6 Hal ini Perlu Dipertimbangkan Saat Ingin Menutup Kartu Kredit

6 Hal ini Perlu Dipertimbangkan Saat Ingin Menutup Kartu Kredit

Saat akan menutup kartu kredit, Anda tentunya harus memiliki alasan yang jelas saat akan melakukannya. Sebab, ketika kartu kredit ditutup akan berdampak pada rusaknya kredit Anda secara keseluruhan mulai dari skor kredit hingga kemungkinan akan sedikit peluang kredit yang bisa diambil.

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak boleh untuk menutup kartu kredit. Memutuskan tidak lagi menggunakan kartu kredit adalah hak setiap konsumen, asalkan disertai dengan alasan yang jelas, memenuhi semua persyaratan, dan melunasi semua tagihan yang masih tersisa,

Baca juga : Ketahui Cara Bank Menentukan Limit Kartu Kredit

Sebelum ingin menutup kartu kredit, ada enam hal penting yang perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum menutup kartu kredit. Pertimbangan tersebut antara lain:

1. Ingin Mencegah Pencurian Identitas

Dengan semakin mudah pengajuan kartu kredit membuat orang tidak hanya memiliki lebih dari satu kartu. Namun, dampaknya akan semakin besar pula kemungkinan potensi pencurian identitas. Sebaiknya tutup kartu kredit yang paling jarang digunakan. Pencuri identitas bisa mendapatkan informasi terkait kartu kredit berdasarkan riwayat pembelian yang pernah dilakukan sebelumnya. Untuk mengurangi terjadinya resiko seperti ini, maka pertimbangkan untuk menutup salah satu kartu kredit yang dimiliki.


2. Pernah Menjadi Korban Penipuan

Maraknya penipuan yang kerap kali terjadi menyasar pada pemegang kartu kredit. Kartu kredit bisa saja digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membayarkan sejumlah tagihan. Beberapa kasus yang terjadi misalnya dengan kartu kredit yang datanya dicuri oknum saat melakukan transaksi dan menjadi korban phishing. Trauma yang muncul karena kejadian tidak mengenakkan tersebut bisa berdampak pada keinginan pemilik kartu untuk menutup kartu kreditnya.

3. Suku Bunga yang Tinggi dan Memberatkan

Kartu kredit yang memiliki biaya besar, tetapi Anda tidak mendapatkan manfaat apapun adalah kandidat terbaik untuk ditutup. Namun, sebelum melakukan penutupan kartu sebaiknya Anda melakukan negosiasi terhadap penyedia kartu kredit. Tidak ada salahnya untuk meminta suku bunga yang lebih rendah atau menghapus biaya yang tidak diperlukan. Jika hal ini tidak berhasil, maka Anda bisa menutup salah satu kartu kredit yang dimiliki.

4. Jarang Menggunakan Kartu Kredit

Minimnya transaksi yang dilakukan setiap bulan tetap tidak berdampak pada kewajiban Anda dalam membayar iuran tetap. Ada beberapa biaya yang tetap harus dibayarkan setiap bulan maupun tahunan, seperti biaya tahunan kartu atau biaya materai. Jika itu pertimbangannya, maka keinginan Anda untuk menutup kartu kredit sangat beralasan.

5. Terlalu Banyak Memiliki Kartu Kredit

Terlalu banyak memiliki kartu kredit tanpa disadari bisa membuat kecenderungan berbelanja menjadi semakin tinggi. Hal ini selanjutnya akan sangat berpengaruh terhadap skor kredit secara keseluruhan. Jumlah ideal kartu kredit yang bisa dimiliki adalah satu sampai dua kartu kredit saja. Jika Anda memiliki lebih dari dua kartu kredit, maka pertimbangkan untuk menutup salah satu kartu yang dimiliki.

Baca juga : Ini Dampaknya Jika Anda Punya Skor Kredit Buruk


6. Tidak Bisa Mengendalikan Pola Pengeluaran

Sebaiknya Anda menutup kartu kredit, jika tidak mampu mengendalikan pola pengeluaran atau melakukan pembelian secara berlebihan. Jika tidak menghentikan kebiasaan buruk ini dan tetap membuka kartu kredit, maka dalam jangka panjang Anda akan memiliki tumpukan utang yang memberatkan.

Kartu kredit bertujuan untuk memudahkan Anda melakukan transaksi dan bukan alat yang membuat kondisi keuangan semakin buruk karena pengeluaran yang tidak terkendali. Daripada Anda menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan, sebaiknya Anda berinvestasi saja.

Baca juga : 10 Tips Melunasi Utang yang Sudah Terlanjur Besar

Maka dari itu, jika Anda ingin menutup kartu kredit, maka enam pertimbangan di atas bisa menjadi patokan atau referensi. Buatlah keputusan keuangan yang terbaik dan jangan sampai salah dalam membuat keputusan dan mulailah mengalihkan dana untuk berinvestasi. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 24, 2019, 1:20 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.