Bingung Pilih Mobil Baru atau Bekas? Pertimbangkan 5 Hal ini

Bingung Pilih Mobil Baru atau Bekas? Pertimbangkan 5 Hal ini

Sangat wajar ketika pendapatan bulanan meningkat, ada keinginan untuk membeli sesuatu. Salah satunya kendaraan seperti mobil untuk mempercepat mobilitas kerja. Namun, tidak jarang seseorang, mungkin termasuk Anda, mengalami kebingungan memilih, apakah membeli mobil baru atau bekas?

Memang tidak mudah memutuskan hal itu karena perlu perhitungan yang matang. Pasalnya, mobil baru atau bekas punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda mengalami kebingungan tersebut, berikut ini lima tips yang bisa membantu Anda menentukan pilihan membeli mobil baru atau bekas.

Sesuaikan Harga Mobil dengan Kemampuan Keuangan

Harga mobil baru dan bekas punya selisih harga yang lumayan besar. Bila menggunakan sistem kredit, keduanya akan membutuhkan down payment (DP) yang besarannya berbeda-beda. Kelebihan mobil bekas adalah uang muka yang dibutuhkan memang akan lebih kecil dari mobil baru.

Kredit dan Cicilan Bulanan

Selain DP, Anda juga perlu memikirkan cicilan bulanan yang harus dibayarkan. Harga mobil baru tentu punya cicilan yang lebih besar daripada mobil bekas. Salah satu keuntungan membeli mobil bekas antara lain tingkat bunga dari bank untuk kredit mobil bekas biasanya lebih rendah. Dengan harga yang lebih murah dan bunga yang rendah, tentunya biaya bulanan yang Anda harus tanggung menjadi jauh lebih ringan.

Kondisi Mobil

Secara fisik, jelas mobil baru punya keunggulan dibanding mobil bekas. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menemukan mobil bekas dengan kondisi baik. Hal yang harus diperhatikan untuk membeli mobil bekas, Anda perlu memiliki pemahaman terhadap kondisi mobil. Bila tidak, bisa jadi Anda akan mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan reparasi baik mesin atau body mobil.

Baca juga : 6 Hal Penting untuk Menghitung Simulasi Kredit Mobil


Depresiasi Harga

Alasan utama banyak orang membeli mobil bekas karena harga yang lebih murah daripada mobil baru. Namun saat membeli mobil bekas, Anda juga perlu memperhatikan harga jual kembali. Berdasarkan laman otospector.co.id, ika kita lihat dari sisi harga jual ke depannya, mobil baru mengalami penurunan harga yang signifikan, diperkirakan penurunan harga mobil baru bisa mencapai sekitar 20 persen di tahun pertama. Penurunan nilai mobil makin menurun di tahun berikutnya, sehingga pemilik tangan pertama mengalami kerugian yang paling besar.

Tingkat Urgensi

Membeli mobil baru tidak sama dengan mobil bekas. Proses pembelian mobil baru membutuhkan waktu yang relatif lama. Sebelum bisa membawa pulang mobil, Anda harus mengurus STNK dan BPKB yang umumnya bisa memakan waktu sekitar dua bulan, Berbeda dengan mobil bekas, Anda dapat langsung mengendarai mobil tersebut setelah melakukan pembelian karena mobil sudah siap pakai dan surat-surat sudah tersedia.

Pajak Kendaraan

Hal lain yang harus Anda ingat adalah biaya pajak mobil. Apabila membeli mobil keluaran terbaru, maka pajak akan dibebankan berdasarkan tahun. Tentunya pajak tersebut akan relatif besar. Biaya pajak untuk mobil keluaran tahun lama lebih rendah daripada mobil keluaran terbaru.

Baca juga : Kenali Istilah-istilah dalam Simulasi Kredit Mobil Sebelum Membeli

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan membeli mobil baru tersebut, Anda bisa memutuskan untuk membeli mobil yang mana. Memang setiap orang memiliki pemikiran dan kesenangan yang berbeda-beda. Setiap keputusan membeli mobil harus dipertimbangkan secara matang. Semoga Anda tidak bingung lagi menentukan untuk beli mobil baru atau beli mobil bekas.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 22, 2019, 4:12 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.