Umrah Semakin Mudah dengan Aplikasi Online Marketplace

Umrah Semakin Mudah dengan Aplikasi Online Marketplace

Setiap umat muslim pasti berkeinginan mengunjungi dan beribadah ke Tanah Suci Makkah, baik itu umrah atau ibadah haji. Saat ini, masih banyak travel agent yang menangani umrah masih menggunakan metode konvensional. Segala pengurusan perencanaan umrah harus dilakukan dengan datang langsung ke kantor travel agent tersebut. Melihat hal tersebut, PT Safar Anugerah Indonesia bekerja sama dengan anak perusahaan Telkom Group, PT Metranet menghadirkan aplikasi online marketplace untuk perjalanan umrah.

Digital Customer Director PT Metranet Setyo Budianto mengatakan, pihaknya bersama Safar akan fokus melakukan pengembangan bisnis ke depannya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam lingkungan bisnis industri yang nantinya akan meningkatkan value chain ke semua pelaku bisnis. “Kami yakin melalui platform digital advertising, pendistribusian iklan digital Safar dapat menyasar ke target audiens yang tepat,” katanya dalam rilis yang diterima duitologi.com (3/4/2019).

Baca juga : 5 Pilihan Bank Terpercaya untuk Tabungan Haji

Berdasarkan data Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi tahun 2018, negara di Asia yang menempati urutan teratas dalam hal jumlah Jemaah haji dari seluruh dunia. Pakistan menjadi negara pertama di Asia yang jumlah jamaah hajinya terbesar dan kemudian disusul Indonesia. Sementara menurut data World Travel and Tourism mengenai bisnis wisata Islami, bisnis umrah di Indonesia sampai tahun 2018 bisa meraup keuntungan Rp3,16 triliun. Angka ini didukung catatan Kementerian Agama tentang kenaikan jumlah jamaah umrah yang mencapai 1.100.000 orang pada tahun 2018.

Sementara menurut Chief Executive Officer (CEO) PT Safar Anugerah Indonesia Andang Sentanu menjelaskan, aplikasi online marketplace untuk perjalanan umrah merupakan bentuk untuk membantu para calon jemaah Indonesia yang hendak merencanakan perjalanan umrah dengan lebih gampang dan aman.

Baca juga : Hal-hal yang Harus Diperhatikaan Saat Membuka Tabungan Haji

“Gampang, yakni pengguna dapat mencari paket umrah melalui langkah yang mudah, serta proses pembelian yang ringkas dan cepat. Aman, di mana dana dari jemaah akan tersimpan dengan aman di joint account dan hanya bisa dicairkan ketika mitra travel telah menyelesaikan tanggung jawabnya pada jemaah,” tutur Andang.


Pihaknya berkomitmen untuk memberikan nilai tambah kepada calon jemaah dan jemaah umrah melalui tiga jenis layanannya, yaitu online marketplace sebagai penyedia ragam biro perjalanan umrah secara online, travel management system yang mengelola data ketersediaan paket umrah secara lengkap, dan travel assistance yang merupakan pendampingan kepada calon jemaah selama proses perjalanan umrah.

Sebagai penghubung antara mitra travel umrah dengan publik, Safar sangat menjaga kualitas dan kontrol layanan sebagai bagian dari kemudahan dan keamanan. Terlebih umrah adalah perjalanan religious, di mana jamaat ingin fokus beribadah tanpa memikirkan hal-hal teknis selama perjalanannya. Untuk itu Safar memiliki tiga fase pendampingan dan monitoring selama umrah.

Baca juga : Ini Alasan Lebih Aman Menabung di Bank

Terkait kemitraan, Safar juga melakukan proses screening mitra secara internal mulai dari pengecekan data di Kementerian Agama, penetapan kandidat (shortlisting) dan pendekatan langsung ke mitra potensial.  Sebagai middle man, kami perlu menjaga kepercayaan dari sisi jemaah dan mitra travel. Karenanya, fokus kami saat ini adalah menjalin komunikasi personal kepada calon mitra-mitra travel dan masyarakat tentang layanan kami,” terang Andang. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 9, 2019, 9:06 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.