan salat berjamaah, dan salat tarawih bersama. Jadikan acara bukber sebagai ajang bersyukur atas banyak hal. 

Meskipun pengeluaran di bulan puasa bisa lebih banyak dibandingkan bulan lain, bukan berarti rencana keuanganmu harus diabaikan. Lakukan rencana keuangan seperti biasanya. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 14, 2019, 11:45 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.