Perlukah Money Dates untuk Mengatur Keuangan Keluarga?

Perlukah Money Dates untuk Mengatur Keuangan Keluarga?

Setelah menikah, setiap pasangan pasti akan ada kesepakan bersama dalam mengatur keuangan keluarga. Tentu juga setiap pasangan punya cara tersendiri dalam pengeloaan keuangan masing-masing. Mengatur keuangan antara pasangan yang belum dikaruniai anak dan yang sudah memiliki anak, tentu berbeda juga.

Mungkin sebagian besar pasangan belum pernah mengenal istilah money dates. Menurut couplemoney.com, money dates merupakan langkah yang harus diambil untuk memastikan porsi keuangan mengarah pada kebutuhan yang penting bagi setiap pasangan. Agar bisa menerapkan money dates tersebut, setiap pasangan harus meluangkan sedikit waktu untuk memilah kebutuhan apa yang berguna dan apa yang tidak.

Baca juga: Sehatkah Keuangan Anda? Begini Cara Menghitungnya

Memang tidak mudah untuk bisa menerapkan money dates ini. Namun, money dates ini sangat penting untuk semua pasangan dalam mengatur keuangan keluarga. Laman jenius.com memberikan tips agar setiap pasangan bisa mencapai money dates. Berikut kisi-kisinya:

Cek Cashflow Keuangan Keluarga

Sebelum memulai money dates, sebaiknya Anda dan pasangan menyiapkan catatan pemasukan dan pengeluaran saat ini. Fungsinya untuk mengetahui cashflow sudah sehat atau belum. Data ini penting untuk mengidentifikasikan masalah keuangan apa saja yang harus diselesaikan sebelum mulai membicarakan tujuan-tujuan keuangan keluarga yang ingin dicapai. 

Tentukan Tujuan Keuangan Keluarga

Apabila baru memulai money dates, Anda dan pasangan bisa menentukan tujuan apa yang ingin dicapai. Tentukan tujuan jangka pendek mengumpulkan dana darurat dan rencana liburan keluarga ke luar negeri, hingga tujuan jangka panjang seperti membeli rumah dan dana pendidikan kuliah anak. 

Baca juga: 9 Kesalahan Pengelolaan Keuangan yang Harus Dihindari di Usia 40-an


Diskusikan Kontribusi Pemasukan

Jika Anda dan pasangan memiliki sumber pemasukan yang berbeda, maka dalam money dates diwajibkan untuk membahas sumber pemasukan tersebut dan bagaimana alokasi penggunaannya. Sebagai contoh, untuk keperluan rumah tangga akan ditanggung suami dan istri bertanggung jawab untuk dana liburan. Sementara itu, ada juga pasangan yang menyatukan penghasilannya untuk membiayai semua cicilan dan kebutuhan rumah tangga.

Buat Budget Belanja Bulanan

Secara berkala, Anda dan pasangan harus mampu membuat pola pengeluaran rumah tangga seperti untuk keperluan pribadi, belanja rumah, maupun keperluan anak. Dengan membuat pola pengeluaran tersebut, Anda dan pasangan bisa terhindar dari kesalahpahaman atau keributan. 

Buat Anggaran dan Metode Uang Saku Anak

Bagi pasangan yang sudah memiliki anak, bagian ini juga menjadi penting untuk dibahas. Buat kesepakatan mengenai nominal yang pas untuk uang saku anak. Anda dan pasangan juga harus menyesuaikan usia anak dengan metode pemberian uang saku. Sebagai contoh metode uang saku harian, mingguan, dan bulanan. Hal itu perlu dibuat agar anak belajar mengalokasikan uang untuk dipakai sehari-hari. 

Rencanakan Liburan Keluarga

Jangan lupa pula, Anda dan pasangan juga perlu membahas rencana liburan keluarga tahunan. Tentukan tujuan luburan dan hitung berapa besar dana yang dibutuhkan. Pastikan pula, Anda dan pasangan menentukan jadwal cuti. Kalau perlu, sesuaikan dengan dengan jadwal libur sekolah anak-anak. 

Evaluasi Berkala Rencana Keuangan

Tidak kalah penting adalah Anda dan pasangan perlu melakukan evaluasi secara berkala. Bisa tiga bulan, enam bulan, atau setahun sekali. Lihat, apakah pola mengatur keuangan keluarga Anda sudah sesuai dan ideal untuk dilanjutkan. Bila terjadi ketidaksesuaian, segera lakukan perbaikan terhadap pola pengaturan keuangan tersebut.

Baca juga: Masih Muda, Bukan Berarti Bisa Hidup Boros

Nah, jika sudah memahami tips tersebut, sudah siapkah Anda dan pasangan menjalankan money dates? Perlu diingat, money dates dibuat agar Anda dan pasangan bisa mengatur keuangan keluarga menjadi lebih tertata, aman, dan nyaman dalam menjalani bahtera rumah tangga. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 9, 2019, 2:24 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.