Biaya Nikah Kurang? Ini Solusi Pinjaman Dana Pernikahan

Biaya Nikah Kurang? Ini Solusi Pinjaman Dana Pernikahan

Pernikahan adalah salah satu momen yang bersejarah dan ditunggu-tunggu oleh sepasang calon pengantin untuk melangkah ke dalam kehidupan rumah tangga. Merencanakan pernikahan mulai dari memilih konsep, tempat, dan kebutuhan pesta pernikahan lainnya, pasti membutuhkan waktu, perhatian, dan utamanya adalah hitungan finansial yang tepat.

Inflasi yang terus merangkak naik membuat biaya pernikahan ikut bergerak naik. Biaya pernikahan tahun 2019 sudah pasti tidak akan sama dengan di tahun 2018. Dengan bergeraknya tahun dan naiknya inflasi, biaya pernikahan menjadi semakin mahal. Untuk itu, setiap pasangan pengantin harus memiliki hitungan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pernikahan tersebut.

Baca juga : Jangan Berutang untuk Resepsi Penikahan

Namun, jika secara finansial belum mencukup untuk melangsungkan pernikahah, Anda tidak perlu khawatir. Saat ini banyak lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dana penikahan. Berikut ini beberapa pilihan pinjaman dana penikahan yang bisa Anda manfaatkan:

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit tanpa agunan (KTA) bisa menjadi solusi untuk menutupi kekurangan biaya pernikahan. KTA ini biasanya merupakan produk bank, di mana nasabah mendapat pinjaman sejumlah uang dan tidak perlu memberikan jaminan pinjaman seperti BPKB kendaraan, sertifikat rumah, sertifikat tanah, dan lain-lain.

KTA merupakan produk bank yang ditujukan bagi para nasabah dengan usia produktif (usia 21 hingga 60 tahun). Beberapa bank yang menyedikan KTA pinjaman pernikahan antara lain BRI, Mandiri, BNI, BCA, BTN, CIMB Niaga, dan bank lainnya.

Baca juga : Pasangan Baru, Beli Rumah atau Mengontrak?


Banyak orang tertarik karena sistem pinjaman yang tidak menggunakan jaminan. Meski dari nama produknya sudah dapat dilihat bahwa pinjaman ini tidak menggunakan jaminan, bukan berarti KTA tidak memiliki syarat sama sekali. Dalam pengajuan kredit ini harus ada komponen kredit berupa catatan kemampuan mengelola keuangan. Hal ini akan tercermin dari rekaman buku tabungan yang ada di bank tertentu.

Meski terlihat mudah, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan KTA sebagai modal nikah. Sebelum mengetahui apa saja poin-poin yang perlu diperhatikan untuk menggunakan KTA sebagai modal menikah, Anda mungkin harus mengetahui secara lebih mendalam mengenai apa itu KTA.

Wedlite

Biaya pernikahan yang semakin mahal akan membuat pusing pasangan yang akan menikah. Oleh karena itu, para calon pasangan pengantin butuh sebuah solusi finansial yang dapat membantu Anda sekalian untuk dapat mengatur bujet pernikahan dengan tepat. Salah satunya adalah dengan Wedlite.

Wedlite adalah alternatif yang tepat untuk merealisasikan pernikahan para calon pengantin bagaimana pun keadaan keuangan mereka. Wedlite ingin pernikahan Anda berhasil dengan kehidupan yang nyaman setelah pesta pernikahan. Untuk itu, Wedlite menawarkan pembiayaan pesta pernikahan dengan bunga termurah dan cicilan teringan di Indonesia sebagai salah satu solusi finansial bagi calon pengantin sekalian.

Baca juga : Ini Dampaknya Jika Anda Punya Skor Kredit Buruk

Berbeda dengan KTA, pinjaman dana pernikahan dari Wedlite mengharuskan adanya jaminan. Selain memberikan pinjaman dengan jaminan BPKB, Wedlite juga menerima jaminan sertifikat kepemilikan rumah atau ruko. Bunga yang dikenakan pun berbeda tergantung jenis jaminan yang diberikan. Untuk jaminan jaminan BPKB kendaraan besaran bunganya sekitar 1 persen per bulan. Sedangkan jaminan Sertifikat Kepemilikan Rumah atau Ruko bunganya sebesar 2 persen per bulan.


Sistem bunga itu berlaku flat atau tetap sehingga tidak ada perubahan di kemudian hari. Estimasi pencairan dana rata-rata sebesar 70-80 persen dari harga pasaran saat itu. Jika yang Anda jaminkan adalah mobil yang harganya sekitar Rp100.000.000, maka dana yang bisa kamu terima Rp80.000.000 dan itu sudah maksimal.

Danika

Danika adalah perusahaan yang memberikan layanan dalam pembiayaan pernikahan. Danika sepenuhnya didukung oleh FIF Group sebuah perusahaan pembiayaan yang merupakan anak perusahaan group ASTRA International yang tercatat di Bursa Efek Jakarta dan diawasi oleh OJK.

Untuk mengajukan pinjaman dana pernikahan di Danika, Anda dan pasangan perlu melakukan pendaftaran. Setelah terdaftar, Anda dan pasangan bisa mulai mengisi data pinjaman. Jika disetujui, Anda dan pasangan dapat melihat riwayat transaksi, jumlah yang jatuh tempo dan yang sudah dibayar dengan masuk ke akun Danika melalui website Danika.

Baca juga : Pilih Rumah Baru atau Rumah Bekas?

Apa saja dokumen yang dibutuhkan? Untuk mendapatkan pinjaman dana pernikahan, Anda harus melampirkan beberapa syarat antara lain fotokopi kartu identitas (KTP) Anda dan pasangan, slip gaji tiga bulan terakhir, fotokopi kartu keluarga (KK), NPWP, dan jaminan BPKB kendaraan, sertifikat rumah, atau agunan lainnya.

Selain pilihan pinjaman dana pernikahan dari KTA perbankan dan lembaga pinjaman lainnya, masih banyak solusi yang bisa digunakan untuk menutupi biaya pernikahan. Namun, sebelum mengambil pinjaman, pastikan Anda memiliki kemampuan untuk melunasinya. Jangan pernah melakukan pembayaran cicilan dengan menggunakan kartu kredit atau pinjaman lainnya. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 30, 2019, 3:21 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.