Remitansi, Kirim Uang ke Luar Negeri tanpa Ngeri

Remitansi, Kirim Uang ke Luar Negeri tanpa Ngeri

Mungkin sebagian orang masih awan bila mendengar istilah remitansi. Padahal remitansi mungkin sudah sering dilakukan dalam transaksi keuangan, yaitu transfer. Remitansi tidak berbeda dengan transfer. Bedanya, transfer kerap dilakukan antar-bank di dalam negeri, sedangkan remitansi adalah pengiriman uang antar negara.

Secara literasi, remitansi adalah layanan jasa pengiriman uang yang aman yang dilakukan pengirim dari dalam negeri ke penerima di luar negeri (outward remittance) maupun sebaliknya dari luar negeri ke dalam negeri (inward remittance). Pengiriman dapat berupa transfer dengan tujuan rekening bank maupun diambil tunai.

Tempat Melakukan Remitansi

Untuk melakukan remitansi tidak bisa pada sembarang tempat. Pengiriman uang tersebut hanya dapat dilakukan pada tempat-tempat resmi yang sudah memiliki lisensi. Tempat pengiriman berlisensi itu antara lain:

• Bank. Lembaga jasa keuangan yang dimaksud adalah bank yang menyediakan jasa remitansi di mana pun bank tersebut berada, baik bank nasional ataupun bank swasta.

• Penyedia jasa pengiriman uang, yaitu badan usaha yang menyediakan jasa pengiriman uang dan memiliki lisensi dari otoritas setempat.

• Kantor pos. Selain mengirimkan surat dan paket, kantor pos juga dapat menyediakan layanan pengiriman uang.

Baca juga : Tren QR Code Payment Membuat Transaksi Semakin Mudah


Manfaat Remitansi

Remitansi sangat membantu bagi orang-orang yang bekerja di luar negeri seperti tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mengirimkan uang kepada keluarganya di Indonesia. Secara detail, berikut manfaat dari remintansi:

• Memudahkan pengiriman dan penerimaan uang dari dalam dan luar negeri, di mana pengiriman dapat berupa transfer dengan tujuan rekening bank maupun diambil tunai.

• Sarana pengiriman yang digunakan aman.

• Jangka waktu pengiriman dan penerimaan uang yang pasti dan terukur.

Biaya Jasa Remitansi

Biaya yang timbul dari jasa pengiriman remitansi terbagi dalam dua jenis, yaitu:

• Biaya transaksi: Biaya yang timbul atas pelayanan jasa pengiriman uang yang berbeda pada masing-masing penyedia layanan jasa.

• Biaya komisi: Biaya yang timbul atas aktivitas jual-beli valuta asing yang digunakan dalam transaksi.

Baca juga : Fitur BCA Keyboard, Kemudahan Transaksi Sambil Chatting


Hal-hal yang Perlu Diketahui

Bagi Anda yang ingin melakukan pengiriman uang ke luar negeri perlu memerhatikan beberapa hal dalam memanfaatkan jasa remitansi agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar:

• Jalur resmi untuk pengiriman maupun penerimaan jasa remitansi seperti bank berlisensi remitansi, penyedia jasa pengiriman uang, dan kantor pos.

• Pengirim wajib mewaspadai penyedia jasa pengiriman uang yang tidak memiliki lisensi ataupun individu maupun kelompok yang menawarkan jasa pengiriman uang tanpa memiliki badan hukum.

Baca juga : Mengenal Beda Uang Elektronik E-Money dan E-Wallet

• Selanjutnya, penerima khususnya untuk yang mendapat pengiriman uang dalam bentuk tunai disarankan tidak memberitahukan Personal Identification Number (PIN) atau nomor referensi untuk pencairan uang.


Tips Melakukan Remitansi

Bagi Anda yang ingin melakukan remitansi, ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar proses pengiriman uang berjalan lancar.

• Melakukan transaksi di bank atau penyedia jasa pengiriman uang yang telah memiliki lisensi.

• Meminta bukti transaksi yang sah.

• Melakukan pengecekan kepada penerima setelah transaksi pengiriman uang dilakukan untuk memastikan bahwa uang telah diterima.

• Mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, nomor rekening pengirim dan penerima uang dengan jelas dan detail untuk memudahkan pencairan.

Baca juga : Bagaimana Tips Melepaskan Diri dari Hedonic Treadmill?

Dengan memiliki pemahanam mengenai remitansi, diharapkan Anda tidak bingung lagi saat harus pengiriman uang ke luar negeri.  Saat ini banyak bank yang menyediakan jasa atau layanan pengiriman atau transfer uang ke luar negeri melalui remitansi. Jadi, Anda tidak perlu bingung memilih bank karenasecara umum, setiap bank memiliki keunggulan layanan masing-masing, baik dari kecepatan proses transaksi maupun biaya layanan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 16, 2019, 2:01 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.