Jangan Bingung Mau Menutup Kartu Kredit, Ikuti Cara Aman ini

Jangan Bingung Mau Menutup Kartu Kredit, Ikuti Cara Aman ini

Memiliki kartu kredit memang memberi banyak kemudahan dalam transaksi pembayaran. Bukan cuma itu, banyak promo-promo menarik dalam setiap pembelian barang. Namun sayangnya, banyak orang terlena dengan kemudahan dan promo menarik yang diberikan kartu kredit. Tanpa sadar, tagihan kartu kredit pun semakin membengkak.

Tidak heran, bila ada keinginan orang untuk menutup kartu kredit. Ketidaksanggupan dalam mengelola keuangan atau ingin mengurangi jumlah kartu kredit yang dimiliki menjadi beberapa alasan orang ingin menutup kartu kredit.

Baca juga : 6 Hal ini Perlu Dipertimbangkan Saat Ingin Menutup Kartu Kredit

Pertanyaannya, apakah proses menutup kartu kredit itu sulit? Pasalnya, banyak orang mengatakan, menutup kartu kredit tidak semudah saat mengajukannya. Padahal, proses penutupan sama mudahnya dengan saat pembuatan kartu kredit.

Dikatakan mudah, asalkan Anda teliti dan melengkapi semua syarat yang diperlukan. Kalau tidak, proses penutupannya bisa memakan waktu yang cukup lama dan membuat Anda mengalami kerugian yang besar.


Nah, agar terhindar dari kesulitan saat ingin menutup kartu kredit, ada cara aman yang bisa dilakukan. Berikut cara yang bisa dilakukan:

1. Tanyakan Persyaratan ke Bank

Penutupan kartu kredit membutuhkan persyaratan yang harus dipenuhi. Anda bisa menanyakan apa saja syarat yang perlu kalian penuhi untuk menutup kartu kredit. Pasalnya, setiap bank penerbit kartu kredit punya syarat dan kebijakan berbeda. Selain datang ke bank, Anda juga bisa menanyakan persyaratan itu via telepon.

2. Datang ke Bank

Setelah mengetahui persyaratan penutupan kartu kredit, maka yang harus Anda lakukan adalah mendatangi bank yang menerbitkan kartu kredit. Temui bagian customer service dan sampaikan keinginan Anda untuk menutup kartu kredit. Pastinya, Anda akan ditanya alasan menutup kartu kredit. Biasanya pihak bank akan memberikan solusi dari alasan Anda menutup kartu kredit.

Menurut cermati.com, keuntungan menutup kartu kredit di bank adalah Anda dapat menerima dokumen-dokumen penting yang menjadi bukti bahwa prosedur yang Anda lakukan itu benar. Jadi, jika suatu saat terjadi masalah, Anda bisa menunjukkan bukti bahwa prosedur yang sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dari bank.

3. Melunasi Tagihan

Sebelum menutup kartu kredit, kartu kredit Anda akan dilihat apakah masih memiliki tagihan yang harus dilunasi atau tidak. Apabila masih ada tagihan, maka Anda harus melunasinya terlebh dahulu. Bukan hanya tagihan beserta bunganya, Anda juga harus membayar iuran tahunan (annual fee). 

Baca juga : Terlilit Utang Kartu Kredit? Lakukan Cara ini


4. Batalkan Prosedur Pembayaran Otomatis

Cara selanjutnya adalah Anda harus menon-aktifkan semua metode pembayaran tagihan cicilan yang pernah dilakukan secara otomatis . Pembatalan prosedur otomatis ini sangat penting untuk mencegah munculnya tagihan setelah Anda menutup kartu kredit.

5. Meminta Konfirmasi Tertulis

Jika pengajuan penutupan kartu kredit Anda disetujui, jangan lupa meminta bukti berupa konfirmasi tertulis mengenai permintaan penutupan dan tanggal efektif penutupan kartu kredit. Bukti ini berfungsi untuk menghindari tagihan-tagihan yang masih berjalan, ketika kartu kredit sudah resmi ditutup. 

6. Simpan Bukti Penutupan Kartu Kredit

Simpan semua dokumen penutupan kartu kredit di tempat yang aman dan mudah Anda ingat. Dengan menyimpan semua dokumen tersebut, bisa saja menjadi penyelamat jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Dokumen itu akan menjadi bukti kuat untuk menyanggah apabila Anda merasa dirugikan.

Baca juga : Ini Dampaknya Jika Anda Punya Skor Kredit Buruk

Penutupan kartu kredit sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan aman, asalkan memenuhi semua persyaratan dan mengikuti prosedur dari bank penerbit kartu kredit. Oleh karena itu Anda harus memikirkan baik-baik sebelumnya, jangan sampai malah merugi karena tidak melakukan prosedur penutupan yang benar. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 29, 2019, 4:12 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.