Begini Cara Sederhana Menghitung Keuntungan Deposito?

Begini Cara Sederhana Menghitung Keuntungan Deposito?

Deposito merupakan salah satu instrumen selain tabungan yang cukup menggiurkan apabila dilihat dari imbal hasil yang diberikan. Pada deposito, bunga yang diberikan lebih tinggi dibanding tabungan biasa. Rata-rata bunga deposito yang ditawarkan per tanggal 7 Mei 2019, yaitu 6,1 persen (1 bulan), 6,3 persen (3 bulan), 6,3 persen (6 bulan), dan 6,1 persen (12 bulan). Sementara bunga tabungan seperti di bank BCA bervariasi, tertinggi adalah Tahapan Berjangka BCA yang mencapai 3,75 persen.

Apa Keuntungan Deposito?

Menurut laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), keuntungan yang paling utama adalah relatif aman karena modal terproteksi. Namun, asalkan dana nasabah yang didepositokan tidak dicairkan sebelum jatuh tempo. Alasan lainnya adalah tingkat pengembalian investasi lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan dan dana deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Untuk produk sendiri, nasabah dapat memilih menempatkan deposito dalam bentuk rupiah atau dalam bentuk valuta asing. Khusus untuk valuta asing, biasanya yang ditawarkan adalah Dolar Amerika Serikat, Dolar Singapura, Euro, Dolar Australia, Poundsterling, Yen, Dolar Hongkong, dan China Yuan.

Baca juga : Pahami Seluk Beluknya Sebelum Berinvestasi Deposito

Meskipun menawarkan keuntungan yang menggiurkan, produk investasi ditawarkan bank tetap memiliki tingkat risiko masing-masing yang kadang di luar perkiraan. Misalnya, ketika nasabah memilih menempatkan uangnya pada deposito dalam valuta asing, maka terdapat risiko yang berkaitan dengan nilai tukar rupiah terhadap mata uang valuta asing.


Menghitung Keuntungan Deposito

Nah, setelah mengetahui sedikit tentang deposito, maka yang perlu Anda pahami adalah bagaimana cara menghitung keuntungan dari simpanan deposito? Pasalnya, saat ini masih banyak masyarakat yang menjadi nasabah perbankan yang mungkin belum mengetahui cara menghitung keuntungan dari penempatan dananya dalam bentuk deposito.

Untuk mengetahui bagaimana cara menghitung keuntungan dari penempatan dananya dalam bentuk deposito, begini cara menghitungnya:

Keuntungan bunga deposito

=

(suku bunga deposito x nominal uang yang ditanamkan x jumlah hari menyimpan uang)/365

Pajak deposito

=

tarif pajak x bunga deposito

Pengembalian Deposito

=

nominal investasi + (keuntungan bunga deposito – pajak deposito)

 

Hitungan di atas merupakan cara untuk mengetahui berapa keuntungan deposito dari bank-bank konvesional. Hitungan berbeda dengan deposito syariah. Untuk melakukan simulasi perhitungan deposito syariah dengan akad mudharabah, Anda bisa mengunjungi menu kalkulator keuangan pada situs sikapiuangmu.ojk.go.id. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa juga menggunakan mobile apps Sikapi Uangmu yang dapat diunduh melalui Apps Store dan Google Play. 

Baca juga : Ini Syarat dan Cara Membuka Simpanan Deposito


Karakteristik Deposito

Deposito adalah simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu. Karakteristik deposito dari bank antara lain adalah:

1. Deposito dapat dicairkan setelah jangka waktu berakhir.

2. Deposito yang akan jatuh tempo dapat diperpanjang secara otomatis atau automatic roll over (ARO).

3. Deposito dapat dalam mata uang rupiah maupun dalam mata uang asing.

4. Berdasarkan jenisnya, deposito terbagi dalam dua dua bentuk, yaitu deposito berjangka dan sertifikat deposito.

Baca juga : Pilih Deposito atau Tabungan untuk Dana Pendidikan Anak?

Namun, sebelum membuka rekening deposito, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak mengalami kesalahan mengambil keputusan. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan:

1. Pastikan Anda menerima bilyet atau surat berharga (deposito berjangka atau sertifikat deposito).

2. Pada saat jatuh tempo, Anda berhak menerima pokok dan bunga deposito sesuai bunga yang berlaku setelah dipotong pajak.

3. Pada saat pencairan deposito, Anda berkewajiban untuk menandatangani formulir pencairan.

4. Perhatikan tingkat suku bunga deposito yang berlaku dan pastikan telah sesuai dengan ketentuan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 

Dengan memahami kelebihan dan cara menghitung deposito, maka Anda diharapkan dapat menemukan pilihan yang tepat dalam menempatkan dana deposito. Jika memang memantapkan diri untuk menetapkan dana Anda di deposito, maka Anda bisa menjalankannya dengan tenang tanpa ketakutan. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 14, 2019, 9:41 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.